Cerita gw tentang Asrama Etos Jogja

Bismillah..

Ah, males cerita nih ‘Jar. Lagi stuck di proposal skripsi. MALES!!! Hhh, sebenarnya hari kemaren udah aa awali dengan sempurna banget ‘Jar. Setelah subuh, langsung ke Maskam dan bantuin anak-anak AAI. Hhh, tapi mungkin karena endingnya kurang bagus, sekarang aa jadi lemes nih. Hhh…

Yah, evaluasi hari ketujuh dulu aja deh. Eh, tapi hari keenamnya dah beres belum yah? Kayaknya sih udah deh. Hmm, yaps, dah beres teman. Oke, hari ketujuh sungguh menggembirakan ‘Jar. Seperti pesan dari nomor yg gak aa kenal…

Ramadhan Mubarak! Sepekan sudah berlalu. Sudahkah qt mendapatkan sensasinya? Mari lipat gandakan usaha kita.. Jadikan ramadhan ini terbaik qt. semangatt..
081328165580

Hhh, tapi masih lemes nih klo inget skripsi!!!! Ayo semangat lagi teman!!!

Yah, dan pas lagi di maskam, pas lagi bantuin bantuin, tiba-tiba ada yg nelpon. Gak tau nomornya siapa.

“Hallo assalamualaikum, afwan ini mbak Widya, antum j8-j10 ada acara gak? Bisa ngisi diskusi di Etos gak tentang urgensi riset? Ant pernah ikut PKM kan?”

Hmm, banyak banget yang gw mau komentarin. Pertama, ini mbak Widya KM bukan sih? Jam 8 nanti? Tentang urgensi riset? PKM? Wah!!! Luar biasa banget nih teman. Gak mungkin bgt menolak permintaan seorang saudara, apalagi klo emang klo kita bisa membantunya. Yah, hanya untuk Allah dan Rasul-Nya, siapa tau aja ntar gw juga ditolong orang. Insyaallah saya bisa mbak!!!

Terlepas dari pengalaman PKM gw yang minim. Terlepas dari kebingungan mau ngemeng apa ntar gw dsana. Terlepas dari minimnya pengalaman gw untuk jadi pemantik diskusi. Inilah pengalaman seru kedua gw bersama anak Etos. Yaps, kemaren baru dikerjain Guntoro, sekarang Mbak Widya (oya, ant direkomendasikan siapa sih mbak? Emangnya gak ada yang lebih kompeten lagi opo? Atau sebegitu tidak pentingnyakah diskusi ini sehingga harus mengundang saya).

Yah, daripada ntar pas diskusi gw bingung mo ngapain, maka gw pun langsung cow dari maskam. Ijin ma Hanif,

“Nif, gw balik dulu yah, ada panggilan mendadak nih”.

Gw pun langsung menuju kampus pertanian buat ngenet, nyari info, nyari data, klik google dan “urgensi riset”. Yaps, ini udah bukan H- (ha min) sekian lagi teman, udah je min sekian. Nah, pas searching juga bener-bener gak ada bahan yang memuaskan teman. Urgensi riset, tujuan penelitian, opo meneh iki. Yah, maka gw pun bertanya sama temen, anak 2004 yg lagi TA, kader juga, apa sih urgensi penelitian?

Dan jawabnya :
1. Sebagai syarat kelulusan S1
2. Sebagai bahan penulisan skripsi yang akan berhubungan dengan poin nomor satu tadi
3. Sebagai wujud partisipasi mahasiswa dalam membangun bangsa (uhuk2..)

Tp lebih dari itu semua, yg jelas penelitian kita juga harus besar manfaatnya bagi umat ini, gak sekedar biar dapat ijazah doing. Katanya kita dai kan? Khoiru ummah, tp khoirunnas anfa’uhum linnas..

Hmm, jawaban yang bagus. Lumayan dah buat bahan daripada gak ada sama sekali. Dan tiba-tiba aja telpon bunyi, mbak widya lagi, ngasih tau lagi klo tempatnya pindah, bukan di asrama etos putri, tapi yang satunya lagi, masih daerah gandok. Yah, baiklah.

Dan gw pun sempat sms si Andri Javs, ketua GC, masih tentang urgensi riset, tapi sial, sebelum gw dapet jawabannya, HP gw dah mati, bener-bener mati. Ah, untung juga pas buka milisnya GC, ada postingan bagus dari anak TP 2007 yg pernah ikut Smart Camp I KAB, ah, lumayan banget wacana tentang PKM-nya teman. Jazzakillah mbak!! Yah, pencarian bahan kayaknya dah cukup deh. Tinggal diolah sedemikian rupa dan disajikan nanti di Etos. Hmm, selamat menikmati.

Oke, nyampe mtop, gw langsung mandi, ganti baju, dan garap power pointnya. Yah, tambahan diskusi dengan Royan (adeknya Pak Gindi mantan ketua GC) akhirnya turut melengkapi power point nan sederhana tapi sarat makna ini. Ah, udahlah, insyaallah bisa koq. Formatnya diskusi ini. Jadi biarkan aja mengalir dua arah. Lagipula pesertanya juga 2007 koq. Gak lebih dari sepuluh orang lagi. Yah, dibuat ngobrol santai aja kali. Ayo Panji cepetan berangkat, dah jam 8 tuh.

Hmm, dan sesampainya gw disana, gw bingung. HP gw dah bener-bener mati. Dan gw pun gak tau lokasinya pindah sebelah mana. Ya udahlah, gw ke asrama etos putrinya aja dan nanya. Yah, pas gw nanya, tetep aja gw bingung dimana lokasinya, eh kebetulan ada salah seorang etoser baru dateng naek sepeda, terus gw dianterin ama dia deh. Dan ini yang agak bodoh, dodol, memalukan dan stupid banget deh pokoknya. Pas dianterian naek sepeda boncengan (yah kagaklah!!!! Bukan muhrimnya lagi!!!), pas dianterin naek motor satria gw boncengan (sama aja!!! Yah kagaklah!!! Masih bukan muhrimnya juga!!!), jadi gw ngikutin dia dari belakang, dia naek sepeda, gw naek motor (jadinya kita naek sepeda motor deh, apa coba!!!). Yah, pokoknya pas baru jalan beberapa meter, tiba-tiba aja motor gw mati. Ah, gw tau, pasti keabisan bensin. Argh!!!! Aseng!!! Teruk!!! Dodol garut!!! Durean Bangkok!!!! (oya, ini hanya ungkapan kekesalan yang masih syari koq, tenang…).

Yah, benar teman, bensinnya wes entek. Fuih, untung aja beberapa meter dari sana ada yang jual bensin eceran. Hhh, selamet gw. Ah, tapi sial, pas gw ngecek tas gw, dompet gw gak ada, dan di saku celana pun gak ada duit sama sekali. Aduh, gak mutu banget deh pokoknya. Udah gitu yang jualnya anak kecil lagi. Ah, gimana nih. Malu gw di depan anak kecil gak punya duit buat bayar bensin. Ya udahlah gw bilang aja ke adeknya klo gw ninggalin helm dulu and gw ngambil duit di rumah. Yah, tapi ternyata anak Etos yang mo nganterin gw ke asrama yang satunya lagi ngelihat dari jauh dan nampak menyadari klo gw lagi gak bawa duit.

“Udah pak, biar saya aja yang bayar dulu. Antum yang nanti pengisi diskusi di Etos kan?”

Aduh, malu banget gw dibuatnya. Kenal juga kagak, dipinjem duit ama yang mo jadi peserta diskusinya lagi. Aduh, sungguh terlalu. Terlalu bodoh, terlalu memalukan, terlalu gak keren dan terlalu parah banget deh pokoknya. Yo wislah, bantuan itu pun gak gw tolak. Biar gw ngutang dulu sama mbaknya.

Dan, yah, sampai juga gw di asrama satunya itu. Eh, ternyata dekat sama kosnya si Bayu lagi. Dan berhubung sudah jam 8 lewat juga, dimulailah acara tersebut. Udah ditunggu mbak Widya juga ternyata. Eh, emang bener ternyata, mbak Widya KM. Yah, acaranya ternyata benar-benar diskusi teman. Hanya ada satu satu ikhwan dan empat akhwat. Hmm, tapi yah, jadi lebih nyantai dan hidup diskusinya. Mari kita meneliti, itulah judul diskusi minggu pagi nan sederhana. Dan ternyata emang bener, ini adalah bagian dari pembinaan yang ada di Etos, tepatnya pembinaan akademik yang mengundang pembicara, dan gw jadi pembicara. Yah, udahlah, kita mulai aja pembicaraannya.

Diawali dari perkenalan terlebih dahulu, nama-nama seluruh pesertanya harus tahu dulu, ada Slamet KU asal Bantul, Siska Kehutanan asal Cilacap, Yuyum Peternakan asal Ciputat, Novi Administrasi Negara asalnya lupa dan Nia apa Mia yah dari KU juga dari Bantul juga klo gak salah. Hmm, kemudian menyusul Dian apa Diah dari KH asal Bandung. Terakhir gw lupa satu lagi namanya, karena dia telat dan gw juga gak nanya. Yah, diskusi kita awali dengan sharing pengalaman penelitian. Yah, macem-macem jawabannya, ada yang pernah meneliti tentang tingkat ke-GR-an laki-laki dan wanita di SMA-nya, tapi kebanyakan sih pada belum. Dan akhirnya pun gw lanjutkan dengan pertanyaan kedua, apa rencana penelitian kalian. Nah, inilah yang menarik, ternyata anak Etos pada cerdas-cerdas teman, padahal mereka baru 2007. Hmm, klo Slamet rencananya mo neliti daun the sebagai obat diabetes, tapi dia bilang klo ada dananya, Siska mo neliti tentang manajemen hutan di Nusa Kambangan, dimana terjadi kerusakan hutan akibat aktivitas HOLCIM, Yuyum tentang system pemerahan sapi yang kayak di luar negeri, Diah tentang KH gitu deh, Novi Sospol tentang Papua gitu deh sedang Nia tentang hmm, masih bingunglah dia bilang. Yah, kayaknya kalo gw ceritain bisa panjang banget deh. Hmm, lumayanlah sejam lebih berdiskusi bareng mereka. Semoga bermanfaat aja deh semuanya. Semoga juga diskusi ini tidak memuaskan, karena harapanya, mereka bisa belajar lebih banyak lagi di luar sana. Terakhir, makasih buat mbak Widya atas kesempatan belajar yang telah diberikan pada saya. Ah, dua kali aja gw belajar berbagi. Yah, seperti kata adek gw, manusia terbaik adalah manusia yang paling banyak manfaatnya. Dan gw sedang belajar untuk menjadi manusia terbaik teman.

Oke, sepulangnya dari sana, gw balik lagi ke MTop dan berkesempatan untuk rehat sejenak. Yah, lumayan sampai menjelang Dzuhur, sebelum akhirnya gw dibangunkan oleh seorang ibu yang pengen minta kertas bekas bertumpuk-tumpuk yang ada di MTop. Ah, daripada hanya jadi sampah, mending gw kasih aja deh. Gw yakin, seminggu kemudian itu kertas pasti masih ada disana klo gak ada yg ngambil. Dan ketika ibunya menanyakan mo dibayar berapa, yah, spontan aja gw bilang “Gak usah ‘Bu, ambil aja semuanya gratis, kita minta didoain aja”.

Wah, ternyata tuh ibu senang bukan kepalang teman. Beliau bersyukur banget dan berdoa biar kita-kita cepet lulus, dapet jodoh, wah, pokoknya mengharukan banget deh teman. Ah, doa menjelang Dzuhur yang semoga diamini malaikat. Ya Allah, saya senang banget deh siang itu. Alhamdulillah bisa bantu-bantu ala kadarnya. Yah, setelah bekerja, tentu saja kita harus berdoa, dan ibu tadi, ah, mustajab.

Hmm, kemudian masih ada dua agenda rahasia lagi di siang dan sore hari ini. Hmm, acara siang berlangsung di Balairung Utara. Hmm, tempat diskusi yang menyenangkan teman. Yah, agak aneh juga sih ketika kita syuro di balairung, syuro yang amniyah lagi (he2x, sorry yah klo gw rahasiain). Hmm, sampai Ashar kita di balairung, eh, masih ada lagi agenda buka bareng di musholla pasca. Ah, tapi saying sekali teman, masih saja amniyah!!! Hhh, apa-apa amniyah, apa-apa amniyah, mending gak usah ditulis aja sekalian. Yah, yang pasti, gw bakal inget terus mushola yang satu ini. Mushola yang paling bagus, tempat gw juga syuro terakhir kali bareng temen-temen Div. PKK KomSat, bareng Andi KT, Ipung KU, Via Psikologi dkk. Ah, udahlah. Selesainya nih hari gak terlalu bagus teman. Balik dari pasca, gw langsung tepar gak karuan. Hhh, yah, fluktuatif teman, sungguh dinamis. Ah, semoga bermanfaat sajalah teman.

Ahad, 7 Ramadhan 1429 H
Ahad ceriakah 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s