KELUARGA

Gw masih bingung mo ngebahas apa tentang keluarga. Tapi tema kali ini cukup nonjok gw pikir. Hmm, tentang keluarga yah? Bagaimana klo kita membahasnya dari cerita keluarga yang paling melegenda di Indonesia, pada dasawarsa 90-an, keluarga si Budi!

one of my familly, Kawal-Bintan 2008

one of my familly, Kawal-Bintan 2008

Yah, gw pikir anak SD waktu itu pasti pada kenal yang namanya Budi. Yah, si Budi ini punya adik yg bernama Ani (klo tidak salah), ayah dan ibu. Nah, inilah keluarga yang disebut dengan caturwarga. Ah, cukup tidak penting memang. Tapi cukup hebat juga bukan ajaran pada masa itu, begitu melekat dan tidak mungkin dilupakan. Yah, inilah keluarga yang paling terkenal dari Desa Sukamaju.

The Real Familly
Keluarga berikutnya yang terkenal adalah Keluarga Cemara, lalu ada juga keluarga 100 (Familly 100 maksudnya). Tapi the real familly akhirnya baru gw sadari waktu gw duduk di bangku SMA. Hmm, tapi sebelumnya, gw juga punya banyak geng, tapi emang sih, belum seperti keluarga benar. Yah, sebut saja Boscar, Bocil hingga GreenStar (ketiganya adalah keluarga sepermainan gw di rumah waktu masih bocah). Oya, tapi sebelum makna keluarga itu gw pahami, ternyata gw juga baru sadar klo gw itu tergabung dengan banyak keluarga besar! Keluarga besar bokap, keluarga besar nyokap, dan termasuk keluarga gw sendiri, bonyok dan enam adek gw!! Nah, klo the real familly yang gw maksudkan adalah keluarga yang seakidah dan seamanah (eh, tapi koq kayaknya maksa yah?)

Hmm, kenapa akhirnya gw ampe menggapnya keluarga? Yah, pikir gw sederhana, karena kita senasib sepenanggungan. Simple bahasanya, ikhwah 14! Tapi diluar itu, gw juga menganggap SPLASH (Sepakbola 14) sebagai salah satu keluarga hebat gw di 14. Hmm, masih ada juga 1-6, 2-6, 3 IPA 2, Rohis 14 dan PHBI-nya terutama, PURPALA (kapan nih naek gunung lagi?), dan yang paling fenomenal, IKRAR!! Yah, cukup tahulah susahnya menjadi kepala keluarga di IKRAR-At Tien sana.

The True Familly
Selepas SMA di Jakarta, gw juga menemukan The True Familly di Jogja. Hmm, ada banyak sih sebenarnya (jadi agak gak pas klo disebut true), dan gw akan menceritakannya singkat saja karena memang keterbatasan waktu dan lain sebagainya. Oke, kita awali dari MTop First Gen! Ada Muri, Barnard, Bowo, Tio, Lepex, Hasan dan Abud. Itu team intinya, sedang embel2nya, bejibun dah. Lalu ada juga ikhwah_pn yang mewarnai lima tahun hidup gw di Jogja. Ada juga Perikanan 2004 dimana gw jadi ketua angkatannya (sayangnya, nih keluarga kurang harmonis teman), dan tentu saja yang akhirnya akan selalu mewanai lma tahun gw di jogja (fishery football club, lebih asik mungkin 2004-nya kali yah). Hmm, lalu ada pula JMP yang kemudian bermetamorfosa menjadi KMMP. Lalu KAMMI UGM, Partai Bunderan hingga keluarga alumni 14_jogja. Oya, tapi the true familly di tahun pertama gw selain MTop tentu saja my lovely LQ (M. Robi, Agus, Anto, Mumu, Kurnia, Sany, Ridho, Muha dan Ayik).

Lalu tahun kedua, keluarga besar gw adalah Alkobar (Aldin, Muchlis, Abe, Mastori, TJ dan Arief). Sisanya masih tetap sama seperti tahun pertama gw kuliah di Jogja. Tahun ketiga ada The Greatest Izzam (Eca, Jaya, Fathi, Dolli, Bowo, Kelana, Syarief, Anjas dan Aldi), ada pula unforgattable KAB dimana nanti gw menjadi kepala keluarganya, lalu keluarga Pulau Pramuka 2007 (Reno dkk plus Baim dkk and dkk yg laen). Oya, di tahun ketiga ini keluarga besar Perikanan 2004 mulai mengkerucut menjadi keluarga besar MSP’04! Dan di tahun ini jugalah gw mulai resmi menjadi keluarga KMIP (Keluarga Mahasiswa Ilmu Perikanan), hehehe, karena kalah di PEMIRA, gak jadi kepala keluarganya deh, cukup menjadi anggotanya aja otre ^_^

Get Lost of…
Break sejenak di tahun kedua, tahun kedua gw di Jogja juga bener-bener menjadi tahun terberat dalam kehidupan keluarga besar Emon Arohman. Yah, inilah tiga bulan tersulit dalam keluarga gw. Buat bokap, nyokap, lima adek gw dan tentu saja gw! Gw baru bener ngerasain apa sih cinta yang sebenarnya dalam keluarga. Yah, gw bener-bener kehilangan salah satu anggota keluarga gw, gw kehilangan adek gw. Asli, ini bener-bener diluar nalar gw waktu itu. Familly, I’ve know this meaning after I get lost one of my familly.

Back to tahun keempat gw di Jogja. Tahun dimana MTop mulai kembali dengan kombinasi barunya (Barnard, Bowo, Prio, Jajang, Zuki, Bagus dan Agung Rachmanto). Dan di tahun keempat ini gw mulai akrab dengan Geng Caur DKC UGM (Rezki dkk.) Oya, ada juga Kawal Familly dan Bintan Familly yang gw kenal saat KKN di Bintan sana. Yah, inilah keluarga terjauh gw yang berada di Kepulauan Riau sana. Lalu ada juga my aai plus mentee2 di SMANDA (sayangnya, sy cerai dengan mereka, hiks-hiks). Hingga akhirnya di tahun kelima, gw masih diberi kesempatan tuk bergabung di MTop lagi (Barnard, Hafidh, Robi, Mujib, Zuhdi, Royan, Rachmanto, Sinyo dan Agung Arohman ^_^). Ada juga para mutarabbi gw yang gaul namun syar’i (Itox, Aam, Arso dan Elang). Ada pula Mas Bin dan keluarganya selama gw penelitian di Pantai Depok. Dan di tahun kelima ini, gw juga berkenalan dengan the most unique familly di BIMO-Forsalamm 2009 (hafidh, adist, asih, niefha, irma, baim, anjas, rocky, mujib, zuki, ayu, fita, ilham, danur, atik,robi dan ima), dan yang paling fenomenal tentu saja, ah sebut saja Laskar2009 (bukan nama sebenarnya).

Yah, keluarga. Gw menganggap mereka semua sebagai keluarga gw. Keluarga hebat gw yang telah mewarnai lukisan hidup gw. Bahkan di Jakarta sekarang ini gw kembali dengan empat keluarga baru gw, my lovely LQ and mentoring, Ocean ‘Batch XII’ Twelve dan BCM Syariah 2010. Subhanallah. Doa gw sederhana buat mereka semua, semoga kelak kita kembali berkeluarga di Jannah-Nya. Yah, like Adam Sandler says in Click, “Familly comes first”, maka kali ini gw sedang mencari anggota keluarga yang terakhir yang telah Allah persiapkan di kitab takdirnya….

Ruang Kelas BCM Syariah, 8 April 2010
I love you all, ‘coz Allah…

3 thoughts on “KELUARGA

  1. @yulifia
    hmmm… kayaknya sama deh…,

    @sikupu
    ada yg tahu nama lengkapnya Budi? ato ada yg tahu, kenapa nama harus Budi?

Leave a Reply

