It’s all about Soccer!

Kalau dwilogi terakhir Andrea Hirata bercerita hebat tentang Maryamah Karpov dan papan hitam putih catur-nya, maka saya pun memiliki cerita sederhana di lapangan hijau yang baru kali ini saya alami. Aih, lebih dari sekedar futsal, tidak sekedar sepakbola biasa teman, it’s all about Soccer!

Yah, maka pagi itu, saat tengah discuss by phone tentang tradisi emas laskar, saya pun harus mengakhirinya segera, karena kick off akan segera dimulai (af1 bos!). Hmm, sudah terlalu lama saya menunggu datangnya kesempatan ini. Empat minggu teman! Kurang lebih tiga puluh hari! Dan kini tibalah saat itu, futsal bareng BJS Genk, sabtu pagi pukul 08.00 WIT di Bun Yamin Futsal Station.

**

Hmm, lapangannya standar. Luasnya biasalah. Rumput sintetik hijau. Bola standard futsal juga sudah ada. Dan ini semua lebih dari cukup untuk saya. Dengan celana panjang training dan kaos timnas biru Swedia bernomor punggung 10 bernamakan Zlatan Ibrahimovic sebagai hadiah milad saya yang ke-24 dari seorang teman yang studi di Swedia, sudah siaplah saya untuk beraksi. Mengguncang lapangan futsal ini. Melampiaskan segala kekesalan, emosi, stress tingkat tinggi dan semua perasaan gak enak yang selama ini terpendam. Yeah! Hajar bleh!

Oiya, kali ini kita sparing teman. Melawan rekan-rekan mahasiswa campuran dari beberapa perguruan tinggi. Mereka berlima, sedang kita berdelapan dengan tiga cadangan. Hahaha, tak mengapa, mereka masih muda, sedang kita, mayoritas adalah bapak-bapak yang sudah berkeluarga. Yah, inilah starting line up kita. Mas Bayu-Mas Annas-Mas Faisol-Mas Hadi dan saya. Mas Bayu jadi striker tunggal, Mas Faisol dan Mas Annas stand by di kanan-kiri lapangan, Mas Hadi di bawah mistar, sedang saya di centre, menjadi playmaker.

Dan yuhu! Cukup menyenangkan teman. Awalnya terasa ngos-ngosan. Maklum, sudah lama tidak futsal. Apalagi skill lawan memang diatas kita. Keempat pemain mereka memiliki skill yang lumayan untuk dapat mengendalikan permainan. Sedang kita, fuih, ternyata hanya mampu mengandalkan counter attack saja. Teramat sulit untuk dapat memenangkan ball possesion dari mereka. Hmm, tapi kondisi inilah yang akhirnya membuat pertandingan menjadi menarik.

Efektivitas serangan. Plus keberuntungan. Karena itulah, kita pun sempat unggul telak tiga gol tanpa balas. Kemudian saat lawan berhasil menyarangkan gol, hingga memperkecil selisih 3-2, kita kembali mencetak gol untuk tetap menjaga selisih gol tetap jauh. Hmm, apalagi saat Om Ino, Mas Arul kemudian Kang Andi turut main. Hmm, cukup terlihat jelas, mana team yang mampu bermain cerdas plus dinaungi keberuntungan (hahaha).
**

Subhanallah. Sabtu pagi yang menyenangkan teman. Untuk sebuah pertandingan perdana, cukup memuaskanlah. Tapi sayang, saya belum berhasil mencetak gol pada debut pertama saya bersama BNI Syariah Banjarmasin. Hmm, peran saya lebih seperti Xavi Hernandez di Barcelona dan Andrea Pirlo di AC Milan, jadi belum rejeki-nya untuk mencetak gol hari ini.

Alhamdulillah banget deh pokoknya. Yah, saat bermain bola seperti inilah, saat dimana saya bisa merasakan kehadiran sosok pemain inspirasi saya. My best partner sekaligus rival terbaik saya dalam dunia persepakbolaan. Yah, dialah adik terbaik saya yang telah pergi Januari 2006 silam. Yups, saya akan terus bermain bola untuknya, untuk mengenangnya, juga mendoakannya.

Banjarmasin, 25 September 2010
Soccer forever~

6 thoughts on “It’s all about Soccer!

    • inget banget dito!!!!

      kalian tuh team sepakbola terbaik saya di tanah jogja, dan saya yakin, bersama kalian kita tuh sebenarnya bisa menjuarai semua turnamen yg ada, contohnya pas sepakbola sarung di Kawal, wkwkwkw

Leave a Reply

