Bang Nanggin

Teman, saya ingin bercerita tentang satu hal yang sudah sejak lama ingin sekali saya ceritakan kepada kalian. Sungguh, cerita yang benar-benar terjadi. Ah, harusnya kita bisa belajar dari sosok yang satu ini. Sosok yang menjadikan mata hatinya sebagai penutun langkahnya menuju kebaikan.

Teman, ini cerita tentang seorang buta di daerah rumah saya. Dulu waktu saya masih kecil, saya tidak begitu menyadarinya, saya tidak begitu mempedulikan kalau beliau buta. Yah, Nanggin nama panggilannya, ah, lebih sopannya Bang Nanggin, karena jelas beliau jauh lebih tua dari saya.

Dulu memang saya tidak begitu memperhatikannya. Tetapi selepas Isya tadi, saya kembali bersua dengannya. Saya kembali bertemu dengannya di Masjid, karena beliau memang terbiasa shalat berjamaah di Masjid. Padahal dia buta teman. Kedua matanya tiada mampu melihat. Tetapi mata hatinya, menjadi penunjuk jalannya. Tetapi Allah menuntunnya.

Astagfirullah, sedang saya, ah, sudah begitu banyak bermaksiat dengan kedua matanya. Sudah terlampau sering kufur dari nikmat pengelihatannya. Ya Allah, Engkau kembali menunjukkan keagungan-Mu melalui makhluk-Mu. Ya Allah, Bang Nanggin saja dengan segala keterbatasannya, senantiasa tuk shalat di Masjid, sedang saya, masih saja mood-mood-an.

Maka semoga kita bisa belajar dari Bang Nanggin, belajar untuk menjaga kedua mata kita. Belajar tuk shalat fardhu berjamaah di Masjid. Yah, maafkan saya teman, kalau banyak dari dari kalian yang saya tidak tahu yang mana orangnya. Ah, kalian terlampau shaleh untuk saya pandang, walau hanya sekilas. Cukuplah saya mengenal nama dan beberapa keterangan lainnya, karena saat ini, saya ingin sekali seperti Bang Nanggin yang mampu menjaga kedua matanya. Insyaallah.

Jakarta, 1 Oktober 2009
Saat Andalas diguncang gempa…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s