How To Lead Yourself as College Student

Bagaimana cara saya memimpin diri saya sendiri sebagai seorang mahasiswa? Wah, pertanyaan yang simpel untuk sekedar dijawab sebenarnya, namun konsekuensi dari jawaban itulah yang mungkin agak sulit. Jadi, bagamana cara kita menjadi seorang pemimpin?

Pertama, kita harus yakin bahwa kita adalah seorang pemimpin. Dan seorang pemimpin tentunya akan dimintai pertanggungjawaban atas segala perbuatannya. Meski kita sering mengelak, “Lah, kita ‘kan cuma anggota”. Yah, mungkin itu ada benarnya. Tapi minimal kita adalah pemimpin bagi diri kita sendiri. Nah, keyakinan awal itu yang harus dimiliki oleh kita sebagai seorang pemimpin. Perihal keyakinan dan niat inilah yang menjadi dasar dari langkah-langkah kita selanjutnya sebagai seorang pemimpin. Bukankah segala yang kita peroleh akan disesuaikan dengan niat yang ada dalam hati kita. Maka niatkanlah kepemimpinan kita ini untuk nilai-nilai kebaikan dan keluhuran kawan.

Kedua, pemimpin itu lahir dari pengalaman dan pelajaran. Untuk menjadi seorang pemimpin yang baik perlu banyak persiapan. Dan persiapan yang terbaik biasanya kita dapatkan dari pengalaman. Bukankah pengalaman adalah guru terbaik. Dan bukankah ada banyak pelajaran yang bisa kita dapatkan dalam hidup ini. Yah, permasalahannya memang hikmah itu selalu tersembunyi dan tersirat. Butuh kejernihan hati dan keikhlasan untuk memaknai ini semua. Dan kedewasaan menyikapi segala hal adalah sebuah pilihan. Dan para pemimpin adalah orang-orang yang telah memilih kedewasaan dalam memaknai pengalaman dan pelajaran dalam hidupnya.

Ketiga, mengoptimalkan peran sebagai mahasiswa sekarang juga. Inilah kesempatan emas untuk kita berkarya sebagai seorang pemimpin. Memimpin sebagai seorang mahasiswa. Ada banyak kesempatan dan peluang yang ada. Dan sekaranglah waktu yang paling tepat untuk menjadi seorang pemimpin, selagi menjadi pembelajar (red. mahasiswa). Peran sebagai agent of change dan iron stock inilah yang harus kita optimalkan untuk selanjutnya menjadi pemimpin di masa depan. Bukankah pemuda detik ini adalah calon pemimpin di masa depan. Maka persiapakanlah!!!

Sederhana memang untuk menjadi seorang pemimpin. Terkesan teoritis bahkan. Tapi semoga tulisan nan singkat ini bermanfaat dan tidak memuaskan. Dan harapannya, di balik ketidakpuasan itu akan ada semangat untuk mencari lebih tahu, bagaimana cara memimpin diri sendiri sebagai seorang mahasiswa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s