Bola itu bulat, Jendral!

Pernah denger pernyataan ini bukan?

“Darah merah itu Jendral!”

Yups, klo jaman bocah dulu pas 30 September, kita pasti tahu pernyataan ini. Beuh, kekejaman PKI, komunis dan kontroversinya Orde Baru plus Orde Lama pasti bakalan langsung terngiang2 di pikiran kita. Yah, kita semua insyaallah tahu klo darah itu emang warnanya merah. Hmm, pernyataan dari pemberontak itu memang sungguh multitafsir, tapi kita gak akan menafsirkan pernyataan tersebut. Yah, mari kita bahas tentang isu sepakbola saja.

Yah, “Bola itu bulat, Jendral!”

Maka bercerita ttg sepakbola, gak akan pernah habisnya memang. Hmm, asalkan tidak berlebihan tidak masalah saya pikir. Dan berbicara ttg sepakbola di Indonesia, maka kita akan sedikit banyak membahas ttg Persija Jakarta (yeah!!!). Hahaha, gak ding! Kita tentu saja akan membahas prestasi gemilang TimNas PSSI yang telah melegenda karena ikut di Piala Dunia pada tahun jebot (tentu saja saat masih bernama Hindia Belanda)!

Hahaha, kayaknya gak ada atau mungkin belum tepatnya, belum ada yg bisa dibanggakan dari TimNas kita. PSSI sebagai induknya pun banyak masalah! Pimpinannya aja bermasalah. Supporternya, hohoho, sebagian besar mengancam jiwa (kecuali Jak Mania, hahaha). Dan Liga Super Indonesia-nya, hohoho, tentu saja penuh dengan kontroversi. Wah, pokoknya lengkap deh klo ngomongin ttg negeri yg satu ini.

Tapi tenang2 saudara2, kita tuh masih punya potensi anak2 muda Indonesia yg jago banget maen bolanya. Yups, PSSI junior kita kayaknya masih pada jago2 tuh! Hmm, dan kata kuncinnya adalah satu, pembinaan (tarbiyah!). So, kita tunggu saja nasib anak2 muda2 itu. Bagaimana pembinaannya? Dan seperti apa hasilnya?

Yah, “Bola itu bulat, Jendral!”

Surabaya, 15 Juni 2010
Menjelang Pantai Gading VS Portugal

6 thoughts on “Bola itu bulat, Jendral!

  1. Kalau saya mengamati pemain2 yang sukses merumput di liga-liga Internasional macam liga Inggris, liga Italia, liga Spabol, dsb… ada kesamaan mendasar diantara pemain-pemainnya: tendangan keras, lari kencang, stamina tahan lama. Ketiga karakter ini yang saya pikir umumnya tidak dimiliki oleh pemain2 kita. Jadi yagn perlu ditingkatkan menurut saya adalah pencarian bakat yang memiliki ketiga karakter di atas.

    • wah, klo itu kayaknya di Indonesia banyak deh ^_^
      cuma yah sayangnya itu, pembinaannya bermasalah, plus infrastrukturnya..
      hehehe, sotoy banget gw >_<
      viva sepakbola indonesia dah!

  2. klo pemain muda bagus tapi ga dapat tempat di klub mah, sama juga bodong brur!

    aneh ji klo bilang i love pssi.. sebaiknya i love garuda.. klo pssi, berarti lo suka ma si ketuanya :p

    • makanya, point pentingnya itu pembinaan ‘ki!

      perlu ada regulasi yg mensupport ‘penampilan mereka’

      dan lagi, gw gak begitu suka ama ketua PSSI, yg gw suka itu yah TIMNAS-nya
      *aduh, nilai bahasa lu berapa c?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s