Life is Choice III

Yah, ternyata memilih itu ada seninya. Gak sembarangan teman! Tapi klo di dunia dakwah, kayaknya gak pernah ada pilihan deh, semuanya adalah kewajiban (eh, tapi gak juga deng). So, mending kita lanjutin aja edisi Life is Choice part III oke! Dan kali ini adalah pilihan ttg dunia kerja. Fuih, setingkat lebih berat dari milih mo kuliah dimana.

from marine and fishery to iBNI and then...

from marine and fishery to iBNI and then...

Oke, untuk mencari maisyah atau penghasilan, sebenarnya gw gak terlalu pilah-pilih. Sing penting mah halal dan thoyib aja. Apalagi klo udah lulus terus nganggur. Aduh, jangan sampe deh. Gw kan kudu bantu bonyok nyari nafkah, dan juga gw kudu ngasih contoh ke 5 adek gw, bahwa menganggur itu tidak baik. Maka pilihan pertama pekerjaan gw adalah PPS BRI. Yups, selagi nunggu wisuda, ternyata BRI buka lowongan semacam MT (Management Trainee), kali ini bercover Program Pengembangan Staff. Syaratnya gak berat2 amet, just CV and SKL minimal. Tapi ada tapinya nih. Hmm, bank konvensional kan sistemnya bunga tuh, sedang bunga adalah riba. Maka?

Yah, dan memang, ternyata Allah belum mengizinkan gw bekerja di BRI. Yups, baru di seleksi berkas gw langsung gugur. Pagi ngumpulin berkas secara langsung, maghrib pas pengumuman udah gak ada nama gw. Oke, itulah penolakan pertama. Dan yang kedua adalah dari Kalbe Farma apa Kimia Farma yah? Gw lupa. Tapi yang pasti kantornya di Bandung, dan ini emang closed recruitment. Mo tahu apa jobdescnya? Jobdescnya adalah Marketing plus Consultant dari produk pakan dan obat untuk lobster di daerah Indonesia timur, entah Bali, entah NTB.

Dan sekali lagi, inilah penolakan kedua. Hehehe, katanya sih karena belum bisa bawa mobil dan belum ekspert bgt tentang lobster n pren. Yah, klo menurut gw sih, belum rejeki aja kali. Tapi pengalaman wawancara ini sungguh luar biasa teman. Klo kemaren BRI hanya berhasil menyerahkan berkas, kali ini gw sempet diinterview. Thx buat Vebyan yang udah ngasih kesempatan ini, tapi kita belum jodoh teman. Maka mari kita beralih ke penolakan yang ketiga, dari Nestle.

Hmm, programnya masih MT. Tapi metode penolakannya yang berbeda. Yups, test awalnya sungguh amat sulit dan rumit. Presentasi singkat menggunakan bahasa inggris. Yah, jadilah beberapa menit itu gw nervous abis menjelaskan tentang kasus Ambalat. Sial, padahal kemaren gw baru aja nulis tentang kasus itu, tapi sayangnya berbahasa Indonesia. Ah, tapi gak masalah juga sih, karena sebenarnya hati kecil gw menolak Nestle, karena masalah yang cukup rumit juga sebenarnya. Hmm, sekali lagi, Allah memang tahu yang terbaik untuk hambanya.

Nah, baru deh di pilihan keempat ini gw berhasil. Masih saat menunggu wisuda pengumumannya. Ada lowongan tuk MT lagi nih company. Hanya daftar online, selesai deh. Yups, seleksinya pun pas gw wisuda. Ah, sungguh heroic teman (liat di blog gw yang laen deh). Dan pengumuman resmi setelah serangkaian tes panjang itu pun sungguh menggembirakan. November 2010. Yah, sekitar tiga bulan setelah wisuda, gw pun lolos program ODP BNI 46. Yups, Officer Development Program. Hmm, ijtihad gw waktu itu, insyaallah gw harus bisa ke BNI Syariahnya. Dan memang gak pake lama teman. Setelah kurang lebih empat bulan belajar di konvensional, tawaran hijrah itu pun muncul. Bismillah, gak pake lama, jadilah gw resmi jadi peserta program BCM Syariah BNI. Yups, proyeksinya adalah menjadi Relation Officer, analis pembiayaan gitu deh.

Alhamdulillah! Meskipun hal baru, tapi semuanya ini sungguh menantang teman! Gw pun bisa tetap berjuang untuk akhirat pula. Subhanallah. Pilihan keempat ternyata pilihan terbaik buat gw. Dan rencana gw sih, gw bakal terus berjuang di BNI Syariah selamanya. Hmm, tapi tetep ada sampingan bisnis dunks! Insyaallah!!

Lalu yang terakhir. Ehem-ehem. Pilihan untuk menggenapkan dien. Gw masih belum tahu bagaimana endingnya, karena gw pun baru akan memulainya, bismillah. So, like Benteng Takeshi says, “Doakan saya teman!!!”

Jakarta, 2 April 2010
Do the best n let Good do the rest…

4 thoughts on “Life is Choice III

  1. semangati diri dan orang lain….okey bro. inget inget undangan jangan lupa…fajar tunggu…
    pilih anak jogja katanya pinter ngirit loh…wkwkwkkw

Leave a Reply

