Life is Choice

waktu SMP pun gw bersepeda ^_^

waktu SMP pun gw bersepeda ^_^

Hidup itu pilihan bukan? Dan kali ini gw punya beberapa pilihan dalam hidup yang gak bakal bisa gw lupain. Asli. Hmm, gak perlu pake lama yah. Kita mulai dari pilihan pertama dalam hidup gw. Serius, ini adalah pilihan yang pertama kali gw pilih dengan penuh kesadaran. Yah, pilihan untuk melanjutkan sekolah menengah pertama, alias SMP!

Hmm, belum nyampe sedahsyat si Ikal sih emang. Belum juga sampe kayak Negeri 5 Menara sih. Belum juga kayak cerita di Bidadari2 Surga dan Pukat plus Burlian karya Tere Liye. Yah, semuanya emang tentang pendidikan teman. Benar-benar tentang pendidikan. Tapi klo tentang SMP gw, gw gak pernah nyangka bakal sekolah di SMP 80, atau kita lebih mengenalnya dengan The Voel alias delapan puluh.

Yups, ini SMP memang bukan pilihan pertama gw. Jelas, gw lebih memilih SMP 109 alias OZONE (One Zero Nine) untuk jadi pilihan pertama gw. Hmm, secara, waktu di SDI As Syafiiyah 02 Jatiwaringin, gw masuk kelas unggulan, jadi insyaallah bisalah tuk lanjut di SMP unggulan itu. Eh, tapi ternyata sayang seribu sayang, gw gak keterima. Tapi masih mending gw dapet di 80, sebab klo gak dapet SMP negeri, bonyok gw jelas akan mengirim gw ke Gontor Ponorogo. Hohoho, dahsyat bukan?

Yaps, tapi ternyata, gw gak pernah menyesal sekolah di 80. The Best Junior High School I ever had. Disana gw jadi belajar naek sepeda dengan lepas tangan sejauh hampir satu kilo, disana gw juga kenal dengan anak-anak The Voel yang luar biasa serunya. Berangkat bareng lewat belakang, jalan kaki, nyetop, metik jambu, tarohan bola (skor dan pertandingan), dan masih banyak lagi. Hhmm, mungkin bakal jadi novel tersendiri klo gw bercerita tentang sekolah yang satu ini. Yah, satu hal terpenting yang gw dapet dari The Voel adalah, hmm, apa yah? Pilihan pertama itu belum tentu yang terbaik, meski sebenarnya nilai gw tuk masuk 109 mencukupi, tapi mungkin karena beda rayon, dapetlah gw di 80. Tapi sekali lagi, Allah tahu yang terbaik buat gw!

Lalu kita beralih ke pilihan kedua dalam hidup gw. Yups, pilihan untuk kembali melanjutkan sekolah. Fuih, sekali lagi tentang pendidikan. Luar biasa emang bonyok gw mensupport gw perihal pendidikan ini. Hmm, mungkin karena nyokap guru kali yah? Ah, entahlah, tapi tuk milih SMA, memang setingkat lebih riweuh teman. Pressure-nya lebih dahsyat. Maka sekali lagi, hidup memang adalah tentang pilihan.

Nah, pilihan pertama gw tuk SMA adalah Taruna Nusantara (TN) yang ada di Magelang. Apa pasal? Halim PK lah alasannya. Yah, ternyata SMP 80 yang ada di Halim membentuk mental gw tuk jadi abdi militer. Hehehe, gak juga sih sebenarnya, tapi karena temen-temen gw banyak yang orang tuanya orang AU, maka mereka juga sedikit tertarik tuk daftar TN. Yah, daftarlah kita bareng-bareng. Dan hasilnya, gak ada yang dapet deh kayaknya. Wkwkw. Tapi perjuangan masih berlanjut dengan jalur normal, yaitu dengan mengandalkan NEM. Tarat!!!

NEM gw? Hmm, alhamdulillah. Cukup bagus. Tapi kayaknya kurang untuk lolos di pilihan pertama, SMA 81. Hiks-hiks, kembali berhasil sekolah di SMA unggulan. Dan kembali berjodoh dengan pilihan kedua, SMA 14!!!

Nah, masalahnya adalah, gw sama sekali gak tahu tuh sekolah! Bahkan SMA 61 yang sekarang peringkatnya di atas 14 malah gw taro di pilihan ketiga, karena apa? Karena memang dulu peringkat 14 lebih baik teman. Dan bersekolah di 14, benar-benar mengenaskan pada awalnya. Lokasinya jauh di pedalaman Cililitan, segelintir teman dari SMP 80, dan baju putih abu-abu yang sungguh janggal. Ah, semuanya akhirnya dengan amat sangat terpaksa harus gw jalanin.

Meski ternyata, pada akhirnya, gw sadar hikmah terbaik yang gw dapat dengan bersekolah di SMA 14. Yah, klo gw gak sekolah disini, belum tentu gw dapet, dan tahukah kalian apa yang saya dapatkan, ah, hanya satu kata teman, . . .

Hidayah…

Jakarta, awal April 2010
menuju pilihan berikutnya ‘Jar…

Leave a Reply

