Berjalan-jalan di Banjarmasin

Sahabat saya di tanah Jawa berpesan kepada saya untuk mencari banyak alasan agar bisa betah di Banjarmasin sana. Yah, pesan yang sangat bagus untuk seseorang yang tengah homesick akut karena akan merayakan lebaran di rantau. Aih, maka pasti akan ada banyak hikmahnya. Bukankah hikmah itu memang selalu datang terakhir, karena kalau datang di awal, yah gak seru aja kali!

Oke! Maka mari kita menikmati sisi lain Banjarmasin teman! Tidak dari dunia kerja yang sudah mengambil jatah lima dari tujuh hari yang tersedia dalam satu minggu. Yups, marilah kita berjalan-jalan di Banjarmasin!

Pertama, tempat nongkrong spesial jagung bakar. Malam minggu tadi, saya, Andi, Mba Ike dan Mba Dian pergi kesana. Selepas buka puasa bersama di kantor, Mba Ike ngajakin kita makan jagung bakar. Hmm, boleh-boleh. Maka meluncurlah kita berempat kesana dengan mobil mewahnya Mba Ike. Nah, ini merupakan salah satu lokasi favorit masyarakat Banjarmasin untuk menikmati jagung bakar di kala malam. Tempatnya enak, anak muda banget deh pokoknya. Tapi sayang, ketika saya bertanya kepada Mba Ike dan Mba Dian tentang nama daerahnya, mereka malah tidak tahu. Bagoos! Yah, pokoknya tempat spesial jagung bakar gitu deh. Dekat dengan kantor gubernur. Nah, inilah rekomendasi pertamaku.

Kedua, Soto Banjar Yana-Yani. Malam Jumat kemaren saya pun kembali mendapat tawaran untuk buka bersama dari Andi. Limited invitation katanya. Hmm, lokasinya di daerah Sultan Adam, tapi masih jauh lagi. Insyaallah saya belum hafal. Tapi bagi sebagian pecinta kuliner Banjar, Soto Yana-Yani adalah salah satu pelopor soto banjar. Maka very recomended untuk dicoba. Nah, kali ini ternyata Kang Badra yang mengundang kita. Penyelia KKS ini mengajak anak-anak muda di BJS (red. BNI Syariah Banjarmasin) untuk berbuka bersama keluarganya. Ada Mas Saiful, Mas Faisol, Mba Iro (kalau gak salah), Mba Dian, Mba Ike, Maya, Andi dan saya. Subhanallah, ternyata menikmati soto banjar di tepi sungai di kala malam sangat menyenangkan teman. Sangat eksotik dan Banjarmasin banget deh pokoknya. Matur nuwun buat Kang Badra atas jamuannya dan rekomendasi wisata kulinernya.

Ketiga, warung makan yang saya lupa namanya. Semacam jamuan atas kedatangan saya di tanah Banjar. Malam minggu saat baru tiba di Banjarmasin, Pak Jose mengajak saya dan teman-teman Jamal (red.Jaga Malam-Mas Arul dan Mas Adi), Driver (Mas Saiful, Mas Dani & Mas Dwi), Cleaning Service (Mas Rahman) plus Umum (Mas Annas) buka puasa bersama di warung makan yang cukup ramai, nyaman dan bagus view-nya, dekat kantor pula (nanti saya cari tahu lagi deh namanya). Wah, baik sekali ternyata Pak Jose, saya sebagai tamu merasa benar-benar dimuliakan disini. Yah, warung spesial ikan bakar ini sangat direkomendasikan buat para pecinta seafood. Hmm, maknyos dan delicious.

Keempat, Masjid Raya Sabilal. Masjid Agungnya Banjarmasin. Berada di pusat kota. Berdiri megah namun tidak angkuh. Berdiri mewah namun tetap berwibawa. Yah, memang sih saya baru sepintas lewat. Tapi insyaallah sudah membuat saya jatuh cinta dengannya. Insyaallah minggu ini kesana ah. Insyaallah shalat ied disana juga ah. Insyaallah.

Yah, mungkin ini baru pematik saja. Agar saya juga tidak selalu dirudung nestapa karena rindu tanah Jawa. Hmm, Banjarmasin juga menyenangkan koq, masih ada pasar terapung (tempat shooting iklan RCTI oke tempo dulu), kota santri dan permata Martapura, Banjarbaru yang pastinya seru dengan UNLAMP-nya, Tanjung yang insyaallah akan saya kunjungi di hari raya ini, dan masih banyak lagi tentu saja. Oiya, lain waktu pula saya akan menyertakan gambar dan fotonya, no picture=hoax bukan? Hahaha.

Semoga bermanfaat. Semoga juga bisa menginspirasi. Salam.

Banjarmasin, 5 September 2010
Backpacker ala kadarnya…

7 thoughts on “Berjalan-jalan di Banjarmasin

Leave a Reply

