Kampung Nelayan Nan Sejahtera ; Organisasi Khas Nelayan

 

Sebuah pertanyaan menyangkut keberadaan organisasi bagi nelayan yang akhirnya menjadi tugas perdana saat saya pertama kali sit in di kelas Organisasi Sosial cukup menjadi daya tarik tersendiri untuk diri saya. Menyangkut organisasi apa yang perlu dikembangkan, bagaimana strukturnya, cakupan area hingga fungsinya dalam aspek sosial, ekonomi, politik pada akhirnya nanti akan menjadi bahan pertimbangan apakah nelayan perlu sebuah organisasi atau tidak sama sekali.

Mari kita bahas, tentang sebuah kampung nelayan nan sejahtera karena adanya organisasi yang khas milik nelayan. Sebuah organisasi yang lahir untuk melenyapkan kata kemiskinan dalam kamus kehidupan nelayan Indonesia, meskipun kita tidak akan pernah tahu kapan pertanyaan mendasar itu akan terjawab. Mungkin hanya sebatas wacana ideal yang harapannya akan menjadi realita di masa depan dunia bahari kita, semoga saja.

 

just a prologue…

            Berangkat dari pemikiran awal bahwa manusia tidak akan sanggup hidup sendiri, maka dapat disimpulkan bahwa nelayan sebagai makhluk sosial juga butuh sebuah organisasi. Pertanyaan berikutnya adalah seperti apakah organisasi yang dibutuhkan nelayan itu. Pastinya, haruslah jelas visi & misi serta tujuan dari organisasi nelayan tersebut. Mungkin organisasi nelayan ini baru ada dalam bayangan saya, saat ini cukuplah impian itu menjadi jawaban dari tugas yang dosen saya berikan. Tetapi saya yakin, my dream will be come true…

Berawal dari gambaran ideal saya tentang sebuah kampung nelayan yang kehidupannya sejahtera, terbebas dari kemiskinan. Ternyata setelah dikaji lebih lanjut, kesejahteraan ekonomi itu ternyata lahir karena pengelolaan finansialnya berbasis syariah (hukum islam). Mulai dari kredit usaha yang mereka peroleh dari lembaga keuangan syariah, hingga zakat yang mereka keluarkan dari keuntungan hasil usaha yang mereka peroleh. Ternyata penerapan kredit dan zakat yang sesuai dengan ekonomi islam di kampung nelayan itu telah berbuah kesejahteraan. Itulah gambaran awal dari saya yang telah meyakinkan diri ini kalau ternyata nelayan memang membutuhkan sebuah organisasi.

Idealisme Organisasi Nelayan

Berbicara mengenai organisasi nelayan yang ideal, yang mungkin berkali-kali harus saya katakan, maybe it just a dream. Tapi tidaklah mengapa, berikut sedikit paparan nan singkat dari saya mengenai organisasi nelayan yang paling ideal itu :

Struktur organisasi yang berlaku pada organisasi nelayan ini benar-benar berbasis pada struktur sosial yang ada pada kampung nelayan tersebut. Struktur yang tidak terlalu birokratis bagi nelayan adalah salah satu pertimbangan disamping cakupan struktural yang mencapai grass root (golongan kelas bawah) dan pemerintah yang dalam hal ini diwakili oleh Dinas Perikanan & Kelautan Daerah setempat.

Cakupan organisasi nelayan ini hanya sebatas desa, karena saya sendiri menyebutnya kampung nelayan. Tidak terlalu luas memang, namun cukuplah untuk mensejahterakan seluruh nelayannya, tidak hanya juragannya tetapi juga anak buah kapalnya. Satu hal yang nantinya perlu diperhatikan dan dikembangkan adalah jaringan terpadu pada kampung-kampung nelayan yang telah sejahtera karena adanya organisasi tersebut.

Fungsi organisasi nelayan ini juga mencakup fungsi sosial dan ekonomi, atau saya lebih suka menyebutnya dengan fungsi pembinaan dan pelayanan. Sesuai dengan visi awal organisasi yang ingin mensejahterakan secara finansial anggotanya, maka organisasi nelayan ini dapat dikatakan memiliki fungsi seperti KUD namun syariah. Organisasi nelayan ini juga adalah organisasi sosial, jadi tidak hanya sekedar profit oriented. Organisasi ini pada intinya adalah organisasi yang lahir dari sebuah kepentingan sosial. Kepentingan untuk mensejahterakan seluruh anggotanya, baik dunia maupun akhirat.

            Saya rasa masih ada harapan dan peluang untuk mewujudkan organisasi itu. Sepengetahuan saya, ada juga sekelompok petani kentang di daerah Dieng yang menerapkan sistem zakat untuk mencapai sebuah kesejahteraan dunia dan akhirat, hal itu pun terbukti. Berdasarkan itu, saya rasa juga pasti ada di suatu daerah, di pesisir pantai di Indonesia, suatu perkampungan nelayan yang kehidupannya sejahtera karena adanya organisasi milik nelayan, organisasi yang khas dengan kriteria ideal yang telah saya paparkan sebelumnya. Terakhir, asa saya masih tergantung tinggi, namun masih bisa untuk dipetik, semoga sedikit essai ini bermanfaat. Wallahu’alam.

 

4 thoughts on “Kampung Nelayan Nan Sejahtera ; Organisasi Khas Nelayan

    • oh, seingat sy ini pas lagi ada tugas buat tulisan di mata kuliah Organisasi Sosial..
      *udah lama banget gak nulis2 serius kayak gini*

Leave a Reply

