Tujuh (7) Alasan Kenapa Studi di Belanda Menjadi Tiket Menuju Komunitas Global?

kompetiblogbadge-neo
Alhamdulillah, akhirnya setelah hampir lima tahun lamanya gw kuliah di negeri Jogja, ada juga    kesempatan buat gw untuk menuntut ilmu di luar negeri, yah, sebut saja negeri itu Belanda, negeri   sebenarnya. Fuih, udah lama banget gw mupeng untuk bisa belajar dan menuntut ilmu di luar negeri,   padahal untuk ngegarap skripsi aja susahnya setengah mati, hehehe. Tapi klo untuk keluar negeri,   hmm, gw gak bakal sia-siakan kesempatan ini. Maka seperti para pejuang benteng Takeshi sering   bilang, “Doakan saya teman!!!!”

Hmm, jujur, gw seneng banget pas temen gw ngasih offline message di YM gw. Dagdigdug, suer, hati gw deg-deg-an dengan adanya offline message itu, karena informasi kompetiblog yang berhadiah studi ke Belanda itu laksana telaga di tengah gurun. Ah, hati gw tersenyum senang penuh kemenangan, seolah-olah tiket ke Belanda itu udah di tangan gw. Sumpah!! Gw bener-bener seneng dengan ini semuanya, karena gw pikir caranya pun gak terlalu rumit, yah loe hanya perlu nge-blog, itu aja, cukup! Kapan lagi coba ada lomba nge-blog yang hadiahnya summer course di Utrech University, Belanda! Ah, ngebayanginnya aja gw udah seneng banget sumpah!

Nah, setelah gw mencoba untuk berkontempelasi, merenung, bengong, berpikir, menganalisis, dan menelaah (apa coba maksudnya?!?), akhirnya gw menemukan tujuh (7) alasan kenapa studi di Belanda bener-bener menjadi tiket untuk menuju komunitas global. Hmm, mungkin rada maksa sih (tapi gak apa-apa kalee), mungkin juga akal sehat kalian gak menerima, atau mungkin kemampuan otak kalian terbatas (yah, klo dah gitu mah udah susah), ato klo emang gak sesuai dengan alasan yang ada di dalam benak kepala kalian, itu juga gak masalah koq. Oke deh, gak perlu berpanjang lebar pren, inilah dia tujuh (7) alasan versi gw :

100_2715
1. Belajar. Ada yang tahu siapakah guru terbaik? Bu Muslimah dengan Laskar Pelangi-nyakah?  MrKobayasi yang menjadi gurunya Totto Chan-kah? Annie Sullivan gurunya Hellen Keller-kah?  Atau  Alm. Ust. Rahmat Abdullah yang merupakan Sang Murabbi (guru) bagi gerakan tarbiyah di  Indonesia? Yah, jawabannya terserah kalian, tapi kalian mungkin pernah dengar klo pengalaman  adalah guru yang terbaik bukan? Nah, belajar dari pengalaman, inilah alasan pertama kenapa  akhirnya studi di Belanda merupakan tiket untuk menuju komunitas global. Yah, walaupun rada maksa, tapi inilah alasan utamanya, kenapa akhirnya harus Belanda, yah karena hadiahnya itu ke Belanda. Hmm, klo hadiahnya ke Jepang, mungkin Jepang akan menjadi tiket untuk menuju komunitas global, atau klo Amerika, Perancis atau apalah. Yah, sekali lagi, karena hadiahnya adalah summer course ke Belanda, maka kali ini Belanda-lah yang menjadi tiketnya. Ada yang gak sepakat?

100_0055
2. Ekonomi. Nah lho, kenapa lagi   ekonomi yang dijadikan alasan.   Hmm, jadi kalian tahu kan klo mau   pergi Belanda jelas butuh uang   yang tidak sedikit. Hmm, belum   lagi di tengah krisis global yang   tengah melanda dunia. Nah,   kebetulan kedua, kenapa akhirnya   Belanda bener-bener menjadi   tiket untuk menuju komunitas   global adalah karena ini semua   free. Yups, ini semua adalah   hadiah dari kompetiblog yang   baik hati lagi tidak sombong. Yah,   klo pun bayar, paling buat ngurus   paspor dan visa aja. Hmm, dan   yang pasti, bagi mahasiswa rantau   yang amat sangat tergantung pada   beasiswa OT (orangtua),   kesempatan ini jelas-jelas   menguntungkan secara ekonomi, modal sedikit, untungnya buanyakk bener!!! Selamat mencoba!!!!

img_1070
3. Liga Champion Eropa. Wah, klo yang ini lebih gak penting lagi sebenarnya. Maksa dan gak   nyambung. Tapi bagi elu-elu pada yang merasa laki-laki, tentu amat sangat ganjil klo gak doyan   bola. Nah, klo kita udah ngomongin bola, tentu kita tidak lupa untuk ngomongin Eropa sebagai   benua asalnya (katanya sih begitu). Dan klo udah ngomongin sepakbola eropa, tentunya gak seru  klo gak ngomongin Liga Champion. Nah, kali ini Belanda bener-bener menjadi tiket bagi kita untuk menuju komunitas global itu, atau lebih tepatnya komunitas global yang gibol. Ah, total football khas team oranye Belanda, Ajax Amsterdam, Feyenord, PSV dan sekarang AZ, I miss you so much..

pic_0011
4. Aditya eh Raditya Dika, Ndoro Kangkung dan Enda Nasution. Hmm, terutama si Kambing Jantan yang udah menginspirasi orang banyak dengan diary-nya yang kayak begitu doang tapi   bisa jadi buku, best seller lagi, keluar negeri juga pula, bahkan sampe dibuat filmnya. Bener deh,   gw salut ama nih orang, gokil tapi cerdas!!! Yah, karena dia menjadi salah satu Dewan Juri-nya,   maka-nya gw berani ikut nih kompetiblog. Terus tentang Ndoro Kangkung dan Enda Nasution,   waduh, gw gak kenal ama dua orang ini. Hmm, tapi menurut analisa gw, klo Ndoro Kangkung adalah seseorang yang sangat expert di dunia blog-nge-blog, sedang Enda Nasution menurut gw adalah orang yang pernah studi di Belanda. Nah, jadi kombinasi antara ketiga orang inilah yang bener-bener menjadikan studi di Belanda sebagai tiket menuju komunitas global itu. Caiyo buat dewan juri!! Semangat!!!

copy-of-p4140031
5. N-G-I-M-P-I. Ngimpi. Yaps, ngimpi. Hmm, kalian tau kekuatan   mimpi kan? Seperti dulu si Ikal pernah bermimpi untuk kuliah di   Sorbone, seperti dulu Edison pernah bermimpi menciptakan bohlam, seperti gw yang pengen banget keluar negeri. Ah, gw percaya klo   semuanya itu berawal dari mimpi. Nah, klo mimpi aja udah gak   berani yah susah bener jadinya. Ke laut aje deh klo begono. Ato lari   ke hutan, terus ke pantai. Pecahkan saja gelasnya biar gaduh. Lho- Lho-Lho. Oke, back to topic, dan kenapa akhirnya Belanda akhirnya menjadi tiket menuju komunitas global, aduh sekali lagi gw terpaksa   menjawab yah karena ngimpi ini. Yah, sory banget deh klo semakin   ngasal dan menjadi-jadi. Maafkan saya teman, hehehe.

100_2454
6. Dan gw udah bingung nih mau ngarang apalagi. Ngarang lima   alasan kenapa akhirnya studi di Belanda menjadi tiket menuju   komunitas global aja udah ngebuat kepala gw tambah pening dan   pusing. Yah, kan gw udah bilang di awal, mohon maaf klo rada   maksa dan ngasal, just for fun koq. Yah, iseng-iseng berhadiahlah.   Siapa tau tulisan ini yang nantinya mengantarkan gw ke Utrech?   Bukankah hidup adalah sebuah pilihan, and you’ll never  know ‘till   you’ve tried.

100_2316
7. Akhirnya, gw akan menjawab   dengan serius kenapa akhirnya   Belanda bener-bener menjadi  tiket   untuk menuju komunitas  global. Pertama, Belanda ada di  Eropa, dan Eropa sekarang bener-  bener telah menjadi satu (uni  eropa), dan pusat uni eropa juga  ada di Belgia, tetangga terdekat  Belanda. Udah gitu peradaban  dunia juga lagi berkembang pesat   di Eropa sana. Nah, dengan studi   di  Belanda ini, maka kita juga   dapat belajar tentang eropa, dan   ketika kita belajar tentang eropa,   tentunya kita juga akan belajar   tentang dunia, terus klo kita  belajar  tentang dunia, itu sama  artinya kita belajar dengan  komunitas global tanpa batas.  Kedua, Belanda adalah gudangnya sejarah bangsa Indonesia. Nah, dengan belajar di Belanda, kita nanti akan dapat belajar kenapa akhirnya tuh Belanda bisa menjajah Indonesia selama 350 tahun, kenapa juga Belanda jarang banjir (padahal tuh negara kondisinya sama kayak di Jakarta), kenapa juga hukum di Indonesia masih make hukum dari Belanda, kenapa juga banyak budaya Indonesia yang justru terawat apik dan terjaga disana, dan masih banyak hal lainnya. Nah, dengan kita belajar di Belanda, itu sama saja artinya dengan kita belajar tentang Indonesia tercinta juga sejarah banyak hal di dunia, nah, pelajaran itulah yang sama nilainya dengan sebuah tiket untuk belajar tentang segala hal di dunia, utamanya masyarakat global.

Yah, begitulah, mengerikan memang. Oya, ada yang tahu kenapa akhirnya harus tujuh? Klo bisa nebak dan bener, gw kasih hadiah deh, studi di jogja, mau-mau-mau?

Jogja, 13 April 2009

*foto-foto berasal dari koleksi pribadi ^_^

76 thoughts on “Tujuh (7) Alasan Kenapa Studi di Belanda Menjadi Tiket Menuju Komunitas Global?

  1. bagus ji.
    gw (;-).. baru kali ini nulis pake gw, berasa jakarta banget) juga pengen ke belanda. computer science nya disana kan bagus.
    tapi katanya di amsterdam kan ganja legal walau cuma sedikit, trus ada satu lokasi disana yang wts2 nya dipajang di etalase luar toko kayak akuarium gitu, karena prostitution disana legal. ngeri juga…
    walaupun gw yakin iman lo kuat, mending lo nikah dulu sebelum kesana… ;-)

  2. hmm, gw sepakat sama usul lo..

    tapi itu juga klo gw menang dan dapet kesempatan summercourse di utrech ini..

    doakan saya teman!

  3. belanda..?
    gw (sok latah..), sering dapet inspirasi dari impian temen. sejak smp, sma juga, kuliah ni pun juga bgtu…
    jadi semoga ini yang berikutnya…

    betul kata hanief tu nji,,,hehe

  4. hohoho..

    blog yg jujur nih Pan. gw suka gaya lo! :D

    menanggapi ttg belanda, dengan belajar ke negara yg pernah ngejajah qt (dan mungkin jg melestarikan beberapa budaya qt disana), qt bsa lebih mendapatkan perspektif baru dari dunia itu sndiri..

    go for it pan!

  5. Omoshiroi ^^! Saya sangat setuju dengan alasan Belajar di Belanda. Pertama, karena di sana teknik DAM en pengelolaan banjir OK. Perlu ditiru en diterapin di Indonesia, especially daerah Jakarta Utara dan Semarang.
    Kedua, memang sejarah Indonesia tak dapat lepas dari Belanda. Kalau dipikir2 kemajuan Belanda sekarang, sebagian besar karena “jasa” Indonesia.
    Ketiga, untuk memperdalam studi tentang budaya Jawa, saya dengar justru harus ke Belanda. Karena kebanyakan naskah kuno dan sejarah jawa ada di sana.
    Keempat, karena itu Belanda dan Belanda adalah anggota EU, so klo bisa ke sana bisa skalian backpackers keliling Eropa ^o^

    Kelima sebagai yang terakhir , sepertinya saya kenal salah satu orang di foto tulisan ini. Mahasiswa Hi 2004 asal Depok. he…he…(gak nyambung ki ^^”)

    Doko demo benkyoshitai, itsumo ganbatte kudasai ne ^__^!

    • @ cq
      arigato gozaimasu..
      hmm, doakan sy teman dan salam buat teman ant itu n_n

      @rocky
      ah, belanda emang luar biasa dah.. bisa-bisanya dia ngejajah bangsa kita sampe 350 tahun lamanya..
      ckckc…
      semoga sy bisa kesana dan belajar rahasianya n_n

  6. hmnnn, belanda negara ultra-global, bener2 bebas. setiap orang punya keyakinan dan tujuan hidup sendiri2, take it or leave it!!orang2nya egois, yaudah hidup gw, yg penting gw g ngerugiin orang lain.hehe

    sejarah. sebuah negara tidak bisa eksis tanpa sejarah, belajar gimana caranya menghargai, kebudayaan, peninggalan2, kultur, dan cara menjaganya,,,banyak harta2 kita yang sungguh sangat berharga malah yang ngerawat orang belanda..

    ya meskipun kmu bukan orang perencanaan kota, belajar juga belanda negara yang lahanya sangat terbatas bisa menyediakan kebutuhan bagi orang2banyak..juga transportasi publiknya..harga bbm mahal banget ya udah g usah pake kendaraan pribadi, klo emang lom mampu, ya pake kendaraan umum aja, mending nuntut ketersediaan fasilitas, daripada ribut harga bbm kita gatau sistemnya

    nji2 sori ya klo ngasal, pagi2ni baru bangun, sebagian besar cuma dari pemikiranku yang masih serampangan,,banyak salah, klo ya kebetulan bener ya alhamdulillah..:P

  7. Assalamualaikum Akhi..

    Sebenarnya belajar sih bisa loe lakukan di mana aja dan kapan saja Nji.. Tapi kalo bisa ke Belanda kenapa enggak?? (^_^)

    Yaaah.. mo gak mau ya kita mengakui kalo negara2 di eropa (termaksud Belanda) kan emang negara2 maju juga di bidang pendidikan. Kalo loe emang jadi ke sana (gw doain biar dikasih kesempatan sama Allah SWT), yaa loe harus bener2 memanfaatkan kesempatan itu untuk menggali ilmu sedalam-dalamnya dan loe amalkan di negeri tercinta Indonesia. Jangan terus malah betah terus gak balik2 ke sini lagi yaa..:p

    kenapa alasannya 7?? karena elo tujuh bersodara kan?? satu alasan mewakili harapan dan impian 1 anak jadi 1.*sootoooy banget gw*

  8. ada tujuh karena biar kaya tujuh keajaiban dunia gt deh..gak ya..hwhahahhaa..
    kalo kata gw kenapa belanda..karena belanda itu di eropa, dan akses tranportasi keliling eropa itu gampang..jadi istilahnya sambil menyelam minum air deh..biar bisa sekalian backpacking europe..
    hwhhahahaha kalo itu sih gw..tapi kalo tempat gw prefer france, tapi kalo studi nya (studi2 sosial)gw prefer holland sih..soalnya idola gw dosen keren di kampus gw lagi s2 ke sana tuh..hwhahahhaha..lah malah gw curhat..

  9. indonesia emang perlu belajar dari belanda nich…gmana ga?lha wong di sana tanahnya lebih tinggi dari laut aja kagak pernah banjir ee… di sini yg lebih tinggi dari laut banjir mulu…

    di sana yg angin kagak seberapa aja bs buat ngebangkitin generator listrik… eee disini yg airnya berlimpah aja srg kekurangan listrik

    heheheh

    nji, ntar kalo dah nyampe sana jgn lupa ma niat awal ya….(belajar)…
    jgn cuman poto2 heheheh trus dimasukin blog

    gudluck aja dech,jgn lupa oleh2 kalo beneran nyampe sana ^_^

    • @ dennis
      kayaknya ant salah ketik deh..
      semoga gak lupa foto-foto (lho)

      @ hendra
      matur nuwun nasehatnya…
      semoga tetep inget sama indonesia tercinta n_n

      @astari
      hehehe.. salam deh buat dosennya n_n

      @sinang
      hehehe, klo pagi otak lu masih jernih ya n_n
      biasakan bangun pagi yo. . .

      @ageetop
      yah, begitulah, mengerikan memang…
      klo begitu, saya di depan kalian deh (lho)

      @dityamada
      yups. belande. gw lagi pdkt nih ame holland n_n

  10. salam Nji..

    pertama gw seneng lu punya impian kuliah d luar negeri..dari 7 alesan yg lu bwt itu,,kyknya kurang objektif tuk dbwt sbagai pertimbangan..harusnya lu cantumin juga hal2 yg mnurut lu bakal menghambat lu kuliah dsna..y sbagai bahan pertimbangan aja sih..biar bisa d nilai dari 2 sisi..
    contoh :apakah lu udah siap dgn gaya hidup dsna?hal2 yg ilegal dsni,dilegalkan dsna..
    ^
    ^
    ^
    ^ngemeng apa y gw…hahaha

    gw malah pengen k italy..^_^v

    wassalam…

  11. Oya, ada yang tahu kenapa akhirnya harus tujuh? Klo bisa nebak dan bener, gw kasih hadiah deh, studi di jogja, mau-mau-mau?-panji-
    Saya mau nebak, deh…
    ga dapet hadiah juga nggak apa…
    Terinspirasi dari The Seven Magnificent (kalo ga salah spelling) nya Fajar??
    Piss….

  12. Jujur… gw selalu kagum dengan impian-impian lo.. saatnya realitakan semua impian itu ji, terutama peluang untuk ke belanda ini. bener kata hanief, akan banyak kemaksiatan disana so perlu hati2.
    dan terkait sepakbola, setahu gw, kayanya eropa bukan penemu olahraga ini dech. atw gw yang salah? klo mo nonton ajax, dll, lo kudu siapin duit coz setahu gw klo dirupiahin, harga tiketnya dimulai dari ratusan ribu pe jutaan rupiah!
    mending buat infaq ji ^_^

  13. semoga lo bner2 nyampe sana ji…
    gw mah gak muluk2,,nitip kostum asli arjen robben aja..wkwkwk
    bner ji,,lo blajar sejarah belanda = belajar sejarah indonesia,,coba aja lo searching “belanda” di google pasti bnyk muncul juga ttg hindia (Indonesia)..
    trus jgn lupa lo mengamati ttg tata air kota-nya,,kok bisa gak banjir disana?padahal daerahnya kebanyakan < 1 meter dpl..ntar klo lo dah pinter,,lo langsung ngelamar jadi gubernur jakarta gantiin fauzi bowo..trus lo atasin deh banjir di jkt..biar rumah gw gak banjir mulu.
    VOTE PANJI 4 NEXT GOVERNOR OF JAKARTA!!!

    • @aldinkambink
      amin…
      hmm, jadi gubernur di Jakarta?
      mungkin 10-15 tahun lagi kali yah n_n

      @rezki
      jujur, gw juga salut sama lu dan kalian semua…
      yah, doakan gw kawan! saatnya merealisasikan semua impian..

      @gamu
      hehehe..
      like para pejuang benteng takeshi says..
      “doakan saya kawan!”

      @Distya1
      hmm, jawaban ant salah bos..
      coba lagi yah!
      ant masih punya 3 pilihan bantuan koq..
      hehe8x

      @tama_siregar
      salam juga tem!
      koq gak ada yg kedua n ketiganya sih..
      oke deh, matur nuwun masukannya
      hmm, itali.. boleh juga tuh (viva milanisti n_n)

  14. ok2 pendapat yang bagoes

    belanda mang perlu kita masukin buat pelajaran Indo…
    karena belanda amt2 menjaga identitas dirinya…
    Indo juga perlu belajar nich biar gak makin ilang indentity-nya….

    Good Luck

  15. Stlh dipokso2… Baiklah, Ji, ta’leave comment nih…

    Sy sih tetep menyarankan alasannya jd 8 aja (tetep! msh demam pemilu). Sebenarnya sy ga terlalu silau sm negeri yg pernah menjajah kita 3,5 abad terlepas byk hal keren di sana. Sy malah lbh penasaran sm kompetiblog-ya itu sndiri. ‘Ala kullihal, stdknya peluang besar buka akses pergaulan n link yg lbh luas.

    Sukses aja deh. Kalo jd menang, jgn lupa titipan sy di bln Juli ^_^v

  16. @judith
    hmm, saran sy..
    ant ikutan aja…
    like Sherina said,”Lihat, segalanya, lebih dekat…”

    @umar
    suryaden siapa yah?
    Yah, tetap semangat dan pantang menyerah!!!
    Allahu Akbar..

    @vera
    yups, I’m proud to be Indonesian..
    but I want to in Belanda now..
    so…

  17. ne nji gue comment hahaha, buat para juri tolong anak ini jangan diluluskan, karena
    1. akan bikin peserta summer bingung, tiap matahari terbit, tengah hari,senja dan malem pasti sibuk sendiri ngadep kiblat dan orang orang belanda akan teriaa..”Osama…Osama !!”
    2. di tasnya pasti ditemukan buku yang bisa menggemparkan uni eropa..menampar mereka dengan memory abad pertengahan dan mengingatkan mereka dengan shalahuddin, idih ne orang kmana-mana bawa al qur’an
    3. ne orang terlalu kreatif, ga bisa lepas dari pulpen, kertas, laptop, daun papyrus, arang kelapa pokoknya tiada hari tanpa nulis, jadi mau summer atau kaga, dia akan sibuk sendiri nulis, nulis bengong nulis bengong
    4. dia terlalu ganteng dari gue !!

    jadi buat para dewan juri terhormat, kaga usa diberangkatkan ne anak, kcuali gue ikut hahaha. awas lo nji pergi lama-lama

    • @muftisany
      hmm…
      parah banget lu ‘Fidh!!!
      bukan disupport temennya…
      hiks8x..

      @niefha
      Hmm, skripsi insy udah beres koq n_n
      tinggal sy mau pendadaran kapan…
      oya, ni lomba berlansung ampe 30 april besok…
      oke, doakan sy teman (semoga tetep istiqomah)

      @eko
      gw apa ane nih ‘Ko??
      wkwkw…
      agak janggal ngedenger orang jawa ngomong gw-elu
      tapi yah, mungkin karena ant anak kehutananan kali ya n_n

      @arman
      belanda liganya emang gak begitu bagus, tapi klo pemainnya..
      lu tau total football, trio belanda yg maen di milan, generasi emas ajax, dll
      beeu.. ilmunya luar biasa boi, mungkin juga ilmu ikannya mbah-mu
      wkwkwwkw…

  18. baiklah. Baru baca tulisan antum yang ini. Cukup menginspirasi. Selesein skripsinya dulu Ji. Emangnya kapan sih lomba itu berlangsung? [baku amat bahasanya]..

    Dakwah di luar negeri ya Ji? Tak bantu doa deh.

  19. yah, liga Belanda jelek ..
    tp km hrs bs rebut kembali ilmu2 nenek moyang kita yg banyak tersimpan disana … apalagi km blajar perikanan. Wah jangan2 ilmu ikannya mbahku jg dicuri wong Londo.

  20. belanda adalah negara yang mengaku paling menjunjung HAM. aneh memang bilang begitu tapi pernah menjajah negara lain sampai 350 tahun.
    di belanda segala sesuatu yang humanistik dijunjung tinggi. mulai dari perkawinan beda agama, sampai perkawinan sesama jenis mendapat perlakuan yang baik di sini. oleh sebab itu banyak pasangan Gay dan amal gamasi yang menikah di sini.
    masalah agama juga, semua agama boleh berkembang di sini. sayangnya itu tidak berlaku untuk Islam banyak Imam – imam Masjid yang diculik.masjid – masjid digusur atau dirampas izinnya.
    banyak alasan mengapa orang mein ke Belanda. belajar teknologi, secara belanda adalah arsitek terbaik di bidang bangunan air example: bendungan. Untuk masalah seni belanda juga tidak kalah Vincent Van Gogh salah satu kata kuncinya.
    bunga Tulip, bunga yang sebenarnya berasal dari Turky ini juga cukup menarik wisatawan melalui festival Tulipnya.
    apalagi ya??? oh ada lagi itu yang di Rotterdame. lapangan rumput yang luas banget… sayang saya lupa namanya.

  21. Hidup bukan hanya sebuah pilihan Nji…Tapi juga sebuah perbuatan…Ha ha ha….Kenapa meski ke Belanda????saya setuju…selain disana pusat komunitas Global….Belanda banyak menyimpan sejarah tentang Negeri Indonesia Tercinta ini….

    • @Benggot S.Pi
      kenapa mesti ke Belanda? yah, karena hadiahnya itu ke Belanda…
      doakan sy bos, biar bisa belajar banyak hal disana (tapi doain aye menang dulu yee…)

      @mahfita dwiyanti rahayuningtyas
      waduh, saya juga gak tau namanya apa tuh lapangan…
      yah, semoga sy bisa menangin nih kompetiblog and belajar banyak hal disana..
      amin

  22. @semangatjuang
    yups, like Anis Matta says, “Menang, Menang dan Menang!”
    trus ttg blog ant, ntar tak kasih alamat blog mereka deh…

    @banditkesiangan
    hahaha, antara gw ato elu yg berangkat, koq gw lebih prefer diri gw sendiri yah n_n
    oke deh, gw terima alasan kedelapan lu..

    @nia
    amiiinnn..
    wah, semoga doa ant dikabulkan Allah deh.
    amiinn…

  23. setuju sama pendapat bahwa Belanda punya reputasi baik untuk lanjut sekolah.. nilai plus karena kita orang Indonesia dan Indonesia-Belanda punya hubungan yg relatif dekat dibanding negara eropa lain.

    Kesimpulannya,, saya sangat mendukung anda. CURI SAJA ILMU MEREKA! Emangnya enak, dijajah selama 350 tahun??? XPP
    apalagi kalo anda ke sana kan jadi ada kemungkinan saya dapet oleh2 dari si negeri kincir angin!!! X))

    Sukses ya!! 14 2004 kan?! *tetep*

    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~
    Question Time!
    Kenapa fotonya si Bowo harus segede itu si Ji???
    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~
    Nebak Time!
    Kayaknya kenapa alasannya harus 7, soalnya langit ada tujuh lapis! ya kan?? kalo bukan juga gakpapa B]
    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~

    Regards,
    grEEny

    PS: maaf ya Ji, kalo agak2 aneh n gak jelas… asli lagi gak mood ni sebenernya..

  24. jangan pernah meremehkan mimpi walau itu hanya lintasan pikiran yg serasa sulit terwujud.

    Bisa ke Eropa tentunya menyenangkan. Krn bisa pergi jg ke negara2 tetangganya. Banyak yg bisa ditulis, dijepret, dan yg jelas diambil hikmahnya. klo dari perspektif HI sih gimana kita menjadi seorang diplomat budaya di negara orang. Biar orang tahu bahwa muslim itu orangnya baik2, menyenangkan, taat2, ga suka minum (jd inget nasihat rahasia kemenangan). Bahkan siapa tahu ada yg dpt hidayah lewat keberadaan kita di sana.

    Harus hati2 sama hal2 haram di sana. temenku yg di belanda pernah dibuat teler hanya krn makan coklat (coz usut punya usut ada wine-nya). Gitu deh namanya hidup di luar. Tapi bakal jadi warna hidup yg menyenangkan.

    Belanda dan Jepang sama2 penjajah. Tapi ga tahu kenapa saya lebih sulit memaafkan Belanda daripada Jepang. Tapi negara apapun namanya, memang lbh baik kita ga cuma dekem di satu kotak bernama Indonesia.

    semoga sukses, Ji!
    Percayalah pada mimpi. dan yakin sj kalau doa kita pasti dikabulkan.

  25. Belanda, Negeri kincir angin,negeri keju…..Sberapa inginah kau untuk pergi kesana? sebagai teman aku selalu mendukung agar Panji Arohman bisa terbang ke negeri Belanda…..
    Kelak jika kau benar2 bisa sampai kesna tuntut lah ilmau, meskipun hanya sebentar yang penting sepulang dari Belanda kamu harus bisa mendapatkan lebbih dari pada yang sebelumnya…and yang paling penting jangan lupa oleh2 nya..He he he….

  26. ha! *abis bc komen juchan n komen2 lain: ternyata nte bnr2 menerapkan prinsip komen rodi ya! *maksa org2 u komen*

    hix saya turut berbelasungkawa atas kemenderitaan blog sodara yg terpaksa harus dipasangi foto oknum 14 2004 tsb. semoga amal baikny diterima d sisi ALLAH SWT.

    *moodnya blm pulang =_____=#

    Regards

  27. yup moga-moga berhasil

    kalau dirimu ke belanda aku akan ke antartika buat nanem padi dan bikin kolam ikan

    hahahahahaa…………..

    sukses broo

    • @memeYY
      sukses juga dengan antartika-nya bro
      wkwkwk…

      @mosyi
      ya allah, aye gak pernah maksa koq (tapi klo kesan yg ant tangkep beda, yah,…)
      oknum 14-2004.. ckckc… semoga amal ibadahnya mereka diterima Allah SWT..
      *MOOD!!! dicariin si mosyi tuh….

      @Dian Kusuma Dewi S.Pi
      wah, aye pengen banget dab kesana..
      insyaallah ilmunya pasti nambah, yah, minimal tak transfer via blog deh emailnya..
      trus klo oleh2x.. insyaallah bos!!

  28. panji… telah berhasil memaksa saya buat ikutan komentar.
    BELANDA… do’a saya, semoga Allah memberikan yang terbaik untuk antum.
    kalaulah BELANDA itu yang terbaik… yakin, ALLAH pasti akan memberikannya untuk antum.
    tetap semangat dan ikhtiarkan impian antum…
    kenapa tujuh?
    karena kalo delapan, ntar pada dicontreng temen2 antum… ^_^

  29. Kalo udah di Belanda, salam buat Huntelar ya. Bilangin dapet salam dari temennya maen kelereng dulu. Hehe. God Bless You

    • @just hendri
      insyaallah bang! tapi kan huntelar skrg udah di madrid
      salam juga deh just alvin
      God Bless You too

      @arfianramadhan
      yah, lu maks posting tgl 30 bro
      oke, keep futsal bro!!!

      @Agus AS
      aduh, aye gak tau artinya nih..
      meneketehe….

  30. wah ji… kalo ada lomba blog lagi kasi tau gw ya… anywey postingan yang keren lah pokoknya… walaupun gaya bahasa lu ga gw bgt sih… hahaha

  31. @anjar
    wah, sory boi, lama tak bersua..
    sekali bersua, gw lagi ikut lomba dengan bahasa yg gw banget..
    hahaha, nice comments..

  32. Belanda…Jadi inget novel afifah afra De winst…Oya, klo luw sampe jadi kesana, jangan lupa ngecek bendungannya, jangan sampe kya di situ gintung. Kan kita tau sendiri, Belanda klo tanggulnya jebol, habislah negara tersebut..Tulisan yang bagus…Alami,enak dibaca,mudah dicerna..Okey deh guys, sukses jadi penulis hebat di masa mendatang..

    • @fathi
      saran gw, cb baca Tembang Ilalang, mirip2 ama De Winst tuh..
      hmm, matur nuwun nasehat dan smuanya
      *kayaknya pernikahan dini memang membuat orang jadi bijaksana ya n_n

  33. reaksi pertama baca:
    “hah?belanda?”

    ekspresi:
    sebel…artinya iri..
    hahahaha

    sebenernya buat aq nggak masalah belanda, yang penting luar negeri.
    hohohohoho

    iri..iri..iri…

    sya mank nggak kenal banget ma antum pak.

    tapi sukses ya..

    beberapa tahun kedepan saya pasti ke jepang
    eh,,atau eropa ja ya?tapi jepang juga bagus…tapi..tapi..tapi..
    HALAH

  34. sbnrnnya dah lm th tlsn ni, tp krna blm dong kompetiblog ash g mau coment, yup tp skrg dah dong..trus psan antum diblog ash, baru sekali coment eh cm dishoutbox lg…egois bgt.he..
    baiklah dr skrg siapin diri tuk bljar bhs belanda biar th dikitlah, inggrisnya difasihin jg..trus klo ikut lomba psn pa yusuf kmrn jgn mikirin menang kalah tpi yg pntg dah mengeluarin yg terbaik ide yg ad dipikiran…biar g kecewa bgt…tetp cool,callm and confident yaks..
    ok postinganya alami bgt ..keren dehh….mg Allah berikan yg terbaik

  35. wah… kok jadi teringat Raden Mas Rangga Puruhita Suryanegara ya…

    nanti ke sananya antum naik kapal barang berminggu2, seorang inlander yang menuntut ilmu selama delapan tahun?

    pesennya : setelah lulus pulang ke tanah air tanpa kehilangan nasionalisme seorang indische ya! pas pulang ketemu ma Everdine Kareen Spinoza walaupun antum udah dijodohkan dari kecil ma Raden Ajeng Sekar Pembayun… dst hahaha…

    walah kok malah jadi resensi novel…

    kapan berangkat??
    pulangnya jangan lupa bawa pulang lagi harta benda bangsa indonesia yang dulu mereka ambil… paling enggak, ilmunya…

  36. ikutan wes,
    tapi saya blum baca smua tuh,nji……

    secara…sibuk (hihihi)

    tapi alasan 1 n 2 maksa banget tuh…
    gpp wes,daripada ga punya alasan

    so,kalo jadi ke belanda…

    ditunggu oleh-olehnya
    hwehhheeehhhee

  37. jiah…….
    si panji mo ke belanda

    seep…..
    bol jug tuh
    ditunggu oleh-olehnya ya (dengan kata laen: smoga menang)

    sbenernya mo comment isi blognya,tapi blum dibaca smua, tapi 2 alasan pertama maksa tuh…

    ok,ditunggu rowai-nya, bos

  38. panji mau ke Belanda yach??
    ckckck…kapan??
    tar klo uda disana kasih kabar yha?
    hehe..
    btw, ikut program apa?
    beasiswakah??
    sukses yha..!!
    wiSh..Alloh giVe d’best 4 u..

  39. @nyang baca
    setelah berpikir panjang (sy kira siapa eh ternyata si Je)
    doakan sy bos, sy masih berjuang nih..
    dan klo ke Jepang, sebenarnya itu impian utama saya
    so, lets try and pray!!!

    @wiwidia
    hmm, kayaknya ini belum yg terbaik sih..
    oya, soale klo mo comment di blog ant kudu log in dulu sih…
    jadi malay, bukan egois n_n

    @yulifia
    de winst banget sih…
    klo sy menang, baru saya berangkat..
    so, doakan sy menang yah n_n

    @lidya
    yups, welcome back..
    bloger and backpacker
    salam kenal juga n_n

    @ticka-ticka
    doakan sy teman..
    gak apa-apa lima tahun (asal ke belanda menimba ilmu n_n)
    salam buat orang-orang depok ya . . .

    @alba
    tetap semangat juga ‘Ba!!
    ayo fastabiqul khairat…

    @muuj
    waduh, sy tuh belum tentu dapet bos..
    doakan sy makanya..
    caiyo!!!!

  40. Ngapain ke Belanda…
    Pertanian itu bagusnya di Spanyol. Spanyol terkenal dengan teknologi2 pertaniannya. Kalo tentang Piala Eropa, jalan-jalan,ekonomi… sama aja di semua negara Eropa Union (EU) karena semua satu visa “schengen”. Beberapa negara seperti Inggris, dan Rusia ndak bisa masuk karena ndak masuk EU.
    Ada satu lagi tambahan… ke Eropa, kita bisa tahu karakter masing2 negara. Tidak semua orang Eropa rajin,bersih,high tech, dll ada juga yang sebaliknya.
    Yang paling enak negara Eropa itu sebenarnya Swedia… bukan karena ane sekarang disana lho…
    Alasannya:
    – Pendidikan gratis untuk S1 dan S2. Kalo S3 malah digaji
    – Terkenal disiplin tinggi, terutama masalah waktu
    – Tidak rasis, dan menerima budaya luar.
    – Bersahabat dan santun…ane ngerasakan lebih sering menyapa dan senyum
    – Hampir semua Swedia bisa bahasa Inggris walau bahasa nasionalnya Svenska..

    ada lagi.. so beautifull…

    • @laskar hijau
      hmm, sebenarnya sy paling pengen tuh ke jepang pak..
      tapi yah berhubung ini lomba dan hadiahnya ke belanda..
      yah, kali ini sy bakal berusaha untuk bisa terbang ke netherland sana..
      doakan sy pak n_n

  41. bismillah..

    okelah ji,
    apapun kejaannya,
    dimanapun kerjaannya,
    sama siapapun nanti kita berkelana,
    pastikan 1 tujuan yang jelas,

    meski mimpi itu ada, namun semua itu tak akan terjadi, jika kita tidak bergerak.

    yah! fokus dan terus berbuat kebaikan.

    Full of ikhtiar, dan do’a.
    maka alam dan seisinya akan membantumu meraih mimpi-mimpi mu..

    kita sama-sama saling mendo’akan lah ya!, semoga Allah memberikan tempat yang terbaik untuk kita semua,
    kalo pesan Bokap saya nih, do’a minta tempat yang terbaik :
    “Robbi anjirnii mundzalam mubaarokan..” (QS. 23:29)

    Barokallahufik!

    alhamdulillah..

  42. wuihhh….. sudah lima langkah lebih maju nih dari pada aku..hehehe…

    yang tetap disini, danmungkin akan terus disini…

    tetep semangat ja kawan..
    dimanapun tempat menuntut ilmu, tidak masalah jika kita benar2 memberikan kemampuan kita untuk itu…

    seperti pepatah bilang…
    hidup didunia itu membutuhkan ilmu, akhirat juga perlu ilmu… (kalo salah dibenerin yeee) hehehe..

    woookeee?//

  43. Saya lupa. Kykny blm pernah kasih comment di tulisan ini dah.
    Wah..commentnya banyak tuh Ji! Salut!

    Ke Belanda ya?
    Saya lebih tertarik ke Jepang [ambisi zaman SMA].. Yo, semoga diberikan kesempatan ke sana. Asal jangan lupa pamitan aja sama ‘kerjaan’ di yogya..

    Dibantu doa, Ji!

  44. panji nih…

    jadi bingung kan mo kasih komen apa.. hehehe
    pokoe kejar terus mimpimu.. blajar disana gimana caranya biar bisa jadi penjajah.. trus menjasah balik deh.. (ups, saran yang gak baik buat dilaksanakan nih)..

    yah, klo jadi kesana, ambil yg baik2nya aja, yg buruknya jangan dibawa balik ke tanah airmu yah..
    oce..oce?? ^^v

  45. @niefha
    second comment bos!
    hmm, klo boleh milih, sy juga masih terobsesi sama jepang, tapi karena hadiahnya ke belanda, why not?
    ditunggu doanya (lho?!?)

    @sumaryanto
    hmm, ke belande juga butuh ilmu, hehehe

    @isa
    ‘Sa, artinya apaan ntu..

    @dhani
    Gambatte!!!

  46. bismillah.
    semoga bukan keterpaksaan. he.
    komennya…
    yah, cukup maksa-lah 7 alasannya.
    ini sih kayak game “around the world” ya.

    yah, semoga impian antum ‘match’ dengan kehendak-Nya aja.

    ok deh, that’s all ya nji, ga bisa komen bnyk2. limited wktnya. *sok-sibuk mode on*
    assalamu’alaikum..

  47. Keren, spt kbykan orang yg gw kenal, going abroad for study. Still and all, gw sih prefer traveling dibanding study :P
    Orang2 kyk lo intinya ingin mbangun dasar intelektual untuk kebangkitan peradaban bangsa. So, jgn jadikan kesempatan ini sekedar alternatif pemenuhan keinginan lo ke Nippon..
    Wish u all d best! Kemenangan lo ke Belanda akan slalu lo rasakan sbg kemenangan manakala lo konsisten dgn tujuan asasi lo, yg lurus, yg berorientasi kebaikan bagi orang banyak.
    Bah! Gw serius bet ya, dah malem sih, bela2in ni ke warnet biar menang hadiah ke Yogya: BELANDA = 7 huruf kan Nji?? Dpt bocoran ^^ (guiltless: on)

    • @gw
      satu hal yg sy ingin tau..
      ini siapa yah? pake dirahasiain identitasya lagi..
      tapi terima kasih buat komentarnya n_n

      @twinklelittlestar
      bismillah.
      oke, basi banget kuisnya yah?
      yah, semoga kemenangan ini adalah yg terbaik buat sy
      *sok bijak mode-on*

Leave a Reply

