Taka

Ini cerita yg bener2 real gw alami. Lucu. Heboh. Dan Nampak mustahil memang, tapi bener deh, gw gak boong. Klo kata si penjual Kristal dalam sang alkemis, semua ini sudah termaktub. Langsung aja dah. Jadi, bada maghrib dalam perjalanan pulang menuju kontrakan (red. MTop), gw ketemu ama temen serumah gw, Barnard. Gw bonceng dia pulang, dan dari percakapan inilah semuanya bermulai.

“Wah, gile ‘Ji. Kan tadi bokap gw and abang gw (Rahman) ke tempatnya pak Lasmin (kristolog gitu deh). Terus pas di angkot itu, mereka ketemu orang Jepang. Dan akhirmya bokap gw ngobrol ama tuh orang Jepang. Ternyata, orang Jepang itu gak tau mau kemana lagi. And finally, ama bokap gw diajak deh kesini”, Barnard cerita ke gw.

“Ooo!!!”, respon gw simple tapi bercampur heran.

Nah, yg perlu kalian ketahui sebelumnya, almarhum ibunya Barnard itu memang orang Jepang asli. Jadi bokapnya jago bgt bahasa Jepang (la iya lah). Dan perlu kalian tahu juga, bokapnya Barnard ke Jogja karena abangnya Barnard, mas Rahman yg sekarang kerja di Singapura for almost nine months lagi liburan ke Jogja. Jadi bokapnya Barnard ikut deh. Nah, kita balik lagi ke cerita gw yg awal.

Dan ternyata sesampainya gw dirumah, ternyata emang dah ada turis dari Jepang. MTop was visited by Japanesse. Gile bener, baru kali ini gw salaman langsung ama orang Jepang, backpacker lagi, dahsyat. Apalagi ketika mas Rahman, mulai mengajak tuh Japanesse ngobrol pake bahasa Inggris. Wajar sih klo mas Rahman jago englishnya, gawe dan tinggal di Singapura sih. Jadi inget singlish-nya film ”I no Stupid”. Oya, gw hampir lupa, tuh Japanesse namanya Kata eh Taka, kayaknya itu sih nickname-nya deh. Gw lupa nanya full name-nya karena tadi gw lupa bahasa inggrisnya nama lengkap itu apa? Mungkin taka-shimura yg artinya diskon (ngasal!!)

Obrolan mulai berlanjut kawan. Barnard juga mulai ikut ngobrol sama Taka. Pake bahasa Inggris. Terus bokapnya Barnard juga ikut ngobrol. Tapi lebih dahsyat, pake bahasa Jepang. Gw cuma berpikir, nih keluarga emang keren abis. Kayaknya gw bakal cerita special deh ttg nih family di postingan gw yg lain. Gw ngerasa kayak lagi listening comprehension. Mencoba mengerti. Berusaha memahami. Dan yg paling penting, “dengar dan artikan” tuh obrolan mereka.

“What do you think about Jogja?”

I think Jogja it’s nice city

“Where do you live in Japan?”

Oh no, I live in Aussie now, in Cairns

Dari percakapan yg gw dapet sih, si Taka itu orang Osaka yg tinggal di Australia sekarang. Dia kemaren udah dari Bali. Then Surabaya. Then Jogja. He is an accountant too. Dan pas tadi ikut ke tempatnya pak Lasmin, dia juga tertarik ngeliat orang pada shalat dan sgt mengapreciate. Wah, pokoknya gw saat itu bener2 menjadi pendengar yg baik saudara2. Belum mendapatkan celah untuk berbicara. Masak gw nanya “what’s your name” sih!!!

Obrolan masih berlanjut kawan. Tapi ternyata bokapnya Barnard harus balik ke Jakarta malam ini. Jam 8 harus nyampe Stasiun Tugu. Si Taka juga harus balik ke Hotel Ibis, takut dicariin resepsionis-nya kali (lho?!?). Abangnya Barnard juga harus nganterin bokapnya ke Tugu, daripada dikutuk jadi batu (what the maksud?!?). Jadi tiga orang harus pergi sekarang. Tapi masalahnya, yg bisa naek motor hanya gw dan Barnard. Tadi sih ada Bagus. Tapi dia cuma datang dan pergi kayak lagunya Letto. Mungkin dia bingung ngeliat ada orang Jepang ada di Mtop. Terus dia sungkan, malu, segan dan merasa gak sepadan, maka dia memutuskan untuk pergi (ngasal bgt gw yah n_n). Oya, pas Bagus pamit, si Taka bilang, “Don’t study too hard”

Oh gw tau, kayaknya dia takut klo orang Indonesia study hard semua kayak si Bagus, ntar orang Jepang bisa kalah (he2x, sory masih ngasal). Oke, balik ke cerita. Akhirnya Barnard ngontak Bowo untuk segera pulang karena kondisi dah gawat darurat. Dan ketika kita sedang nunggu Bowo pulang, datanglah Pak Muchlis. Pas dateng, dia bingung. Mungkin baru pertama kali ngelihat orang Jepang. Ato mungkin dia bingung ngelihat bokap dan abangnya Barnard yg kompak abis dan lucu bgt kayak Barnard. Ato mungkin dia bingung, “Lho, koq gak ada makanan”.

Terus mas Rahman mencoba melobi Pak Muchlis untuk nganterin qt2 yg pada mo jalan.

“Ayo, ntar qt makan malam gratis”, rayu mas Rahman

Ho2x, belum tau dia klo muchlis itu sesepuh JMF, Jamaah Makan Fisipol. Bisa abis tuh ongkos buat ke Singapura-nya mas Rahman.

“Yah, qt nunggu Bowo dulu aja. Tapi klo emang waktunya gak cukup. Boleh deh saya ikut nganter”, Pak Muchlis mencoba menjawab diplomatis.

Time flies………………….

Finally, Pak Muchlis gak jadi ikut. Bowo dateng dan jadilah qt berenam konvoi naek motor ke Tugu. Barnard boncengan sama bokapnya. Bowo sama mas Rahman. Gw sama si Taka. Nah, inilah yg seru. Gw jadi guide orang jepang selama perjalanan menuju Tugu kawan.

Lima menit pertama, gw masih diem. Bingung mo ngomong apa. Takut sotoy. Si Taka juga diem, takut dianggap SKSD kali.

Lima menit berikutnya. Udahlah gw ngobrol aja. Gw nanya kenapa milih jalan2 ke Jogja. Terus udah kemana aja. Terus di Jepang-nya tinggal dimana. Terus kenapa tinggal di Australia. Terus rencananya abis dari Australia mo kemana lagi. Catet, with english guyz!!!

Trus gw sempet berhenti dulu buat ngisi bensin. Daripada ntar kehabisan di tengah jalan dan ngerepotin si Taka. Bukankah memuliakan tamu pahalanya gede. Nah, pas lagi ngisi bensin, gw ketemu si Hafidh. Dia bingung, “Si Panji lagi ngapain nih ama orang Jepang”. Tapi gw langsung ngejelasin, tapi kali ini dengan bahasa Indonesia, takut si Hafidh gak ngerti klo pake bahasa Inggris (he3x, sotoy bgt gw yah). Abis ngisi bensin, gw jalan lagi, masih naek motor.

Trus dia nanya gw kuliah dimana? Dah berapa lama? Asli jogja apa kagak? Kenapa milih di Jogja? Banyaklah. Yah, gw pun ngejawab sebisa gw bisa. Wah, pokoknya bahasa Inggris itu emang harus dipraktekan. Gak hanya teori tok. Dan beruntunglah gw karena kali ini gw berkesempatan untuk menjajal kemampuan speaking gw. Bener2 gak disangka. Gak dikira. Gak diduga.

Oke, finally we arrived in Tugu. We have dinner in Angkringan. We talk and share experience. Btw, when I send sms to my friend about this amazing journey. She send question to me with Japanesse. “Ano hito wa dare desu ka? Asoko wa nan desu ka? Anata wa Malioboro wa kaimon o shimasu ka?” So, directly, I show her message to Taka, he read it and accidently, he erased it. What a funny Taka. Oh, from our conversation, he is 33 years old and still single. But he ask to me, when I’ll married? Have I girl friend? And what type of girl what I like? Ofcourse I say that I’ll married on 25th, and now, I have no girlfriend ‘coz in Islamic dictionary we don’t have “dating before married”. Wow, I can’t imagine this experience by words, subhanallah.

And now, it’s 8 pm. Barnard’s father has go to Jakarta. Barnard has to delivered the lost boy, Taka, to Ibis Hotel. Bowo, the Singapurian (mas Rahman) and me still continue the journey to Jogokaryan. Barnard nyusul (I don’t know, what nyusul in English).

And because unpredictible schedulle this night. I’ve to canceled my diner with my friend, TJ, Wahyu and Muha. And my friend whose sms erased by Taka, don’t worry, don’t “mupeng”. I’ve promissed to tell you my story with Taka. And this is my story. And this is my story!!! And we (Barnard, mas Rahman, Bowo and me) clossed our night by following “kajian tafsir al fatihah” in Jogokaryan. What a great night for me, I haven’t imagine before. I just wanna say, “Let’s go to Japan!!!!”

e-mailnya Taka nih : Taka_ms_cairns@yahoo.co.jp

Mtop, 24 Maret 2008

Amazing Guyz!!

Leave a Reply

