Selamat Hari Raya!

Idul Fitri 1431 H. Ied mubarak! Menyenangkan sekali merayakan hari raya seorang diri. Terbangun dini hari untuk kemudian mengadu sesaat kepada Sang Pencipta, membaca sesaat untuk menenangkan suasana dan tentu saja, menulis sesaat, mencurahkan segenap rasa yang ada. Setelahnnya, bersiap-siap untuk Shalat Ied seorang diri di Masjid Raya. Oiya, tak lupa sebelumnya sarapan dengan sarden dan telur dadar. Hmm, mencoba sabar dalam kesendirian, nikmati saja semuanya teman!

Yah, selamat hari raya Idul Fitri 1431 H, minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin, taqabalallahu minna wa minkum. Setidaknya saya menemukan tiga hikmah besar di hari raya ini. Tiga hikmah yang luar biasa mencerahkan dan menginspirasi. Apa saja? Mari kita simak bersama :

Satu, “Daun yang Jatuh tak Pernah Membenci Angin”. Ini adalah buku karya salah satu penulis favorit saya, Tere~Liye. Bukunya sangat hebat teman. Menemani setengah hari saya di hari raya ini. Sepulangnya dari shalat Ied hingga menjelang Jumat’an. Tentang perjuangan seorang kakak, tentang cinta seorang adik, tentang keluarga. Yah, ini semua tentang memendam rasa. Cinta kepada malaikat. Bukan sekedar roman picisan teman! Kalian tidak akan pernah memahaminya kalau tidak membacanya, maka saya pesankan bagi kalian yang tengah memendam rasa, buku ini very recomended untuk kalian. Hmm, saya saja baru setengah jalan membacanya, tapi insyaallah 2 Syawal saya akan mengetahui endingnya.

Kedua, silaturahim ke rumah Branch Manager (BM) BNI Syariah Banjarmasin, Pak Dade. Hehehe, rumahnya hanya beda beberapa blok dari rum-din yang saya tempati, tapi baru kali ini saya sempatkan silaturahim. Bertepatan dengan open house yang sengaja beliau adakan. Hmm, maka selepas Jum’atan hingga lepas Maghrib, saya banyak belajar dari beliau. Pimpinan hebat yang kembali saya temui di BNI Syariah. Yah, setelah the Special One, Pak Edwin; Pak Imam yang ramah dan Pak Dade yang pandai memotivasi. Huah!!! Hebat sekali petuah beliau, tentang kotak korek api dan rantai gajah (lain kali saya ceritakan), tentang perjalanan karirnya, tentang sejarah marketing yang dialaminya. Aih, malu saya belum melakukan apa-apa di Banjarmasin ini. Masih jauh dari sempurna. Maka kalau Tania berjanji setia kepada dia (dalam buku yang saya ceritakan di awal), maka saya pun berjanji kepada Pak Dade untuk menjadi yang terbaik di Banjarmasin ini. Bismillah! Cukuplah dua minggu adaptasi ini, sisanya, mari berakselarasi teman!

Ketiga, “3 Idiots” the movie. Yah, selepas Maghrib, menjelang Isya, ada sebuah film yang memang saya sudah penasaran untuk menontonnya. Dari dulu saya belum berkesempatan untuk menontonnya. Maka kesempatan kali ini, saya harus mengambil hikmah dari film India ini. Dan hikmah pertamanya adalah, “All iz well”, semuanya akan baik-baik saja, atau kalau versi Bondan and Fade 2 Black, “Everythings gonna be ok!”. Dan acungan dua jempol untuk film ini. Tentang persahabatan, tentang perjuangan dalam menuntut ilmu (tolabul ‘ilmi), tentang kerja keras, cerdas dan cermat. Ah, hebat sekali yang membuat film ini. Tidak seperti film India yang biasa. Ini film yang mencerahkan teman, sangat menginspirasi untuk selalu menjadi yang terbaik namun tetap humanis! Very like this deh pokoknya!

Yah, hari ini cukup tiga, tapi cukup mewakili. Teman, kuncinya adalah khusnudzon (berbaik sangka kepada Allah), selalu menepati janji untuk menjadi manusia terbaik, yang bermanfaat bagi orang banyak, yang selalu amanah, fathonah, siddiq dan tabligh. Alhamdulillah atas ketiga hikmah besar ini. Semoga selalu menginspirasi teman!

Banjarmasin, 11 September 2010
Harta karun itu adalah hikmah…

Advertisements

10 thoughts on “Selamat Hari Raya!

    • taqaballahu ya kariim…

      selamat menempuh profesi juga bos (sotoy mode on)

      *kapan2 sy jawab lagi sebisa saya
      (oiya, senior ant yg di SBY kayaknya i***h jg d)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s