Call Memo: KPR iBNI

adhi malmsteen:
asslmkm brother

Me:
waalaikumsalam brother!
adi!!!
piye kabare?

adhi malmsteen:
baek2 dimana ente skrg

Me:
sy masih di surabaya di!
wis jadi arek suroboyo
bonek rek!!
wkwkwk

adhi malmsteen:
yooo ati2 neng kono yok rek , ojo ndolan ke dolly karo suko yok heheeeeee

Me:
hahaha…

adhi malmsteen:
lanjutin yg tempo hari nih, tentang KPR
masih inget gak?
ane mw belin bonyok rumah soalnya

Me:
oh bisa2
alhamdlh gw udah belajar banyak…
jadi berapa harga rumahnya?

adhi malmsteen:
pegang aja 200 juta

Me:
oke, berarti tuh rumah kudu seharga 250 juta
karena harus ada DP dari lu 20%
deal?

adhi malmsteen:
kok jadi 250 juta ji

Me:
gini2
KPR di bank kan kudu ada DP-nya tuh

adhi malmsteen:
sorry ane masih awam

Me:
jadi ambil contoh begini
harga rumah 250 juta
ente harus ngasih DP (uang muka) minimal 20%
yaitu 50 juta
Syarat pertama, ada DP 20% dari harga rumah
paham?

adhi malmsteen:
oke sampe sini paham
lanjut gann

Me:
nah, selanjutnya adalah..
ente mo nyicil berapa tahun?
optionnya 1-15 tahun..
semakin lama, semakin mahal sih emang harganya
*tapi sebanding ama inflasi koq

adhi malmsteen:
oke ane ambil misalnya 10 mtaun

Me:
nah, klo 10 tahun..
didapatlah angsuran perbulan sebesar…
3,226,667
dan angsuran ini akan tetap mulai dari bulan pertama sampai bulan ke 120

adhi malmsteen:
seumpama dibulan ke 60. ane dapet rejeki nomplok bisa ane langsung lunasin gak sisanya…

Me:
oh, bisa2…

adhi malmsteen:
mksdnya boleh gak?

Me:
boleh2
gak ada pinaltinya koq

adhi malmsteen:
berarti tinggal bayar 3,226,667 x 60 ya? ato ada biaya tambahan laen2 lagi?

Me:
hmm, enggak gitu bos..
nanti ente tinggal bayar sisa pokok ditambah satu kali margin bulan berjalan dan biaya penutupan rekening 15ribu
penjelasan:
3 juta sekian itu terdiri dari angsuran pokok dan angsuran margin
angsuran pokok adalah senilai pembiayaan (dalam hal ini 200 juta)
angsuran margin adalah keuntungan yang disepakati antara bank dan nasabah
nah, karena kita syariah, jadi ini ibarat jual beli
jadi akadnya itu, ente beli rumah dari bank
dengan harga jual yang udah disertai margin (keuntungan)
*smoga tidak bingung >_<

adhi malmsteen:
iya iya paham bos,
btw syarat2 apa nih
bisa dibantu gak bos
ane kan cm ngontrak nih gk da rmh, jd gk da yg bisa jd jaminan

Me:
jaminannya yah rumah yg pengen ente beli itu di
jadi ntar surat2nya dipegang ama bank ampe tuh rumah lunas cicilannya
simpel kan?
dan kita cuma butuh surat keterangan kerja
slip gaji
fotokopi rekening 3 bulan terakhir

adhi malmsteen is Available – semua RENCANA HARI INI BATALLLLLL

adhi malmsteen:
oke thank u bos infonya

Me:
oiya, dengan angsuran skitar 3,2 juta perbulan
gaji ente minimal kudu 8 juta perbulan
maksimal angsuran senilai 40% gaji bulanan

adhi malmsteen is Available

adhi malmsteen:
oh gituuuu ya syaratnya

Me:
yupii…
mo beli di daerah mana di?

adhi malmsteen:
jakarta aja bos

Me:
wah, bener tuh..
investasi kudu dari sekarang emang..
call me if you need some information again

adhi malmsteen:
oke, thanks gan

Me:
you're welcome

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s