Mudik itu Sensasi, Lebaran di Rantau itu Luar Biasa

Hari ini kamis. H-1. Lebaran sebentar lagi kalau kata Bimbo. Sedang di Indonesia, mudik itu adalah sebuah tradisi, utamanya Sunda dan Jawa. Kalau di status YM teman saya, mudik itu sensasi, tapi kalau kata saya, lebaran di rantau itu luar biasa. Hebat, hari raya tahun ini akan saya nikmati sendiri, alone, di negeri antah berantah, Banjarmasin.

Teman, tidak pernah terbesit dalam benak pikiran saya sekalipun jikalau akan merayakan hari raya hanya seorang diri. Benar-benar sendiri, di Pulau Kalimantan pula. Hmm, seperti ada sedikit karma karena suka tertawa geli saat membaca curhatan hati beberapa teman yang bekerja di luar Jawa, Kalimantan tepatnya. Maka kali inilah, untuk pertama kalinya dalam sejarah hidup saya, menjalani Shalat Ied secara munfarid, kemudian nanti juga bingung mau ngapain lagi. Silaturahim? Kemana? Ke teman-teman kantor, mereka pasti silaturahim ke rumah saudaranya. Mau makan ketupat yang sudah menjadi makanan wajib lebaran? Silahkan nikmati dalam mimpi teman! Rencana saya adalah, masak sarden sajalah nanti. Sekalian nasi goreng biar ramai. Telur dadar juga sebagai tambahan. Yah, kalau kata iklan rokok, “Enjoy Aja!”

Oiya, ataukah saya harus lari ke hutan, lalu berbelok ke pantai. Basi! Madingnya sudah keburu terbit. Aih, tidak! Mengapa jadi AADC begini? Pecahkan saja gelasnya biar ramai, biar mengaduh sampai gaduh! Ya Allah, koq malah Cinta-Rangga begini sih >_<

Hmm, kalau kata Ikal-nya Andrea Hirata, ini adalah penyakit bernomor kecil, alias sudah akut bin parah. Maka pelajaran moral nomor sekiannya adalah, pulang kampunglah jika tiba hari raya nanti. Yah, insyaallah, ini adalah kali pertama dan terakhirnya saya lebaran sendirian. Untuk pengalaman kedua, hmm, cukup terima kasih teman!

Oiya, atau kita singgah saja ke rumah Kang Andi, rekan studi kasus di kelas BCM yang ternyata menjadi kolega di kantor. Beliau kebetulan juga tidak mudik. Hanya istrinya yang mudik ke Bandung. Yah, daripada berdiam diri sendirian, lebih baik ke tempat Kang Andi sajalah, sesama urang Sunda pula. Insyallah nyambunglah.

Hmm, baru kemudian setelahnya, kita selesaikan misi untuk backpacker menuju Tanjung, 5-6 jam dari Banjarmasin, silaturahim ke rumahnya Yoga, kolega di Perikanan UGM dan KKN Bintan 2008. Insyaallah rencana itu harus terealisasi minggu ini, atau tidak sama sekali. Yah, nikmati sajalah edisi tidak mudik kali ini dengan berbagai kegiatan yang produktif, jalan-jalan salah satunya. Hmm, lalu tentang tugas gawean yang belum terselesaikan, minimal kan berkasnya sudah dibawa pulang, jadi sewaktu-waktu khilaf dan tidak sadarkan diri, mungkin menyelesaikan berkas itu bisa menjadi pilihan. Walau sampai sekarang saya belum pernah sekalipun menggarap tugas kantor di rumah. Hahaha, Mba Ike mode on nih (suka bawa berkas pulang juga, tapi tidak digarap juga).

Nah, atau alternatif lainnya adalah menyelesaikan buku yang baru saya beli, ”daun yang jatuh tak pernah membenci angin” karya Tere~Liye, nampaknya akan sangat menyenangkan teman. Menonton film-film berkualitas yang kebetulan ditayangkan di televisi atau masih tersimpan di laptop juga bisa menjadi rencana cadangan, plus jangan lupa untuk membuat resensinya (ingat bung! Anda anak FLP, hehehe).

Yah, begitulah, mengerikan memang (Bowo Mode On), mudik itu sensasi, lebaran di rantau itu luar biasa. Maka nikmati sajalah, bukankah Allah selalu memberikan yang terbaik kepada kita, namun terkadang kita saja yang sotoy berkata dan protes bertanya, mengapa begini-mengapa begitu, padahal Allah itu selalu lebih tahu. So, mari kita belajar untuk lihat segalanya, lebih dekat (Sherina jaman bocah Mode On).

Banjarmasin, 9 September 2010
Mencoba peran baru sebagai Blogger Banjarmasin~

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s