Birokrasi Penelitian

Teman, saya ingin berbagi informasi yang cukup penting bagi kalian. Sebuah informasi yang menuntut kita untuk senantiasa berperan aktif dan tentu saja tetap sabar dalam berusaha dan berusaha. Yah, saya menyebutnya dengan istilah Birokrasi Penelitian. Segala hal yang terkait dengan perizinan penelitian ternyata memang harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum akhirnya kita memulai penelitian teman.

Dan di hari Kamis ini hingga menjelang siang, saya hanya berkutat pada persoalan ini. Jadi begini ceritanya teman.

Pagi-pagi sekali, saya sudah menuju Jurusan saya di Perikanan Gadjah Mada untuk meminta tanda tangan Ketua Jurusan dan meminta surat pengantar ke Fakultas terkait izin penelitian. Dan ternyata tidak cukup sulit teman, beliau segera meng-ACC dan memberikan memo kepada TU di Jurusan untuk membuatkan surat pengantar tersebut. Alhamdulillah. Dan selagi saya menunggu surat tersebut selesai, saya kembali menyempatkan diri untuk berselancar sejenak di dunia maya. Sekedar cek email, cek http://www.ugeem.com dan memposting lima tulisan perdana saya di blog saya pada categories Depok’s Diary. Yah, http://www.arohmanpanji.wordpress.com harus tetap eksis, urusan ramai atau tidaknya comments itu bukanlah persoalaan teman. Oya, saya juga mendapatkan info menarik kalau ternyata ada sebuah penerbit yang mencari naskah untuk kemudian dijadikan buku. Dan kebetulan sekali, temanya adalah traveling. Bismillah, saya juga akan mencoba berpartisipasi teman. Teramat sayang kalau penelitian saya ini hanya berbuah skripsi dan hanya tertampang di Blog pribadi saya. Doakan saya teman! Insyaallah saya juga akan membuat Buku Wisata Kuliner di Pantai Depok, Bantul, Jogja. Sekali lagi, doakan saya yah teman!!

Kemudian setelah surfing selama satu jam, saya kembali ke TU jurusan. Meminta suratnya, kemudian menunggu Ketua Jurusan kembali dari urusannya. Fuih, inilas sensasi dari sebuah tugas akhir teman. Tugas akhir itu bukan hanya sekedar laporan belaka, bagi saya dan mungkin bagi teman-teman yang nanti tertarik dengan penelitian sosial (sebenarnya tidak hanya penelitian sosial sih), sungguh, perihal seperti inilah yang akan memberikan nuansa tersendiri pada tugas akhir kita. Seni melobi dan berkomunikasi dengan banyak orang seolah menjadi bumbu tersendiri yang semakin membuat lezat semuanya. Ah, maka sembari menunggu, saya menikmati waktu ini dengan main games Sonic The Hedgog yang ada di HP saya (hehehe, benar-benar tidak produktif).

Lalu setelah akhirnya saya mendapatkan tanda tangan Ketua Jurusan, saya kembali melapor kepada TU Jurusan untuk memberikan nomor pada surat tersebut. Tidak pakai lama, setelah itu saya harus menuju bagian akademik Fakultas Pertanian untuk memberikan surat tersebut kepada Wakil Dekan I yang mengurus bagian akademik. Yah, karena saya baru mengumpulkan surat ini siang, mungkin baru di hari Jumat besok surat saya selesai ditandatangani.
Hmm, inilah yang saya namakan birokrasi penelitian teman. Berlapis-lapis dan bertingkat. Belum lagi saya harus mengurusnya ke rektorat, tingkat Universitas, kemudian setelahnya mungkin BAPEDA, dari BAPEDA Provinsi mungkin, lalu BAPEDA Kabupaten, kecamatan, kelurahan atau Desa dan terakhir mungkin TPI. Fuih, jujur teman, saya dengan amat sangat terpaksa harus berurusan dengan birokrasi karena memang saya ada kepentingan dengan beberapa birokrat seperti Desa dan TPI, karena jelas, penelitian saya membutuhkan data-data dari instansi tersebut. Ah, tapi bukankah saya menuliskan bahwa salah satu kegunaan penelitian ini adalah memberikan sumbangan informasi bagi kalangan akademisi, masyarakat dan pemerintah untuk memajukan usaha pengolahan hasil perikanan serta mengetahui andil kaum wanita dalam usaha pengolahan hasil perikanan di Pantai Depok, Bantul, Yogyakarta.

Sungguh sangat mulia bukan? Maka birokrasi penelitian menjadi tahapan yang wajib saya lalui untuk mewujudkan cita-cita mulia saya tersebut. Terakhir, pesan saya adalah tetap bersabar dalam mengurus perizinan ini teman, bukankah Allah menyayangi orang-orang yang sabar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s