Perjuangan di Awal Februari 2009

Fajar!!!!

Wuah!!! Ternyata penelitian ini gak semudah yang aa bayangkan sebelumnya. Hmm, pelajaran penting yang baru aa dapet sekarang adalah tentang masalah birokrasi penelitian. Fuih, tau gitu gw urus sebelum-sebelumnya yah. Hmm, aa gak belajar dari pengalaman dan kesalahan orang lain ‘Jar. Aa juga gak sedia payung sebelum hujan, yah, jadinya basah kuyup gini deh. Hhh, benar-benar melatih kesabaran dan keikhlasan nih emang. Semoga aa gak mengulangi untuk yang kedua kalinya. Pokoknya hari ini tuh surat harus dah masuk ke bagian rektorat, dan dari sana, pastinya aa bakal menanti kembali sebuah jawaban. Yah, maka berdoa dan berusahalah.

Udah yah ‘Jar, gak perlu bahas masalah perijinan lagi. Insyaallah bereslah. Nah, sekarang kita bahas masalah HP. Hiks2x, akhirnya nokia si Gusti divonis rusak LCD-nya ‘Jar. Butuh dana besar untuk dioperasi, dan klo dioperasi di Akin butuh sekitar 350 ribu. Hhm, biar aa compare dulu dengan si dokter Rumi, berapaan yah harganya. Yah, klo lebih murah 50 ribu, aa berani mengoperasi si Nokia Gusti ini. Sayang ‘Jar kamera and musiknya klo gak dipake. Hmm, hari ini juga aa bakal memutuskan, operasi atau tidak sama sekali.

Lalu masalah yang ketiga adalah tentang air ‘Jar. Yah, kata ibunya sih hari ini bakal dicoba benerin sama tukangnya. Yah, berarti masalah air juga beres deh ‘Jar. Tapi ntar yang ada di rumah dan stand by siapa yah? Yah, kita lihat nanti aja deh. Berarti dengan ini ketiga masalah aa selesai deh ‘Jar. Oh ya, untuk HP, sementara ini akhirnya aa make HP yang ditemukan Mujib pas TK JS. Hmm, tak pinjem dulu yah yang punya. Insyaallah klo si Nokia Gusti dah beres, aa bakal mencoba mencari tau siapa pemilik sebenarnya nokia tipe jadul berwarna hitam gelap ini.

Hmm, terus apa lagi nih ‘Jar. Klo cerita hari ini. Wah, hari ini begitu dasyhat lah ‘Jar. Aa mulai dari numpang nyuci baju di WS bada Subuh, kemudian jemur-angkat-jemur-angkat-jemur-angkat karena hujan gerimis aje. Yah, belum pada kering deh nih baju. Lalu dilanjutkan lagi dengan perjuangan di birokrasi penelitian. Fuih, hari ini aa gagal ‘Jar, bulak-balik TU juga gak solutif ternyata, karena memang birokrasi di Pertanian itu disetting untuk mengajarkan kesabaran pada yang ingin berurusan dengannya. Yah, pagi ini aa mau ngecek lagi deh. Semangat!!!

Lalu terkait dengan makanan. Hmm, aa sarapan sama nasi kuning standar. 3500 pake gorengan dua. Lumayan banyak dan kenyang juga ‘Jar. Yah, hitung-hitung isi energi dulu sebelum berjuang. Dan ternyata memang benar-benar bermanfaat ‘Jar, karena aa baru bisa makan lagi menjelang jam 4, setelah urusan HP beres. Yah, dirapel deh makan malam dan makan siangnya, jadi makan sore. Ronah. 4000. Perkedel dan bakwan. Dan tentang laporan keuangan adalah sebagai berikut :

Pengeluaran Januari 2009
Makan sehari-hari 218.000
Bensin si Satria 55.000
Oli Sampingnya 48.000
Listrik dan Air 20.000
Pulsa XL 25.000
Total Kebutuhan Pokok 366.000

Lalu kebutuhan spesial bulan ini :
Daurah dan Dakwah 70.000
Tiket Jakarta-Jogja PP 70.000
Futsal 20.000
Flashdisc 100.000
TOTAL 260.000
Sehingga totalnya adalah 626.000

Tambah yang lain-lain dan biaya tak terduga sebesar 72.050, maka total Pengeluaran Januari adalah 698.050.
Oke, setelah bahas pengeluaran, kini saatnya kita membahas pemasukan atau lebih tepatnya piutang :

Akh ABNP 200.000
Akh BW 990.000
Akh AJV 60.000
AA-G 20.000
Akh BH 26.300
MY 7.500.000
MP’08 1.000.000
TF 1.500.000
Total Piutang atau Investasi 11.256.300

Sedangkan Untuk Saldo ato uang yang ada di BSM as My Tabungan Pribadi belum sempet aa cek lagi ‘Jar. Hmm, klo 500ribu sih aa pikir ada. Jadi mungkin target saldo aa di BSM pada akhir Februari 2009 adalah 12.000.000!!! Yah, hari ini aa cek deh @ BSM. Sekaligus nabung dan beli buku traveling di Toga or MP (hehehe, bekal buat Riset Kuliner nih ‘Jar! Target KIRIM!!!).

Nah, sedangkan saldo yang ada di Mandiri atau Beasiswa OT (Orang Tua), ada sekitar 14.600.000. Yah, mamah sengaja nitip tabungannya sekalian karena takut kepake terus. Fuih. Harus bener-bener aa jaga nih amanah orang tua. Dan yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah, kapan aa berani bilang ke mamah dan papah, “Udah mah-pah, mulai bulan ini aa gak usah dikirimin uang lagi. Aa mo belajar Mandiri.”

Hmm, gimana klo bulan Juni 2009. Yah, insyaallah!!!

Oke, kayaknya masalah keuangan dan finansial udah dulu deh ‘Jar. Wah, jarang-jarang aa mengekspos laporan keuangan sebegitu transparan ke publik. Yah, gak apa-apalah, kali aja ada yang bisa belajar dari cara pengelolaan uang tradisional ala aa ini ‘Jar.

to be continued

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s