ADVIS!

Lima huruf ini ternyata benar-benar menghabiskan hampir 24 jam waktu saya dalam sehari. Gile bener dah kalau kata orang Jakarta. Satu advis saja membutuhkan waktu yang tiada singkat untuk saya mampu menyelesaikannya. Lambat! Jujur, saya memang belum bisa cepat menyelesaikannya. Tapi yang saya sesali adalah janji yang tiada ditepati, janji saya untuk menyelesaikan tepat pada waktunya.

Yah, ini memang advis pertama saya teman. Satu minggu menyelesaikan FIP, FKS, FBA dan Call Memo. Nah, baru kemudian minggu kedua kita memasuki dunia angka-angka bersama laporan keuangan nasabah, mulai dari laporan laba rugi, pendapatan, penjualan, biaya-biaya, hingga akhirnya munculah laba rugi periodenya. Lalu setelahnya kita lihat neracanya, mulai dari harta lancar macam kas dan piutang, harta tetap seperti tanah, bangunan dan peralatan kemudian beralih ke kewajiban, seperti hutang jangka pendek (hutang lancar) seperti hutang bank, hutang dagang, lalu hutang jangka panjang, plus modal, laba ditahan dan laba/rugi tahun berjalan yang diperoleh dari laporan laba rugi. Kalaulah balance, berarti benarlah. Dan silahkan berlanjut ke cashflow dengan asumsi, kemudian laporan keuangan proyeksi, dan pastikan kembali, balance lagi!

Aih, pusinglah dibuatnya teman. Satu minggu terakhir ini sampai bermalam di kantor, dan baru pulang ke rumah selepas Subuh, mandi, ganti pakaian dan berangkat lagi pagi-pagi. Huah! Benar-benar menguras tenaga dan pikiran teman! Yah, karena memang saya masih belajar, maka prinsip kura-kura yang saya gunakan, lambat tapi konsisten. Nanti jika sudah pandai, kita pakai prinsip kancil, cepat dan konsisten. Hmm, advis tidak pakai lama, itulah pesan dari pimpinan saya.

Fuih, untuk sementara mungkin itu dulu teman. Masih ada satu advis lagi menunggu untuk diproses. Yups, nikmati saja semuanya, tanpa henti dan dengan inovasi tentu saja. Mari kita meng-advis. Bismillah

Banjarmasin, 201010

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s