REZA

Hmm, kenapa akhirnya warung makan ini dinamakan Reza? Hmm, jadi saya dapat menarik kesimpulan dari tiga hari saya melakukan penelitian disini. Jadi begini teman :

1. Nama warung makan diambil dari nama si pemilik
2. Nama warung makan diambil dari si anak

Yah, hanya itu kesimpulan sederhananya. Dan di hari kamis ini saya kembali mengawali petualangan mewawancarai orang dengan singgah di RM Reza. Hmm, sebenarnya saya tiba di lokasi cukup pagi teman. Sangat pagi bahkan. Yah, sempat bingung juga sih, koq pagi bener yah. Hhh, akhirnya setelah berpikir panjang dan menyaksikan belasan nelayan Cilacap menaikan perahu ke truk untuk diangkut kembali ke Cilacap, saya memutuskan untuk belanja ikan di ibu-ibu yang jualan di pasar.

Dan kali ini harganya lebih murah teman. Enam ekor ikan Cakalang berukuran sedang berhasil saya beli dengan harga 9.000 saja. Hmm, sekitar setengah kilo teman beratnya. Yah, harusnya dengan amunisi sebanyak ini saya bisa mendapatkan lebih dari 3 responden. Hmm, tapi untuk pertama, biarlah saya bercerita dulu tentang pengalaman saya di RM Reza yah. Jadi beginilah ceritanya.-

Sesaat setelah saya membeli ikan, tiba-tiba ada seorang bapak-bapak datang menghampiri saya dan menawarkan untuk makan di warungnya. Hmm, tanpa pikir panjang, saya pun menerima tawaran bapaknya, apalagi saya juga belum singgah di RM Reza sebelumnya. Maka jadilah saya sarapan di sana dengan ikan Cakalang bakar plus nasi dan lalapan seharga 5.000 saja.

Dan tentang wanita pengolah hasil perikanan yang saya wawancarai hari ini. Wah, subhanallah, ibunya begitu religius teman. Benar-benar sosok ibu yang mengayomi. Ah, kembali saya menemukan hikmah kehidupan dari seorang ibu. Huah!!! Saya jadi rindu dengan ibu saya nih. Hhh, bahkan beliau juga memberikan saran kepada saya agar tidak perlu makan dulu koq untuk wawancara seperti ini, bilang saja ada tugas akhir (skripsi), insyaallah mereka juga akan mengerti koq. Hmm, benar juga sih sebenarnya, tapi kata temennya si Ibu, “Yah, kalau mas-nya ndak malu sih monggo aja”. Hmm, bagus bener! Usul ibu-ibu akan saya tampung dulu terlebih dahulu oke! Ah, Reza, Reza, nama ini begitu banyak dipakai orang, tapi sebenarnya apa sih arti kata Reza itu sendiri? Ada yang tahu?

18 thoughts on “REZA

  1. temen saya, reza armanda,
    anak hukum reza azhari

    pernah keliru kirim sms gara2 banyak bgt nama reza di ponbuk..
    kayaknya di tahun 80-an lg ngetren nama reza kali ya?

  2. assalamu’alaikum pak!

    gara2 liat posting seru ente di milis jadi mampir ke sini..
    mo jawab pertanyaan bapak panji ini: reza itu kalo gak salah satu akar kata sama ridho.. baca di mana ya,, kalo gak salah wikipedia.. coba dicek sajalah..
    btw, emang reza itu pasaran yah (peace buat yang punya nama ^^),, tapi dari semua reza yang masyi kenal sih, orangnya beda2 banget…

  3. saya ga tau maksud kata “reza” itu berasal dari kata apa…

    kalau dia berasal dari kata yg sm dg “rozan” (raazana/rozuna/roziina, in arabian) berarti berteman/teguh/penuh kesungguhan.

    kalau dia berasal dari kata raza/razyan berarti menerima bakti/bersandar.

    tp, kalau dia berasal dr kata razza berarti padi/beras/nasi (ruzzu)yg mungkin orangnya sejahtera or memperhatikan kesejahteraan org. Atau bisa jg berarti menikam, menusuk (razzah) yah mungkin kalo ngomomg suka nancep, dalem, dsb. Ehm… yg terakhir ini mengingatkan sy dg reza tmn seangkatan sy di sma (do u think what i think, Ji?) ^_^v

    • @judith
      sedikit mencerahkan dan cukup membingungkan.. hmm, tentang reza yg ant maksud, kayaknya he’s the one and only reza ikhwan deh n_n

      @mosyi
      wah, beda lagi nih sama si Judith. . hmm, emang beda-beda karakter reza yg satu dgn reza yg lain dan cukup pasaran n_n

      @yulifia
      hmm, sudah tidak begitu menghantui koq, hanya penasaran aja, koq yg comment malah temen2nya reza, yg namanya reza malah belum ada yg comment yah?

  4. wah, emang beda deh, kalo Judith chantik yg udah turun tangan ;]

    @panji: hmm, kayanya bukan cukup pasaran deh ji, tapi memang pasaran.. ups, peace lagi ya ^^v (btw, nama panji juga penasaran deh, hehe)

    yg jelas menurut saya, nama pasaran atau nggak bukan masalah.. yg penting maknanya baik biar jadi doa yg baik utk si punya nama :]

    salam,
    masyita

    • hmm, reza-reza, no comment dah!
      oya, abangnya reza ikhwan (klo gak salah namanya ibos), 28 feb’09 ini nikah loh, barakallah…

      @mosyi
      nama saya penasaran atau pasaran, itu gak penting, yg penting bener kata ant, nama itu doa, dan seperti ayah dan ibu saya mendoakan saya dengan Panji Arohman, semoga saya menjadi lambang kasih (suka berbagi gitu deh)

      @judith
      turun tangan? chantik? beda? maksudnya apa coba si mosyi ini…

  5. reza aja pasaran, apalagi panji..! :P

    Reza itu dalam bahasa arab Ridho..
    Tapi itu dilafalkan dalam bahasa Farsi..

    Kayak Ibnu Sina yang dilafalkan dengan Avicena oleh orang-orang eropa..

    Jadi, kalau punya anak kembar namanya Ridho dan Reza artinya samimawon itu…

    *Sempet ngeces2 & pengen beli juga ikan cakalang yang harganya murmer bangett…! >_<*

    • Oya, btw..disini akhirnya ketemu lagi sama ‘yah’, ‘hmm’, sama apalagi ya tadi?

      Gak cukup sekali, lagi..

      Khusus kata ‘hmm’ itu sebenernya ngingetin saya sama sebuah cerita anekdot tentang pemuda yang ngobrol sama orang ‘congek-an’ yang selalu ngomong ‘hmmm’ setiap diajak ngobrol..hehe :))

      • gak sopan! Panji itu artinya bagus koq =D
        *hmm, yah, hhh, kayaknya itu jadi style sy bercerita deh, jadi gak ada hubungannya sama anekdot ant itu..
        -jadi pengen ke Pantai Depok lagi T_T

  6. Hah? Di depok ada pantai?
    kalo gak ada korelasinya ya bisa aja dicari..wkwkwk…

    baru tahu saya kalo panji=bagus (kan panji artinya bagus)

    saya kira panji itu artinya segala hal yang berkaitan dengan kebaikan dan kebenaran..hehe
    berarti saya selama ini sudah salah..

    jangan marah dong, pak! kan saya hanya menanggapi opini anda terkait nama reza..
    haha, kak reza ikhwan bakalan batuk2 tuh disebut2 namanya disini..

    kasian juga ya mantan ketos kakak itu..hehe^^

Leave a Reply

