Kampung Halaman Keempat : Banjarmasin

Teman, saya ingat sekali saat pertama kali menginjakkan kaki di tanah Banjar ini, Sabtu, 29 Agustus 2010 silam. Subhanallah, amat sangat terasing. Sungguh, semuanya serba baru, canggung dan kaku. Apalagi dari Bandara Syamsuddin Noor, saya memang langsung menuju kantor terlebih dahulu, untuk kemudian berkenalan dengan keluarga baru di BNI Syariah Banjarmasin. Yah, saya masih ingat jelas, ada Om Arul, Om Bayu, Pak Syahdi, Pak Jose, Om Dani, Om Anas dan Om Rahman (oiya, disini entah kenapa lebih akrab panggilan Om-aneh benar, hahaha).

Kemudian, waktu terus berlalu, membawa diriku, dalam suka dalam duka, menangis dan tertawa, kadang ku tak mengerti, semua yang terjadi (lho, koq malah nyanyi?!?). Yah, kemudian singkat cerita, Senin, 29 November 2010 itu pun tiba. Genap tiga bulan kemudian. Pak Dade datang menyalami saya, ”Selamat sudah jadi pegawai tetap, selamat tetap jadi pegawai”. Alhamdulillah! Subhanallah, Allahu Akbar!! Finally, keluar juga SK-nya itu. Pengangkatan dan penempatan. Dan tetap, Banjarmasin, hohoho!

Hmm, gak masalah teman. Sebab, ada teman saya yang nasibnya lebih membingungkan. Namanya Sinta, dia evaluasi lapangan di BSD, tapi penempatannya ternyata di Pekanbaru, maka ketika saya SMS beliau, sampai sekarang pun belum dibalasnya. Mungkin masih siyok (Miki mode on =), atau mungkin sedang sibuk mempersiapkan diri untuk segera berangkat kesana, hehehe. Yups, Banjarmasin, sekalipun gak pernah terlintas dalam benak pikiran saya untuk penempatan disini, tapi yah, gitu deh.

Apalagi saat hari Selasa-nya, tepat saat Morning Briefing, Pak Syahdi selaku Penyelia Unit Umum mengumumkan berita gembira ini. Haduh-haduh, jadi tidak enak saya. Yah, pesan mereka semua insyaallah sama, jangan lupa syukuran dan selametan-nya, hahaha. Insyaallah teman (alhamdulillah, sudah akrab juga dengan semuanya). Tunggu tanggal mainnya saja oke!

Aih-aih, speechless saya dibuatnya. Semenjak Loli-Pop menjelaskan analisa-nya bahwa lokasi penempatan dapat kita ketahui dengan mencari tahu darimana gaji November ini masuk, maka 99,999% sudah dapat dipastikan bahwa itulah lokasi penempatannya. Dan memang Banjarmasin teman, apalagi memang disini kurang SDM-nya. Jadi lebih karena kebutuhan lapangan, sedangkan kemampuannya saya, kita lihat saja akselerasinya nanti, insyaallah. Maka mohon bantuannya rekan-rekan BJS semuanya yah. Semangat! AllahuAkbar!! BJS! Gaul!!!

Akhir kata, mengutip pesan dari teman saya yang masih berjuang di tanah Jogja. Memang benar jika Banjarmasin kelak akan menjadi tanah air keempat saya. Yups, setelah Kuningan, Jakarta, dan Jogja. Hmm, untuk Bintan dan Surabaya, karena tidak sampai setahun, maka belumlah tercatat sebagai tanah air (tapi memang dua tempat ini pun menjadi tempat yang wajib untuk saya kembali singgahi barang sejenak-nantilah pas cuti). Eh, kalau begitu di Banjarmasin mau bertahun-tahun dong? Atau mau jadi urang banua? Hohoho, no comment dulu deh untuk hal itu!

Bismillah, mulai detik ini, karena sudah memiliki senjata rahasia (have no countersign again), mari kita lakukan yang terbaik, just do the best, and let God do the rest! Bekerja Niatkan Ibadah, Beribadah Niatkan Ikhlas!! Keep life in balance!!!

Banjarmasin, 1 Desember 2010
Hope for the best & prepare for the worst

Advertisements

8 thoughts on “Kampung Halaman Keempat : Banjarmasin

    • yupi! gak pernah nyangka bakal jadi orang kalimantan, jadi urang banua teman!

      *semoga bisa balik lagi ke jogja, someday, Insyaallah =D

  1. ana udh tau sedikit ttg kisahnya, mg bisa btahan, ana k kal sel jg baru, tgl 12 agustus 2007. hm…pakai homesick segala…lucu..banyak aja orang jawa..santai aja bos..

    • ha3x…
      untungnya tgl 22 januari besok kita balik ke jakarta barang sejenak =D
      *Doakan semoga istiqomah di tanah banua ini bos ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s