Donotirto Menjelang Pergantian Hari

Teman! Akhirnya tibalah saya di penghujung 10 Februari 2009 ini. Fuih, alhamdulillah. Target dua responden saya kembali terpenuhi. Amin. Tapi perjalanan masih panjang teman, anggaplah ini baru sepersepuluhnya. Dan sebelum saya istirahat, saya ingin sedikit bercerita kembali tentang Donotirto menjelang pergantian hari.

Hmm, kita awali dengan sambutan yang hangat dari keluarga besar Mas Bin di Padukuhan Kretek. Mulai dari Pak Subani ayahnya, Bu Maryati ibunya, hingga Wahyu adiknya. Yah, setelah korespondensi yang melelahkan di Pantai Depok, saya pun memutuskan untuk bermalam di rumah Mas Bin, dan mungkin hingga Jumat pagi atau Kamis malam, saya akan tinggal di sana. Afwan katsir, maaf kalau merepotkan, dan matur nuwun atas tempat tidurnya. Ah, jadi ingin pulang ke Jakarta nih kalau begini.

Yah, memang menarik penelitian ini teman. Saya pun dikenalkan dengan teman-teman Mas Bin yang lain. Ada teman-temannya di PKS (Pak Andi, Pak Roni dan Pak Fajar) hingga Mas Agus (dan temannya yang satu lagi, saya lupa namanya). Hmm, malam ini, akhirnya saya memang bermalam di Depok, tapi malam ini saya bermalam di rumah Mbah-nya Mas Bin bersama Mas Bin, Mas Agus dan temannya itu. Hmm, seperti tinggal di kos-kosan teman. Tapi lokasinya benar-benar di pelosok desa. Fuih, seperti KKN deh. Dan memang sudah beda padukuhan teman, bahkan beda Desa. Yah, rumah Mbah-nya Mas Bin berada di Desa Donotirto. Dan Donotirto menjelang pergantian hari begitu tenang teman.

Oh ya, saya juga ingin mengabarkan beberapa kabar dari Jogja teman. Pertama dari Nendi yang kembali mengajak saya untuk Futsal besok pagi. Kedua dari Hafidh yang ingin memberi saya polling untuk diisi dan diserahkan paling lambat besok pagi. Maka jawaban dari kedua kabar tersebut adalah, “Afwan, saya masih di Depok, mungkin Jumat baru kembali ke Jogja”. Lalu kabar ketiga dari si Hanami yang menginformasikan tentang pertemuan FORSALAMM Pertanian sore ini (Ya Allah, saya lupa izin ke mas’ul (ketua), titip permohonan maaf saya saja yah, dan jangan lupa doakan agar penelitian saya dimudahkan). Kemudian kabar keempat masih dari Hanami tentang Open Recruitment Asisten Praktikum di Jurusan Budidaya Pertanian (Insyaallah akan saya jarkomkan ke teman-teman). Dan kabar kelima yang saya pikir paling mengejutkan adalah tentang Mbak Vita yang akan melangsungkan akad nikah pada 8 Maret mendatang.

Nah, Mbak Vita itu adalah senior saya di Kelompok Studi Fakultas Pertanian, Klinik Agromina Bahari (KAB). Beliau adalah ketuanya dua tahun sebelum saya. Dan beliaulah yang mengenalkan saya dengan Mas Bin. Wah, barakallah deh Mbak! Semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawahdah, warahmah. Amin.

Oke, begitu dulu saja teman. Dan sekarang saya bingung nih, akan tidur dimanakah saya? Dua kasur yang tersedia sudah full diisi oleh Mas Bin, Mas Agus dan temannya. Hmm, kita lihat saja nanti deh!

Leave a Reply

