Smart Working : Banjarmasin Mode On

Beberapa tahun silam, saat masih beramanah sebagai Kadept. PSDM KAB (Kel.Studi Fak. Pertanian), munculah paket Smart sebagai program kerja Departemen ini. Mulai dari Smart Camp I dan II, paket Smart Class (Smart Writing, Smart English, sisanya lupa), Smart Class Special dan juga Smart Film. Yups, inovasi baru yang cukup maksa sih sebenarnya. Yah, keadaanlah yang akhirnya memaksa Departemen ini untuk berinovasi dalam merealisasikan semuanya ini. Dan alhamdulilllah, hingga detik ini, nampaknya paket smart tersebut telah menjadi brand image bagi Dept. PSDM KAB. Hohoho, keren!

Nah, sekarang ini pun saya kembali dihadapkan pada sebuah keadaan dimana saya harus bekerja cerdas. Yups, kondisi dimana akhirnya bos saya mewajibkan seluruh team pemasaran ini untuk sekali lagi bekerja cerdas, tidak hanya bekerja keras. Kerja-kerja yang diniatkan ibadah, membantu nasabah, bukan malah menjerumuskannya pada hutang yang tak tertagih, apalagi sampai eksekusi jaminan. Yaps, inilah iB, Islamic Banking, lebih dari sekedar Bank teman, beyond banking!

Ideal bukan wacana tentang smart working itu! Tapi implementasinya yang memang butuh waktu tidak singkat. Akselerasi menjadi jawabannya. Learning by doing-lah solusinya. Ekspansi but prudent, itulah prinsipnya. Dan profit adalah hasil akhirnya. Hebat bukan! Maka pressure yang luar biasa telah menjadi makanan keseharian kita. Mungkin untuk menumbuhkan keikhlasan, maka diperlukan pemaksaan pada awalnya. Mungkin untuk sebuah hasil yang optimal, perlulah pemantauan ekstra dari pimpinan. Yah, untuk hasil yang lebih baik, manusia Indonesia pada umumnya memang perlu ditekan terlebih dahulu. Insyaallah bisalah!

Hmm, sudah dua bulan saya disini teman. Akhir Agustus hingga saat ini akhir Oktober. Kurang lebih dua minggu lagi SK itu akan keluar, entah apa keputusannya. Prasangka saya sih, 99% penempatan di Banjarmasin. Fuih, masih belum terbayang teman akan seperti apa jadinya bilamana hal itu terjadi. Nikmati sajalah dengan prinsip kerja cerdas ala BJS. Lebih baik kita rencanakan satu minggu yang akan datang ini. Mulai dari hutang minggu lalu 500 juta, kehadiran Auditor di awal pekan, kunjungan Direksi tanggal 3, promosi Tabungan-ku iB di Lap.Munjani, Banjarbaru bersama BI pada minggu 7 November, Bulan Mutu yang pastinya akan memporak-porandakan unit pemasaran (sedang down to earth nih), dan masih banyak tantangan lain yang menanti untuk dihadapi. Aih, sampai bingung saya bagaimana menaklukan semuanya, I was confused…

Maka polanya adalah seperti ini. Senin-Jumat, full of working. Focus in our job. Never thinking the other. Start from 8 am till drop (‘coz I’ve flexible time to finished the day). Always remember the target, target locked every week! Don’t forget to pray everyday and every time. That’s it! That’s my schedule in a week, accept Saturday and Sunday for my holiday.

Kerja cerdas ala BJS. Yah, itulah spirit untuk menyambut November ini. Untuk mengawali Senin nanti yang pastinya akan diawali dengan Morning Briefing dan biasanya, meeting special pemasaran. Yaps! Like my friend always says, “Just do the best and let Good do the rest! Semangattanpabatas!!”

Banjarmasin, 31 Oktober 2010
Ar Ruhul Jadid always…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s