My Word is My Bond

Sabtu. Di tengah perjalanan bersama rekan-rekan BJS menuju Sudan, tiba-tiba terdengar kata-kata sakti ini. “Bagi seorang bankers, My is my bond”, ucap senior saya, Kang Badra, dengan penuh keyakinan.

Huah!!!! Teman, ini kata-kata sakti yang seharusnya menjadi prinsip dasar seorang bankers. Dan sudah berbulan-bulan lamanya saya melupakan nasehat ini. Teramat lama. Hampir saja hilang ditelan masa. Yah, janji adalah hutang. Dan ketika seorang Bankers sudah berjanji, pantang baginya untuk diinkari. Sederhana bukan. Tapi entah kenapa saya melupakannya. Aih, terima kasih Kang atas nasehatnya pagi ini.

Yups, pagi ini. Pagi yang cukup ceria bagi BJS sekampung halaman. Ada hajatan besar di KCPS Sungai Danau sana. Tiga-empat jam perjalanan. Akan ada syukuran atas relokasi yang telah berjalan seminggu. Yah, tepat satu minggu saat saya, Pak Jose dan Om Dwi berkunjung kesana. Tapi kali ini Pak Dade mentaklimatkan kepada seluruh personil BJS dan juga Banjarbaru untuk hadir disana. Tanpa alasan. Dan kalaupun tidak, hari Senin silahkan ke ruangannya. Hahaha.

Yaps, seperti piknik 46 teman. Semuanya menyenangkan. Karena memang lokasi Sungai Danau itu teramat jauh. Melintasi lima kabupaten. Kab. Banjarmasin adalah start kita, kemudian menyusuri Kab. Banjar dengan ibukotanya Martapura, lalu Kab. Banjarbaru dengan ibukotanya Banjarbaru, setelahnya Kab.Tanah Laut dengan ibukotanya Pelaihari, dan terakhir Kab. Tanah Bumbu dengan ibukotanya Batu Licin, tetapi kita berbeda arah dengan ibukotanya, kita di daerahnya, Sungai Danau namanya.

Hmm, karena lokasinya yang jauh itulah, kita menyebutnya Sudan aka Sungai Danau. Persis dengan negara di Utara Afrika sana. Jauh berada di ujung peradaban. Melintasi rawa dan ilalang serta jalanan sepi nan tenang. Hahaha, sesekali tak mengapalah untuk refleksi. Merenungi nasib, kenapa jauh sekali lokasinya, hahaha.

Nah, kebetulan saya tergabung dengan rombongan Om Dani (driver senior yang metal). Disana ada Om Annas (yang terbiasa dengan ’ay di setiap akhir katanya), Kang Andi dan Teh Indah (dua sejoli dari Bandung yang terdamar di Banjar), Kang Badra (spesialis URC), Mb Neneng (spesialis kliring) dan Rida (calon penghuni baru Sudan, hahaha). Rombongan yang berangkat paling awal dan sampai kembali di BJS juga paling awal. Yups, kita hanya singgah di masjid, lalu beli pisang goreng kipas khas pontianak, berhenti di warung minum (senangnya makan es krim) dan isi bensin di SPBU saat pulang. Yah, teramat cepat perjalanan kita teman.

Lain halnya dengan rombongan Om Dwi (the fastest driver in BJS) dan Pak Dade. Beda juga dengan Mba Ratih dan suaminya Mas Putih (ceritanya sungguh menginspirasi mas-membuka pintu rezeki =). Tidak sama juga dengan Mas Syaiful beserta Mas Faisal, Mba Isna, Mba Ina dan yang lainnya, serta rombongan Om Agus serta anak-anak muda BJS, Mba Ike, Mba Dian, Mba Jum, Maya, Iro dkk. Yah, meskipun kita konvoi, tapi masing-masing memiliki cara untuk menikmati perjalanan pulang pergi Banjarmasin-Sungai Danau. Pokoknya meriah euy!

Lalu tentang KCPS Sudan sendiri, baru ada tiga officer ganteng disana. Om Mul sang kapten serta dua Hendra. Hendra Bulat dan Hendra Panjang (maaf mas, katanya sih begitu, hehehe). Yah, insyaallah akan ada Mas Yudhi dan Rida yang akan segera kesana (info terakhir sih begitu). Hmm, kemudian tentang syukurannya, setelah membaca Yasin dan doa, kemudian kultum dari Pak Ustadz-nya (tentang kepercayaan, kejujuran dan profesionalitas dalam bermuamalah dengan manusia), kita pun menikmati nasi uduk, sayur plus ayam bakar. Hmm, alhamdulillah deh karena masih bisa ngariung seperti ini. Dari BJS, Banjarbaru dan Sudan. Subhanallah.

Dan terakhir, benar kata Pak Ustadznya, nikmatilah pekerjaan ini dengan hati senang dan riang, jangan pernah terbebani, karena ini adalah bagian dari rezekinya pula. Yah, insyaallah, seperti pesan dari seorang yang teman yang meminta dirinya di-no name-kan perihal munasarahnya yang paling besar sepanjang sejarah saya menjadi fund raising, marilah kita nikmati saja keterasingan di Pulau Borneo ini dengan semangat My Word is My Bond 

Banjarmasin, 10-10-10

8 thoughts on “My Word is My Bond

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s