Perjalanan Malam Menuju Jogja

Keputusan ini memang cukup mendadak teman. Gw baru merencanakannya kamis ini. Sedari pagi memang sudah kepikiran untuk balik ke Jogja malam ini saja. Hmm, libur tiga hari dan hanya berdiam diri di Surabaya kayaknya gak menarik deh. And finally, setelah googling, gw pun memutuskan, “Perjalanan Malam Menuju Jogja”

Terminal Bungurasih menjadi tujuan. Klo kata Mirza Kun cukup rawan nih terminal. Anarkis dan sangat tidak nyaman. Tapi based on info yg gw dapet, Bus AC Eka yg menuju Jogja memang berangkat malam ini antara jam 8-9 dari Bungurasih. So, mau gak mau, sekali lagi gw terpaksa merepotkan Mirza Kun tuk nganterin. Sory brother, lu jadi telat ngeband and ke tempat Aripe deh. Maafkan saya teman >_<

Tapi alhamdulillah!

Senangnya malam ini. Allah ngasih banyak banget kemudahan teman. Nyampe di Bungurasih dengan selamat sentosa. Hanya nunggu bentaran trus datanglah Bus Eka itu, dapet seat pula. Bersebelahan ama anak Gunung Kidul. Alumni Biologi UGM Angkatan 2003. Sekarang ngajar Biologi kelas satu SMA di St.Louis Surabaya. Wah, hebat teman! Saya pun belajar banyak dari guru muda ini.

Beliau bercerita ttg keunikan muridnya. Suka dukanya selama dua tahun menjadi guru. Mengayomi murid-muridnya selaku wali kelas. Ikut nongkrong bareng murid. Dengerin curcolnya mereka. Menemani berbagai kompetisi biologi. Ah, banyak ilmu yg saya dapet dari beliau. Hebat! Gw bangga sama semua guru yang mengabdi dengan baik dan benar. Secara, ibu gw juga guru koq. Yah, setidaknya ada satu hal yg gw yakini, pahala mereka mengalir terus bos! Amal jariah yang tiada henti!!

Beliau juga menceritakan ttg pengalamannya di Surabaya selama dua tahun. Berkisah tentang nostalgianya di UGM. Mengkritisi berbagai kebijakan dunia pendidikan yang selama ini tengah ditekuninya. Dan berbagi hikmah tentang perjalanan hidupnya. Hohoho, ini baru guru muda yang bijaksana! Gw doakan istiqomah Mas Gatot! Demi almamater kita tercinta, Gadjah Mada University euy!

Hmm, perjalanan malam ini memang tidak terasa. Ngantuk doang yang kerasa. Gelapnya jalan malam. Dinginnya jalan malam. Heningnya jalan malam. Ah, jalan malam memang beda. Dan tanpa terasa singgahlah kita di Ngawi, tepatnya Warung Makan Duta. Hahaha, gw gak tahu deh ini makan malam apa sahur. Hmm, tapi lumayanlah ayam bakar dan teh hangatnya.

Nah, terus ada kejadian lucu (untuk tidak mengatakan bodoh) setelah makan. Jadi setelah keluar dari Warung Duta, ternyata udah ada tiga Bus Eka yang berjejer. Oow, gw bingung. Gw lupa bus gw yang mana. Maka gw coba naek dari yang paling kanan. Hmm, tapi koq suasananya beda yah. Hahaha, gw pun sadar! Salah bus teman! Lalu beralih ke bus dua. Gw juga masuk dengan pede-nya. Wah, sudah hampir penuh teman. Supir and keneknya juga udah siap euy! Tapi koq perasaan gw gak enak yah, maka setelah kembali sadar klo ini bus yang beda, gw buru2 keluar dan sempat mendengar salah satu penumpang nyeletuk, "Salah bus yah mas?"

Hahahaha. Malu bener euy! Untung aja gak kenal! Eh, pas keluar dari bus dua itulah ada mas gatot yg ngasih tahu, ini loh bus-nya. Hallo!?!?! Kemane aje lu 'Nji. Hehehe, sudahlah, lupakan kejadian yang gak penting itu. Maka setelah kembali ke bus. Melanjutkan perjalanan, melanjutkan istirahat. Dan tanpa terasa, melintasi Solo, kemudian tiba di Giwangan. Yah, tapi gw gak turun disana, rencananya sih di Jombor aja. Tapi karena berhubung melintasi perempatan Kentungan, gw pun turun disana deh.

Yupi, jam 3an lah nyampe di jakal km 6an. Awalnya mo minta jemput Mujib, tapi kayaknya jalan malam cukup seru deh. Menyusuri jakal yang mempesona dengan keheningannya. Menikmati gelapnya jakal yang cerah. Ah, pokoknya mantep deh teman! Jakal ternyata sudah berubah yah. Ada Hokben, beberapa bangunan baru dan kayaknya sih suasananya emang bener2 baru deh.

Yah, singkat kata, sampailah gw di Mtop sekitar jam 4an. Yaps! I just wanna say, "Welcome to Jogja Brother ^_^"

Jogja, 28 Mei 2010
pas Bangkit Arohman milad, barakallah 'Kit!

4 thoughts on “Perjalanan Malam Menuju Jogja

  1. akhirnya naik bis eka, ka’?
    enak jln malem kl naik bis, lbh cepet, lbh sepi jg…kl pas ga liburan bnyk yg kosong…
    bisny tu selisihny ga lama,jd kl pas makan sering cm selisih brp menit aja.biar ga salah bis, pas turun dikit bnyk diinget2 aja org2 yg sebis ma qt pa sopirny pa kernetny.jd pas mau naik, bis qt ya bis yg mereka naikin…
    atau ga diinget2 aja “bedanya” bis qt ma yg lain….misal di kaca dpn kliatan da tas item, dll….
    moga ga salah lg….

    • jadi bos…

      kayaknya bakalan jadi salah satu alternatif deh klo semisal ke jogja lagi…

      dan maturnuwun buat tips ‘salah bus’nya ^_^

Leave a Reply

