Dua Belas Jam Seputar Sudan

Ahad pertama di bulan Oktober. Hmm, menyenangkan. Karena setengah hari saya habiskan di luar kota Banjarmasin. Seru. Karena inilah perjalanan panjang kedua saya setelah kunjungan ke Tanjung. Dan tentu saja mengasyikan bagi seorang backpacker ala kadarnya seperti saya ini. Karena kita menghabiskan waktu dua belas jam seputar Sudan.
*

Bermula dari tawaran Pak Jose di Sabtu malam untuk ikut silaturahim ke Kantor Cabang Pembantu BNI Syariah Banjarmasin di daerah Sungai Danau aka Sudan. Maka tidak perlu berpikir panjang lebar untuk menjawabnya. Tidak perlu istikharah untuk memutuskannya. ”Wah, boleh ’Pak, insyaallah saya ikut yah!”, jawab saya penuh dengan keyakinan dan tanpa keraguan. Hhh, seandainya saja… Aih, lupakan, kita beralih ke pokok pembicaraan awal teman, tentang KCPS Sungai Danau.

Yah, ahad pagi. Sekitar jam 5-an saya sudah bangun. Subuh. Tilawah dan Al Matsuratan. Kemudian cek email, blog and FB barang sejenak. Alhamdulillah, ramai benar yang silaturahim ke blog saya. Hmm, nampaknya saya harus melakukan kunjungan balasan nanti. Yah nanti, tidak sekarang. Karena jam 6-an kita akan berangkat menuju Sungai Danau. Tiga sampai empat jam perjalanan. Fuih, nampaknya ahad ini akan menjadi hari yang menyenangkan teman. Salah satu hikmah lain dari evaluasi lapangan di Banjarmasin =)

Nah, bersama Om Dwi, driver tercepat di BNI Syariah Banjarmasin, saya dan Pak Jose pun memulai perjalanan panjang itu. Yah, Sudan alias Sudan, daerah yang tidak pernah sekalipun terbesit dalam benak pikiran saya untuk dikunjungi. Banjarmasin saja dulu tidak pernah terbayang, apalagi Sudan. Fuih, benar-benar seperti berada di negara Sudan yang terletak di Afrika sana. Hahaha, lebay.com teman! Nikmati sajalah perjalanan kali ini dengan hati yang riang, gembira dan senang.

Menyusuri jalan aspal hitam nan panjang. Nyaris tiada berujung teman. Kanan-kiri sejauh mata memandang hanyalah hutan rawa yang hijau dan tak terbatas jangkauan. Sepi. Apalagi hari minggu pagi. Maka laju sangatlah Om Dwi mengendarai kendaraan ini. Lebih dari seratus kilometer teman! Dari Rum-Din di Jl. Ahmad Yani KM 6 hingga KM 100 lebih (seingat saya begitu). Yah, intinya jauh sangatlah. Dan seperti biasa yang saya alami. Hanya sekitar setengah jam saya tersadar, untuk selanjutnya terlelap dalam perjalanan. Kemudian terbangun sesaat, lalu tertidur lagi. Hahaha, habis bagaimana mungkin, membaca saja sulit (lho?!?).
*

Oiya, ketika sampai di daerah Pelaihari (insyaallah masih ada di peta Indonesia, khususnya di Provinsi Kalimantan Selatan), kita singgah sejenak untuk sarapan. Nasi kuning menjadi menu utamanya. Saya pakai lauk telur, sedang Pak Jose dan Om Dwi terpaksa dengan daging sapi, karena daging menjangan yang mereka berdua inginkan sudah habis. Yah, Toko Anna begitu nama warungnya, akhirnya menjadi pilihan pertama wisata kuliner kita bertiga. Dua pilihan berikutnya akan saya ceritakan selanjutnya.

Nah, yang kemudian menarik perhatian saya adalah nama daerah yang dilewati amat sangat tidak familier teman. Paling awal Gambut, lalu ada Pelaihari, kemudian Tanah Laut, masuk ke Tanah Bumbu, hingga akhirnya Sungai Danau. Hebat bukan! Macam di negeri antah berantah saya! Benar-benar petualangan yang mengagumkan (sms teman saya yang sedang menikmati outbond di hutan di atas bukit tidak akan sebanding dengan petualangan saya di Pulau Borneo ini, hahaha).

Lalu tentang KCPS Sudan ini sendiri. Hmm, kita kemari karena saat ini sedang ada relokasi. Berpindah beberapa ratus meter dari lokasi yang lama. Yups, lokasi baru dengan suasana baru. Bangunannya lebih elegan, eksklusif dan BNI banget deh pokoknya. Dan insyaallah senin besok sudah mulai beroperasi.

Cabang ini pun hebat teman! Hanya ada tiga officer disini. Pak Mulyadi selaku Pimpinan, Mas Hendra selaku teller 2, dan satu lagi, mas-mas dari Sidoarjo yang saya lupa namanya, maafkan saya teman . Sedang nasabahnya, mencapai ratusan. Transaksinya terlampau sering pula. Dan yang paling ramai tentu saja, ATM-nya. Keren! Baru kali ini saya menyaksikan ATM BNI sampai mampu membuat orang mengantri. Hmm, kayaknya memang tidak ada pilihan lain bagi masyarakat Sudan untuk tarik tunai selain di ATM BNI Syariah ini. Dan potensi ini yang nampaknya perlu dioptimalkan lagi. Tapi dengan hanya three musketers disini, nampaknya kurang teman. Yah, dengar cerita, dua orang dari Banjarmasin akan ditransfer kemari (tapi untungnya bukan saya, hahaha).

Kemudian kita pun singgah sejenak di KCPS lama. Lima tahun lamanya menempati lokasi ini. Benar-benar optimal pemakaiannya. Kalau kata Pak Mulyadi, puas banget deh make nih bangunan. Yah, karena penyusutan yang nyaris 100% itulah akhirnya kita hijrah beberapa ratus meter. Tapi masih dekat keramaian. Dekat pasar. Dekat terminal. Dan di pinggir jalan utama. Jalan Provinsi Sungai Danau. Tiga-empat jam dari Banjarmasin (tapi Om Dwi tadi mampu menempuhnya hanya dengan 2,5 jam saja, hebat =)
*

Singkat kata dan cerita. Hari pun beranjak siang. Lunch di Warung Makan Ulfah. Pinggir jalan utama menuju Kotabaru. Pilihan kedua kita bertiga plus Pak Mulyadi, tuan rumah penjamuan kali ini. Menunya ada gulai menjangan, tapi saya memang tidak tertarik teman (hahaha). Maka saya pilih saja ikan bandeng presto dan sayur bayam. Alhamdulillah, nikmatnya santapan kedua hari ini. Sebandinglah dengan perjalanan yang kita tempuh dari Banjarmasin sana. Lain waktu dan kesempatan saya akan tampilkan foto-fotonya teman, insyaallah.

Selanjutnya kembali ke kantor baru untuk pemantauan terakhir. Dan setelah Pak Jose selaku Operational Manager (OM) aka Wakil Pimpinan BNI Syariah Banjarmasin memastikan semuanya clear, aman, damai dan terkendali, kita bertiga pun berpamitan pulang. Kembali menuju ibukota Kalimantan Selatan, Banjarmasin. Oiya, terakhir, sebelum akhirnya kita tiba di Rum-Din sekitar jam 6-an, Pak Jose kembali mentraktir kita makan Siomay di Sobat Gatsu, Jalan Gatot Subroto.

Subhanallah. Alhamdulillah. Allahuakbar. Setengah hari waktu yang dihabiskan untuk agenda kali ini. Yah, cukup dua belas jam seputar Sudan 

Banjarmasin, 3 Oktober 2010
Next Week: Pasar Terapung!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s