Ilham “WAHAB” Kusuma

Malam senin, selepas Shalat Isya di Al Iman, ternyata udah ada dua temen SMA gw di Mtop. Yups, merekalah Lepex dan Wahab. Lepex, dia anak TeKim 2004, baru wisuda kemaren Februari dan akhir Mei ini rencananya mau balik ke Jakarta. Wahab, wuah!!! Dia temen gw di 3 IPA 2, staf ahli gw di divisi PHBI Rohis 14, temen SMA gw yang pertama kali tau rumah gw dimana, dan kalian tau gak gimana caranya dia bisa tau? Hmm, intel banget deh pokoknya, karena ternyata dia berhasil membuntuti gw ampe rumah, tanpa gw sadari. Ckckck. Oya, sekarang dia lagi tugas di Provost Jogja (maklum, lulusan AU).

Nah, sengaja pula gw ceritain tentang orang yang satu ini karena emang gw dibuat terkejut dan terheran-heran. Gile!!! Militer abis ‘Pren! Siap komandan!! Badannya seterek abis (jadi gitu maksud gw). Tegap. Dan tentu aja disiplin. Nah, sengaja pula dia maen ke Mtop ama si Lepex karena emang mau nraktir kita. Hmm, dengan amat sangat berlapang dada, tentu aja gw bisa. Yah, karena si Lepex bingung mau makan dimana (Martabak Tugu, PH, haha2x), akhirnya kita pun makan di Andaluzzi aja, biar suasana reuni 14-nya kerasa, secara, yang punya warungnya kan Mba Mitha, anak 14 juga angkatan 2003. Dan insyaallah, si Reja Ikhwan juga bisa gabung. Barnard lagi ke Jakarta, karena Bang Rahman mau married tgl 20 Juni besok. Hasan gak bales. Dwiko lupa gw ajak. Yah, inilah reuni 14-2004 bersama si Ilham Surya Kusuma atau lebih akrab dipanggil Wahab.

Hehehe, nih orang sekarang lagi tugas di Jogja, setelah sebelumnya tugas di Solo. Nih orang juga sebenarnya sekolah di Akademi AU sejak 2004 silam, barengan ama kita-kita yang di UGM. Hmm, tapi karena sipil dan militer emang beda, jadi ketika anak-anak 2004 mulai merintis berdirinya Keluarga Alumni SMA 14 Jakarta Wilayah Jogja, si Wahab gak sekalipun sempat bersua, karena emang jadwal dia sekolah padet banget. Nah, baru sekarang deh akhirnya kita bersua dengan si Wahab. Yah, minus Bowo and Tio sih emang. Tapi gak masalah, karena mereka bakal selalu ada di hati kita, hehehe.

Nah, akhirnya kita berempat, gw, Lepex, Reja Ikhwan alias Muri dan tentu aja Wahab, berbincang banyak sekali. Nostalgia sambil menikmati European Taste di Andaluzzi. Yah, Mba Mitha hanya sesekali nimbrung karena emang kita beda angkatan, hehehe. Salut gw sama persahabatan bagai kepompong ini. Terkagum gw dengan ukhuwah khas Jogja ini. Gw gak yakin bakal merasakan suasana yang akrab kayak gini klo gw gak kuliah di Jogja. Gw gak yakin bakal jadi best pren ama Lepex, Bowo, Hasan, Bombay alias Barnard, Tio, Dwiko dan Wahab klo gw gak skul di sini. Ya Allah, kekalkanlah persaudaraan ini selamanya.

Belum lagi cerita si Wahab tentang kedislipinan. Tentang senggol tabok. Tentang militeristik. Yah, saat gw nanya, “Wah, berarti di sana lu kudu dislipin banget yah? Klo kita sipil kan nyantai tuh”

Dan jawaban dia sungguh subhanallah, “Lah, bukannya Muslim emang kudu disiplin. Shalat lima waktu. Subuh. Dzuhur. Dll. Lu gimana sih”

Hahaha, gw and Lepex pun tertawa lepas mendengar jawaban yang begitu spontan itu. Yah, Wahab ternyata masih hanif seperti yang gw kenal dulu. Subhanallah banget dah ah.

Dia juga sempat kaget saat kita kasih tau klo si Barnard udah nikah. Respon dia aneh, “Wah, berarti nakal banget yah si Barnard?”

Hahaha, kita pun kembali tertawa karena ternyata emang dia bener-bener terputus aksesnya selama tiga tahun sekolah di AU. Hehehe, belum tau dia klo si Barnard udah berubah jadi seorang ikhwan. Ah, Wahab-Wahab, lucu aja nih orang. Eh, siap komandan.

Terakhir yang akhirnya ngebuat kita bertiga makin tertawa lepas adalah saat dia nelpon seniornya. Dan jawabannya sangat singkat dan lugas. Ringkas dan selalu saja ditutup dengan kata-kata siap. Siap ‘Bang. Siap ‘Dan. Siap. Ternyata nelepon aja ada etikanya sendiri.

Subhanallah. Alhamdulillah. Allahu Akbar. Terima kasih Ya Allah atas hikmah singkat di malam ini. Sepertinya ini memang akan menjadi Sebuah Kisah Klasik, Untuk Masa Depan.

My Lovely Room, 17 Mei 2009
Persahabatan, bagai kepompong…

Advertisements

7 thoughts on “Ilham “WAHAB” Kusuma

  1. Ya deh ya deh, yang anak jogja
    iya, kita tau, anak depok atau anak bandung kagak segitu kompaknya perasaan.. :p
    iya deh, yg kompak, yang pamer di milis mulu.. (enggak iri kok, cuma sirik)

    btwee, ati2 tuh, pemakaian kata ikhwan di situ. emang si bung barnard jaman sma dulu belum ikhwan gitu?
    terus sekarang saya apa? udah bukan akhwat?

    peace ya, hhee

    regards,
    depoker

  2. oiya, lupa bilang,
    masalah 2 istilah “itu”, mungkin saya yang salah, tapi seingat saya pengertiannya gak sesempit itu deh..

    pisss lagi

    regards,
    masihdepokeryangtadi

  3. bismillah..

    sudah lama g baca blognya nak2 14, subhanallah semakin dewasa saja sahabat2 ku..

    dpok& bndng g se kompak jgj? engak kok masyi, kita kan tetep kompak, walaupun g di publish, kan kata rosul jg kita disuruh rendah hati:)

    jadi ikhwan?
    kalah tuh panji ma barnard, jadi ikhwannya di bandingkan temen saya, di 3SOS2 juga.., dia dari lahir udah jadi ikhwan,
    siapa ayo??
    yup!

    namanya M.R.Ikhwan :p

    nb: ikhwan/akhwat (bukannya hanya bahasa arab ya?)
    jadi tenang aja masyi.., g ada yang menjamin masuk syurga Allah yang dinamain begituan..

    (ayo!!sahabat! terus perbaiki diri,dan saling do’akan agar gak hanya di SMA 14 bareng2nya, tapi juga di syurgaNya bareng2 lagi:)

    Barokallahufikum!!

    alhamdulillah..

  4. @ahmed
    wahab 0856-407-27170
    insy tak send ke email ant..

    @aji
    hmm, pertemuan akbar yah?
    12 juni 2012 gimana?

    @twy
    hehehe, jadi inget lagu terbarunya vidi “status palsu”
    yah smga aja kita semua bener2 reunian di jannah-Nya kelak. amin.

    @mosyi
    yah, tergantung makna bahasanya bos..
    klo maknanya menyempit, kita mengenalnya dengan peyorasi, tapi klo meluas, saya lupa..
    oya, sy ada proyek nih buat ant. Jadi, rencananya 3 bulan setelah ini, wisuda, amanah dan program tahsin, sy mau bangen kos-kosan/apartemen gitu deh.
    So, kita butuh seorang arsitek nih.. piye?

  5. wah..wahab yang mana sih ji..??? dulu pas SMA panggilanya wahab juga? hee..gw gak kenal..kenalan dulu dunk..;p
    wah, pasti seneng bgt ketemu temen yang dah lama bgt gak ketemu yak…saya mengerti..

    wah, kalian makan di andaluzzi..gw ja blom pernah…wahaha..ngerampok mba mitha aja disana wkqkqkq..
    wah panji..gak ajak2…

    eh, tapi bener koq ji..gw juga suka ama hubungan ank2 14 jogja, wokee bgt gitu..wkqkqkq..narsis..!!
    gw ma ce2 juga suka sharing bareng, update profile, nostalgila, makan bareng hehehe…
    yah, mudah2an hubungan ini gak pernah putus..
    hoy, kapan kita kumpul2 lagi bareng..??? dah lama gak kumpul ji..!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s