CASHFLOW!

Mulai Ahad. Senin. Selasa. Rabu. Kamis. Jumat. Dan sekarang Sabtu. Genap seminggu teman. Ganjil dengan tujuh harinya. Mengalir tanpa henti. Lambat menurut saya prosesnya. Tetapi sangat cepat dia berlalu. Aih, pekerjaan kali ini benar-benar membutuhkan energi ekstra teman. Tantangan yang saya hadapi kali ini benar-benar menantang. Maka mari kita mengawalinya dengan sebuah keyakinan, ”Saya Pasti Bisa!”

Yups, tentang advis milik SM teman, sebut saja nasabahnya itu. Pengajuan lima miliyar untuk pembangunan gedung sekolah baru. Hmm, dan yang pasti, mekanisme yang digunakan adalah BCM alias Brach Credit Management. Yah, semacam produk pembiayaan dengan nominal di atas satu miliyar. Dan yang pasti, it’s my first BCM in BJS. So, nikmati saja semuanya, FIP, FKS, FBA, PAK 3 (ini yang paling sulit sedunia, hahaha), hingga terakhir MPP. Sederhananya seperti itu teman.

Maka semenjak hari ahad siang saya mulai menggarap proyek besar ini. Perlahan tapi pasti. Kadang-kadang semangat, kadang-kadang pusing dibuatnya. Kadang-kadang gak ngerti kenapa begini kenapa begitu, kadang-kadang lancar saja dibuatnya. Hhhh, nikmati sajalah pembelajaran semacam ini, ’because you’ll never know ’till you’ve tried, begitu kata Sidu.

Memang menyenangkan ketika selesai nantinya. Ketika satu demi satu beres, ada kepuasan tersendiri. Ketika sudah mandeg, stuck, mumet, ini yang paling tidak menyenangkan. Semuanya terlihat sulit, rumit, gelap, nyaris gak ada jalan solusi dan memutuskan mengibarkan bendera putih alias menyerah. Argh, sial! Hingga hati kecil pun kembali meyakinkan, ”Masak sih saya tidak bisa?”

Yaps, tidak mengapa lembur. Pulang dari kantor di atas jam 10 malam, bahkan lebih. Tidak mengapa, karena memang semuanya butuh pengorbanan. Bukankah takdir itu baru bicara setelah kita berada di ujung usaha, maka tugas kitalah untuk terus berusaha, tidak boleh menyerah, terus bekerja, dan biarkan Allah, Rasul, dan orang-orang yang beriman menjadi saksi dari kerja-kerja kita. Itu saja prinsipnya.

Yah begitulah, ini sudah mau memasuki minggu kedua teman. Saatnya untuk menganalisa laporan keuangannya. Laporan laba rugi. Neraca keuangan. Asumsi. Dan tentu saja cashflow! Perbandingan kas masuk dengan kas keluar selama jangka waktu pembiayaan. Yah, semuanya memang berupa proyeksi. Kita memprediksi laporan keuangan nasabah di masa depan. Hebat! Insyaallah pasti bisa, kalau kita mau terus berusaha, dan berdoa.

Banjarmasin, 16 Oktober 2010
Doakan saya teman!

Advertisements

2 thoughts on “CASHFLOW!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s