Becoming Da’i it’s not easy, but it’s challenging ^_^

mengaji di surau Guyz, I want to tell you the story, the story of little da’i. Hehe, ah, tapi susah pake  bahasa Inggris ‘Jar. Qt pake bahasa Indonesia aja yah jadinya. Dan tentang cerita  ini, gw punya tiga cerita yang semuanya begitu berbeda dan begitu seru, tapi  benang merahnya tetap sama, nahnu du’at kulli qabla sya’i (kita adalah dai  sebelum menjadi yang lain-eh, tapi bener gak sih bahasa arabnya kayak gitu).

First story is from my MR
Cerita pertama dateng dari bos gw. Hmm, atau bahasa mudahnya adalah guru ngaji gw. Yups, istilahnya adalah murabbi, dan biar gaul, gw dan beberapa temen gw sepakat untuk menyingkatnya dengan MR atau kita lebih senang menyebutnya bos.

Dan kali ini bos gw kayaknya kecewa gitu deh ama gw. Pertama, gw itikafnya gak  serius, kedua, gw juga bayar zakatnya gak ikut keputusan syuro, ketiga, gw juga  mudik dan gak tau kapan mo balik ke jogja lagi. Yah, gak tau deh kenapa akhirnya gw kembali nakal. Dan akhirnya bos gw pun sms begini :

“Pesan sy, sprtinya ant hrs menelaah kembali materi syuratul istijabah”

Aduh, Panji-Panji, koq bisa loe ampe di-omel-in lagi. Yah, insy ntar tak cari pak materinya itu.

The second story is from my MTR
Nah, klo ini adalah balasan pesan yang gw terima dari para mutarabbi (MTR), atau bahasa mudahnya, binaan, atau mentee (biasanya aktivis dakwah sekolah senang dengan istilah ini). Yah, gw pun kudu pamit ama mereka tuk beberapa waktu lamanya. Dan balasan mereka adalah sebagai berikut :

“Waalaykumussalam.. slm jg bwt kluarga ms.. moga slamet smp 7an..” Itox

“Yo’i coy. maaf jg kl slma ni bny slh. tp kl utk i’tikaf blm tau deh” Elang

“W3, ati2 d jln y bro, diriku cm bs mndoaknmu spy slmt smpe 7an dn mnt maaf pdmu, ttap shat ttp smangad, jgn lp olh2-slm olhraga-” Arso

Yah, I’m proud to be your MR, but where’s the one. Iya nih ‘Jar, tinggal si Aam yang belum ngasih kabar, semoga beliau baik2 aja. Amin.

The third story is from my pren
“Asw. Ka Panji, mau minta tlg dcariin MR bwt tmn kkn sy. tp yg msh ta’lim, blm lq. Putra, ank sejarah 06. Slama ni blm prnah ngaji. Tp smpt ngobrol ma sy, pngn memperbaiki diri. Skrg sih preman bgt, msh ngrokok, shalat cm kl lg sdr, ngaji blm bs. Kira2 bs ga, kak?”

“As. Insy bs.. Tp klo gabung ma anak 2008 mau gak y? Klmpokny gaul jg koq n kayakny cocok bt tmn ant itu.. Trz tmn ant skrg mudik g? Bs mnt biodatany jg g? Jzk..”

“Wa’alaikmslm. Ntar sy tanyain dl mau ga ma 08. Emang yg 06 ga da ya? Skrg sih blm mudik. Biodatany sy ga pny. Emang bth data apa aja? Ntar sy ambilin dr data kkn deh”

“As. Hmm, 2006 jg bs sih.. Tp kudu tak cari dulu yg pas bt dia.. Trz klo sendirian mau gak dia.ny?”

“Maxudny sndirian?”

“As. Ta’limny seorang diri, kayak private gt.. Tp mending ant jelasin dulu aja LQ itu kayak gmana? Trz dia mo.ny kayak gmana? Biar ad titik temunya.. Piye? Ws”

“Hah? Ta’limnya sndirian? Mlh serem kali, kak. Ntar mlh dkira mendoktrin lg. Coba tak tanyain deh”

“As. Sy jg sempet mikir gt.. Tp yg paling cocok ama klmpk’08 yg sy pegang sbenarny.. Hmm, tp mending ant ngobrol lg dulu deh sm dia <namany siapa tah?>.. Ws”

Fuih, sebuah tantangan. Adakah yang bantu saya menjawabnya?

Ah, semoga jalan inilah yang kelak mengantarkan saya menuju Jannah-Nya. Amin.

Jakarta, 14 Ramadhan 1430 H
Klo bukan qt, siapa lagi ^_^

Leave a Reply

