KABerkomentar…

Salam KABerkomentar. Jadi kemaren itu ketua Islamic Psicology Learning Forum (IPLF) UGM bertanya banyak hal tentang KAB. Dan inilah jawaban singkatnya…

KAB punya mentoring lembaga ga?

Mentoring lembaga hmm.. ada sih. Namanya My Team, kerenkan!!! Konsepnya klo kata Dodik (Kadept. DKP KAB 2007/2008) sih kayak begini…
Small Group Discussion (SGD) dan “ My Team “

“Sebuah kegiatan yang bertujuan untuk membangun budaya ilmiah di kalangan mahasiswa. Dalam kegiatan ini akan dibentuk beberapa kelompok dimana setiap kelompok akan membahas sebuah tema kemudian dianalisis dan disampaikan di depan forum. Kegiatan ini berlangsung secara berkala dan intensif setiap dua mingguan. My Team sebuah tim yang dibentuk dalam Smart Camp I ini nantinya akan berlanjut hingga pelaksanaan diskusi ilmiah. Dengan terbentuknya sebuah tim yang solid ini akan mendorong motivasi untuk berinovasi dan berkreasi”.

Atau dari pertemuan pemandu My Team kemaren insyaallah bakal diberikan proyek pertama yaitu “MADING”. Terdengar sederhana memang, tapi inilah step-nya. Nah, nanti harapannya dari My Team ini bakal ikut PKM, lomba-lomba ato bantuin pemandunya nanti klo penelitian n_n. Dan alhamdulillah dah ada 8 team yg masing-masingnya terdiri dari 5-6 orang. Jadi, kurang lebih ada 40 kader baru KAB n_n.

Yah, itulah mentoring lembaga ala KAB. Bagaimana dengan IPLF?

Penjagaan anggota lewat training alur kaderisasi aja ato ada yg lain?

Terus tentang penjagaan anggota, insyaallah gak hanya sekedar dari alur kaderisasi saja (Smart Camp I lalu Smart Class I-IV plus Smart Class Special hingga Smart Camp II), tapi juga dari “My Team” yg udah dibentuk bakal terus di-mutabah terus kondisinya. Diajakin terus acara-acara KAB lainnya, dilibatkan juga di acara GC, ato klo bisa diajak gabung ke FIKRI (Forum Koordinasi Ilmi-lokus tiga DKC PN). Target KAB tahun ini kan jelas, “10 orang kader 2007 yg proyeksinya bakal di KAB”. Klo IPLF?

Alur kaderisasi dah rapi- termasuk penjenjangan anggota?

Hmm, tentang alur kaderisasi, standarnya yah paket SMART itu lho..
“Smart Camp I- rangkaian Smart Class- Smart Camp II”

Hanya saja untuk Smart Class-nya itu memang masih butuh banyak penyempurnaan, perbandingannya begini :

Smart Class tahun lalu (pas saya PSDM-nya) Smart Class tahun ini (pas saya Ketum-nya)

Smart Writingarahannya pandai menulis ‘umum’ Smart Writingarahannya menulis “ilmiah”

Smart Englishpresentase by english Smart Speakingbisa & PD pas presentase

Smart Organizingjadi EO, garap PMB KAB 2007 Smart Thinking&Livingmasih dikonsep

Smart Working (organizing)masih dikonsep juga

Smart Class Specialmatrikulasi Smart Class Smart Special (Remidial) matrikulasi

Mungkin baru tahun depan akan ada standar baku dari Smart Class ini. Dan ini juga terkait dengan penjenjangan anggota. Jadi di KAB ada tiga jenjang anggota. Smart Student I hingga Smart Student III, dan masing-masing memiliki Standar Mutu yang berbeda (afwan, saya gak ada soft-nya). Nah, terkait masalah ini, memang alur kaderisasi baru dilaksanakan tahun lalu, dan sekarang ini atau lebih tepatnya minggu ini teman-teman PSDM sedang membahas penjenjangan anggota dan SM-nya. Nanti tak kabari klo dah beres hasilnya oke. IPLF bagaimana?

Punya riset atas nama lembaga?

Nah, untuk riset atas nama lembaga kita memang belum ada. Mungkin nanti dari delapan “My Team” akan ada riset atas nama KAB. Yah, usul yg bagus juga tuh. Nanti dibuat jurnalnya deh. Oy, senin 31 Maret besok, KAB mau melaunching Jurnal Smart Camp I. Yah, diary dari peserta qt bukukan dan jadi deh buku pertama persembahan Media KAB, dateng yo!!!

Independenkan?

Lalu terkait status KAB,insyaallah kita masih independen. Tapi targetnya desember nanti pas mubes KMFPN qt mo mengajukan diri jadi BSI, yah ini terkait masalah dana dan legalitas di fakultas aja sih. Doakan yah semoga sukses…

Dana operasional dari mana? =)

Masalah dana, yah “sundukunajuyubuna” atuh alias patungan. Kan ada Dept. Kewirausahaan, ada iuran pengurus dan anggota, ada saldo tahun lalu, ada hibah dari senior n_n, yah pokoknya ada ajalah dana operasionalnya. Ato ada usul, masukan dari IPLF?

Yah, begitulah KABerkomentar.. semoga bermanfaat..

Wassalam

PS : Oya, IPLF ngadain acara bareng KAB yok?!? Qt tunngu yo..!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s