Serba Serbi Sepakbola

Postingan kali ini kayaknya gw dedikasikan special buat menyambut hajatan besar Piala Dunia deh. Yah, gw hanya mo mengambil sisi positif dari olahraga yang paling digemari penduduk bumi aja sih, gak lebih. Maka selamat menikmati jalannya pertandingan ini (lho?!?!).

Fishery Football Club of 2004

Fishery Football Club of 2004

Sepakbola. Berbicara tentang olahraga yang satu ini, maka pertanyaan yang paling mendasar adalah pembicaraan tentang sejarah sepakbola itu sendiri. Dari mana asalnya? Siapa penemunya? Dan sejak kapan olahraga ini ada? Maka tak elok nampaknya klo gw mengambil alih peran dari wikipedia untuk menjelaskan kesemua hal ini. Yah, biarkan om wiki yang akan menceritakan panjang lebar tentang asal muasal sepakbola. Atau para agan2 dari kaskuser? Hahaha. Bagaimana penonton? Sepakat? Sepakat aja kali yah, hehehe.

Oiya, maka mari kita bahas saja sisi positif dari olahraga yang satu ini. Yah, semoga bisa menjadi argumentasi gw buat salah seorang Ustadz ternama di Jogja yang kurang begitu menyenangi olahraga yang satu ini. Hmm, sekaligus juga buat memperkuat mental temen2 gw yang pernah disindir dan ditegur abis oleh al ustadz tersebut, hehehe, termasuk gw juga sih sebenarnya.

Oke, point pertama.

Ukhuwah=Team Work=Kerjasama
Inilah point terpenting yang bisa kita ambil hikmahnya. Filosofi mendasar permainan ini adalah kerjasama kelompok. Kekompakan. Dan bukan kerja-kerja individu. Lionel Messi gak akan ada artinya klo gawang Barcelona gak kipernya. Iker Casillas si kiper hebat dari Real Madrid juga gak berguna klo gak ada sekumpulan striket hebat macam Higuain, Raul hingga Christiano Ronaldo. Bahkan peran seorang Mourinho the spesial one and Aremania adalah sebuah kesatuan yang utuh dalam olahraga sepakbola ini, selain wasit dan dua orang temannya itu tentu saja.

Yah, gw pribadi pernah ngalamin saat Mtop akhirnya tersingkir di Forsalamm Cup pada tahun 2008 silam. Salah satu alasannya yah karena tim kita gak komplit! Jadi pincang karena ketidakhadiran Barnard and Zuki. Yups, inilah point pertama yang perlu kita camkan bersama. Olahraga ini mengajarkan persahabatan teman! Insyaallah!!

Kemudian point kedua.

Tentang kesehatan tentu saja. Menurut penelitian para ahli, wasit adalah orang yang paling banyak berlari dalam satu kali jalannya pertandingan olahraga ini. Dan kalian tahu sendiri bukan, berlari itu selain menyehatkan badan, dia juga menstabilkan peredaran darah kita (sotoy mode on). Yah, salah satu manfaat sepakbola yang sebenarnya juga didapatkan dari olahraga fisik lainnya sih memang manfaat kesehatan.

Bayangpun teman-teman. Orang2 yang jarang olahraga itu pasti identik dengan gendut dan tidak sehat. Ups, kayaknya ini pernyataan sepihak dari gw deh. Tapi beneran koq, temen gw sendiri pada banyak yang bilang begini, ”Wah, udah lama gak futsal nih. Udah gendut perut gw”

Yupi! Tepat sekali teman. Salah satu turunan olahraga sepakbola yang saat ini digemari adalah futsal. Lapangannya tidak terlampau besar, dan hanya membutuhkan 10 orang untuk menggelar satu pertandingan. Apalagi di kota-kota besar yang sudah teramat jarang tanah lapang dan kesibukan para penghuninya itu. Maka futsal menjadi salah satu alternatif untuk menjaga stamina dan kesehatan badan. Yah, asal gak berlebihan dan rutin, insyaallah futsalan bisa menjadi solusi for our healthy.

Lalu yang terakhir. Poin ketiga, yang sekaligus mengganjilkan.

Hmm, apa yah? Gw juga bingung sih? Kayaknya sih masih banyak manfaat lainnya dari sepakbola. Yah, itu pun klo kita melihatnya dari sisi positif. Meski dari sisi negatif, pasti juga adalah. Tapi intinya sih memang pengendalian diri teman! Gak berlebihan. Gak lebay plus alay. Dan jadilah sepakbola itu bermanfaat plus bermartabat.

For example, klo maen bola atau sekedar nonton, gak perlulah kayaknya disertai dengan taruhan. Bukankah judi itu haram. Dan segala yang haram itu berdosa. Maka gak usahlah kita nodai olahraga ini dengan kejahatan ini. Sepakat gak nih? Klo penulis sih sepakat 

Kemudian contoh berikutnya, gw dedikasikan spesial buat para aktivis dakwah yang juga seneng ama bola. Pertama, klo nonton bolanya dini hari, kan bisa sekalian Qiyamul Lail tuh, Tahajud dulu, siapa tahu teamnya menang (Lho?!?!). Kedua, bagi yang suka maen bola, ada bagusnya klo pake celana training panjang. Hmm, selain menutup aurat, celana panjang juga terbukti melindungi kaki kita klo2 jatuh saat pertandingan, dan gw udah ngebuktiin hal ini. Ketiga, klo bener2 serius pengen jadi pemain sepakbola, ada beberapa figur pemain yang bisa dicontoh. Ada Federic Kanoute, pemain muslim Sevila dari Mali yang merayakan golnya untuk para pejuang Palestina, yang juga pernah mogok bermain untuk Sevilla karena sponsor mereka adalah rumah judi. Ada juga Zinedine Zidane, legenda Perancis yang konon katanya menanduk Materazzi di final Piala Dunia 2006 karena membela kehormatan ibunya. Subhanallah bukan. Atau kalau kalian perhatikan para pemain Iraq saat juara Piala Asia 2007 di Indonesia, mereka semua melakukan selebrasi dengan sujud syukur teman. Syiar yang menurut gw sih cukup hebatlah bagi para pemain sepakbola.

Okelah, mungkin ada banyak kekurangan dari tulisan gw ini. Tapi gw hanya mencoba mengambil peran sebagai seorang blogger dalam menyambut Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan ini. Klo Indonesia lolos ke Piala Dunia, dan gw menjadi salah satu pemainnya, gw bakal usul untuk pake ikat tangan hitam sebagai bentuk protes gw atas tragedi Gazza. Gw juga pasti bakalan sujud syukur sehabis mencetak gol dan meraih kemenangan. Yah, semoga ada manfaatnyalah. Klo ada yg bener datangnya pasti dari Allah yang telah menggerakan jari jemari gw ini untuk menulis. Klo ada yang salah, itu mutlak dari gw sebagai manusia biasa yang soccerholic.

Tetap semangat dan pantang menyerah! Allahuakbar!!!

Surabaya, 6 Juni 2010
Nahnu duat qabla kulli say’i

6 thoughts on “Serba Serbi Sepakbola

    • wah, komenmu dianggap spam ama WP ^_^

      Maaf bgt, jadi baru tak baca >_<

      oke, segera meluncur ke TKP!
      Cekidot!!

    • 100 buat ulfiarahmi!

      picture di atas itu contoh kecilnya ^_^

      ada tambahan lain? monggo atuh dishare..

      kasih cendol juga ye, jgn bata >_<

Leave a Reply

