Pay It Forward : Resensi Film

Penelusuran panjang wartawan itu akhirnya membuahkan hasil. Tentang sebuah gerakan, sebut saja ‘Pay It Forward’. Berawal dari tugas seorang guru kepada muridnya untuk membuat sebuah penelitian, mudah saja guru itu memberikan petunjuknya, “Make an idea and action, perhaps it’s can be change the world”. Setiap murid ditugaskan untuk merancang sebuah studi sosial kemudian melaksanakan gagasan tersebut dengan harapan akan ada manfaat yang bisa dipetik nantinya.

Dan seorang muridnya berpikir beda, dia membuat sebuah rancangan percobaan yang dengannya dia berharap dapat merubah dunia, dunia yang menurutnya sudah terlalu sakit. Dia menolong tiga orang yang berbeda dan berharap ketiga orang tersebut akan menolong tiga orang yang berbeda pula, begitu seterusnya. Sebuah gagasan sederhana yang mengantarkannya pada kematian. Si murid tidak pernah menyangka kalau pertolongannya pada orang ketiga akan mencelakakan dirinya, dia juga tidak pernah menyangka kalau kematiannya itu telah menyisakan luka yang mendalam bagi ribuan orang yang telah berpikir sama, Pay It Forward.  

Pay It Forward, film ini menceritakan tentang sebuah studi sosial, tentang sebuah impian dan harapan yang dapat merubah dunia secara sosial menjadi lebih baik. Film ini mengambil alur maju mundur dalam penceritaannya. Diawali oleh seorang hakim yang menolong wartawan dengan memberikan begitu saja sebuah mobil Jaguar ketika mobil wartawan tersebut rusak. Penasaran dengan kebaikan dan ketulusan si hakim, wartawan tersebut akhirnya menyelidiki makna Pay It Forward yang terlontar dari si hakim ketika menolongnya. Pay It Forward, ide bernilai sosial itu ternyata berasal dari seorang anak berusia 12 tahun. Sebuah penelitian sosial yang memiliki berjuta makna, nilai dan arti.Sayangnya, film ini masih memiliki sedikit sisi negatif. Budaya barat itu masih ada, tetapi buang saja dan petik hikmah dari Pay It Forward itu.

Kalau anak seusia itu saja bisa merubah masyarakat dengan idenya mengapa kita tidak bisa. Semoga bermanfaat, dan semoga anda juga akan menyampaikan nasehat ini kepada orang lain, seperti yang dikisahkan dalam film ini, Pay It Forward.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s