Wednesday

Semangat! Walau belum tahu bakal diposting apa nggak, kayaknya gw tetep kudu buat laporan harian IST deh. Nah, jadi gak make lama and langsung to the point aja deh.

Nasabah 1. Sebut saja namanya Mr.I. Yups , pengusaha muda yang menjadi distributor barang-barang elektronik. Beliau dapat kirima barang-barang elektronik dari Cina dan Jerman. Hmm, tapi kirimannya itu bayar dulu atau bayar mundur yah? Itu pertanyaan pertama gw. Trus ngambilnya rutin atau bagaimana? Yg diambil berapa banyak dan berapa duit? Nah, tapi beliau memang gak ngambil langsung dari luar negeri sana. Beliau ngambil dari supplier yang ada di Jakarta. Yah, jadi bisa dikatakan klo Mr.I adalah orang kedua. Begitu ceritanya.

Kemudian, bagaimana dia bisa dapat bisnis ini. Hmm, awalnya ngikut orang dulu. Tapi beliau merasa, “Lho, gajinya koq cuma segini, gak naek2 pula, padahal semua gawean dia yang melakukan. Mulai dari ngambil barang di Tj. Priuk (bener gak sih?), hingga kemudian mendistribusikannya”. Nah, akhirnya setelah merasa PD, beliau pun memulai bisnis ini sendiri. Yups, sudah tiga tahun teman usaha ini berjalan. Dan bentuk usahanya adalah CV skala kecil (berbeda dengan Mr.A yg sudah skala besar) dengan menggunakan jasa dari Mr.G selaku notaris. Nah, untuk mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), TDP (gw lupa kepanjangannya?), dll. Hmm, tergolong murah teman (1,4 juta itu pun jalur dalam). FYI, Mr.A yang akhirnya pengen terima beres aja sampai habis 7 juta. Nah, Mr.I butuh waktu gak nyampe 2 bulan tuk ngurusnya (jalur internal sih), sedang Mr.A katanya sih sampe 3 bulan.

Hmm, lanjut lagi ke Mr.I, setelah menerima barang di Jakarta, beliau pun langsung mendistribusikan barangnya ke Palembang dan Bengkulu (langsung ke outlet miliknya pribadi). Nah, kemudian yang jadi pertanyaan lagi, apakah semuanya itu langsung didistribusikan, sehingga di Jakarta itu numpang lewat doang, ato emang ada gudang juga disana? Lalu bagaimana mekanismenya? FYI, beliau juga sedang memproses bisnis ekspedi tuk menunjang usahanya ini. Rencananya mo buka di Tj.Perak, Surabaya (insyaallah dalam bulan Mei ini). Yah, klo sebelumnya beliau menggunakan jasa? dan habis? pengiriman sekian? setiap sekian? (Wuah!!! ternyata banyak juga pertanyaan yg belum bisa gw jawab! Parah!!). Hmm, tapi memang, setelah menjadi PT dengan bisnis distributor barang elektronik plus ekspedisi, kayaknya nih usaha bakal berkembang, apalagi dengan isu bakal buka di Palangkaraya dan tembus pembiayaan di iBNI (amin).

Oke, kita lanjut lagi eksplorasi ttg Mr.I ini. Nah, untuk transaksinya. Nampak jelas memang transfer/laporan penjualan dari outletnya di Palembang dan Bengkulu itu (cari tahu lokasi persisnya nih!). Yah, semuanya tercatat di rekening BRI-nya koq. Nah, tapi emang kita belum memverifikasinya lebih detail lagi. Dan lagi, kita juga belum checking info BI-nya ttg beliau ini. Hmm, terus apa lagi yah kurang. Oiya, FYI, saldo terakhir di rekeningnya, ada 300 juta lebih. Belum uang kasnya, persediaannya, dan berbagai asetnya. Huah!!! Jadi inget laporan keuangan (aktipa. pasipa. dan temen2nya)! Ini juga perlu lu eksplore loh ‘Ji!!

Hmm, lalu, terkait agunan. Yups, ada 2-3 sertipikat jaminan sih emang. Tapi gw juga belum ngecek kebenaran sertipikat itu sih. Sama seperti gw belum ngecek SIUP dll.nya itu! Yah, karena belum tahu gimana cara ngecek kebenarannya. Parah! Nah, kita juga belum mentaksasi agunan tersebut! Berapa kira2 nilai jualnya? CEV? CEF? Belum juga memploting (emang perlu yah?). Belum juga buat FKS (Form Kunjungan Setempat)! Call memo ke supplier di Jakarta dan Palembang serta Bengkulu (tuk memastikan semuanya itu benar adanya!) Dan muasih buanyak luagi ‘Rek!!

Yah, mungkin kayaknya itu dulu deh cerita ttg Mr.I. Hmm, tergolong rahasia perusahaan gak sih klo gw posting di blog? Bingung juga gw jadinya nih. Tapi yg kemaren gw malah udah posting. Ah, liat sajalah nanti.

Semangat!!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s