Berkunjung ke Tanjung : Episode II

Surprising! Bertemu sahabat lama ternyata sangat menyenangkan teman! Terakhir bersua dengan Yoga hampir setahun silam. Hmm, dan masih tetap sama teman, Jogja style! Hahaha, Jogja, benar-benar kota yang nostalgic teman. Tetapi saat ini lupakan Jogja barang sejenak, karena kita telah sampai di rumah keluarga Yoga di Tanjung.

Hahaha, rumah mewah yang teramat megah! Gerbangnya saja besar, belum halamannya, kemudian ruang tamunya. Dan suasana malam semakin membuatnya anggun. Subhanallah, seperti berlibur ke hotel bintang lima teman! Berkenalan dengan ayah mertuanya, ibu mertuanya, istrinya dan tentu saja Denny, adiknya. Hmm, keluarga yang menyenangkan, karena ternyata mereka juga asli Jawa. Hahaha, jauh-jauh merantau ke Borneo, maksud hati melupakan Jogja dan Jawa, ternyata malah kembali bersua dengan keluarga besar Jawa yang kembali memuliakan tamunya. Ckckck, perjalanan mencari hikmah itu nampaknya masih akan terus berlanjut teman, entah sampai kapan. Hanya Allah yang tahu jawabnya saja.

Nah, kembali ke cerita semula. Setelah menaruh barang di kamar yang telah disediakan (barengan sama Denny rencananya. Tapi itu pun sudah lebih dari cukup. Kamar tidur berukuran besar. Kasus springbed dobel. Kamar mandi dalam. Plus AC. Subhanallah bukan?), saya pun menikmati jamuan makan malam sambil berbincang singkat nostalgia kawan lama yang lama tak bersua. Yah, dan memang tidak bisa lama-lama, karena hari sudah larut, dan insyaallah masih ada hari esok untuk kembali melantunkan tembang kenangan itu. Hehehe.
**

Minggu dini hari. Mendekati Subuh tepatnya. Saya sempatkan untuk Qiyamul Lail dua rakaat. Witir satu rakaat. Bersyukur atas segala nikmat silaturahim kali ini. Bersyukur atas hikmah tidak jadi mudik. Bersyukur karena menikmati hari raya di tanah rantau. Alhamdulillah. Subhanallah. Kemudian tilawah dan Al Ma’Tsurat-an. Subuh. Dan melanjutkan istirahat barang sejenak. Masih kelelahan teman. Lalu setelahnya, menikmati pagi di teras depan sambil membaca komik Naruto (hohoho, si Denny ternyata lengkap komik Naruto-nya, hebat!).

Yups! Libur lebaran yang hebat teman! Setelah sarapan dengan menu katering yang penuh sarat gizi, pagi ini saya jalan-jalan menyaksikan komplek bisnis Pertamina di Tanjung. Hmm, hebat teman! Ternyata negeri ini memang kaya! Maka saya seperti berada di komplek PN Timah-nya Laskar Pelangi saat berada disini. Yah, menyaksikan dengan mata kepala saya sendiri kilang minyak yang begitu besar. Komplek tempat tinggal para karyawan Pertamina Tanjung. Taman komplek. Masjid komplek. RS Pertamina. Dan sekitarnya. Hmm, dua kata, luar biasa!

Nah, sepulangnya dari Tour de Pertamina, kembali saya touring, kali ini ke lokasi pertambangan milik Adiro. Hmm, lebih hebat! Menyaksikan langsung benar-benar beda suasananya! Bersama driver Mas Tris dan Yoga, lengkap dengan sepatu boat, baju kemeja, rompi orange dan helm khas tambang, kita pun menjelajahi area pertambangan itu. Hmm, tepatnya mengantarkan makanan ke Buma. Yah, tak perlulah saya bercerita tentang hubungan bisnis antara Adiro dan Buma. Tapi yang pasti, Berkah Familly adalah usaha catering mertuanya Yoga (promosi mode on, hehehe). Fuih, benar-benar pengalaman yang tak terlupakan saat berada di lingkungan pertambangan ini. Menyaksikan ratusan kendaraan berat bin besar melintas dan bekerja. Menyaksikan sisa penambangan yang menyisakan lubang teramat sangat besar sekali. Menyaksikan kerasnya kehidupan para pekerja tambang. Yah, dua kata untuk perjalanan kali ini, keras bung!
**

Siangnya, masih menikmati lunch penuh gizi di rumah Yoga. Istirahat sambil baca Naruto lagi, kemudian sorenya menikmati kota kecil Tanjung ini. Benar-benar tidak menyangka akan berada di kota antah berantah ini. Sangat jauh dari tempat tinggal saya di Jakarta. Aih, akan menjadi kisah klasik yang hebat teman. Menyaksikan taman kota Tanjung yang begitu sederhana. Masjid rayannya. Komplek pemerintahannya. Dan terakhir, ditraktir Yoga makan bakso Pak Kumis yang telah menjadi langganannya (plus es teler-nya). Huah! Menyenangkan bukan libur lebaran kali ini!

Lalu edisi malam. Maghrib di masjid depan rumah, dan bersua dengan ikhwah Jogja yang ternyata asli daerah Tanjung sini. Didi namanya, dan sekarang bekerja di Pro-U Media (wah, nanti saya pesan Dalam Dekapan Ukhuwah-karya Salim A. Fillah ke beliau saja ah). Kemudian bincang selepas Maghrib di teras depan bersama Yoga dan bapak mertuanya, lalu makan malam barengan si Denny karena Yoga sedang keluar bersama istrinya dan selanjutnya menghabiskan malam dengan duel catur melawan Denny (alhamdulillah menang dua set langsung) dan Yoga (skor imbang 1-1). Fuih, benar-benar hari yang melelahkan teman! Dan tidak pakai lama, saya pun terlelap sesaat setelah berbaring di kasur Springbed yang teramat nyaman itu.
**

Senin pagi. Saya pun harus bulik ke Banjarmasin. Selasa sudah masuk kerja soalnya. Berpamitanlah saya dengan keluarga besar Yoga yang baik hati itu. Subhanallah. Saya pun diberi buah tangan yang amat sangat banyak. Ya Allah, mereka benar-benar memuliakan tamunya teman! Seperti keluarga besar Mirza Kun waktu di Surabaya. Yah, kalau nanti Yoga and familly singgah ke Banjarmasin, saya harus gantian menjamu mereka! Memuliakan mereka sebagai tamu saya, insyaallah!

Maka usailah episode II berkunjung ke Tanjung ini. Apakah hikmahnya? Hmm, bingung saya menyimpulkannya. Tapi yang pasti, liburan kali ini benar-benar dan memberikan warna tersendiri. Dan yang pasti, silaturahim itu benar-benar banyak berkahnya teman. Semoga lain waktu saya masih bisa backpacker ke lain lokasi. Doakan saya teman!

Banjarmasin, 14 September 2010
4 Syawal 1431 H, milad saya yang ke-24 =D

2 thoughts on “Berkunjung ke Tanjung : Episode II

Leave a Reply

