Kata orang Senin itu permulaan…

Senin. Aktivitas rutin itu kembali bermulai. Kanak-kanak usia sekolah berangkat untuk belajar banyak hal di sekolah. Bapak-ibu PNS pun kembali ke instansi masing-masing untuk mengabdi dan berkarya, begitu juga pegawai kantoran macam saya ini, mencoba menjadi analis pembiayaan di salah satu Bank Syariah yang ada di Kota Banjarmasin, sebut saja BJS. Yups! Hari Senin telah dimulai, saatnya bekerja (niatkan ibadah)!!

Senin kedua di Januari 2011. Bagi seorang bankers, ada amanah nasabah dana yang harus dijaga, dan itu sama artinya dengan capai target ekspansi pembiayaan. Spirit inilah yang seharusnya tetap ada. Namun terkadang menjadi sangat payah ketika semangat ekspansi saja yang mendominasi. Ternyata tidak mudah teman, tetapi bisa dibilang menantang! Seperti halnya saya kembali menemukan dua permasalahan dalam usulan pembiayaan kali ini. Pertama tentang taksasi menyeluruh atas objek pembiayaan yang sebagian sebenarnya bukan miliknya. Alhamdulillah, saya sudah memperkirakan sebelumnya, tinggal dibuat memo perubahan saja and keep maintenance it ’till real n finish 3 years again, hohoho. Kedua tentang laporan keuangan salah satu calon mudharib yang baru dapat diserahkan besok Selasa. Yah, baiklah, berarti Selasa esok kita ke Banjarbaru untuk menyelesaikan dua masalah ini. Ganbatte ne!

Dan Senin itu memang crowded teman! Ada saja walk in customer dengan segala kebutuhannya. Trader batubara-lah, bisnis rent car, dan tentu saja Griya. Subhanallah, harusnya saya dapat menikmatinya dengan sepenuh jiwa teman! Bukankah belum teruji kemampuan seorang analis jika tidak dipertemukan dengan segudang masalah? Yah, hanya saja masalahnya memang tidak sebatas urusan pekerjaan ini saja. Beberapa hal yang saat ini memusingkan kepala cukup memperkeruh suasana. Butuh perenungan yang tidak sederhana. Memang harus mengadu pada Yang Maha Kuasa saat sepertiga malam itu tiba.

Aih, Senin kali ini memang ramai rasanya. Manis-asam-asin. Tentang amanah dari MITI-M yang mungkin baru bisa saya jawab ba’da pertemuan saya dengan salah seorang ADKP UNLAM Selasa malam nanti. Tentang sebuah pesan singkat dari Jogja yang kembali membuat saya harus menunggu, bersabar, dan khusnudzon. Tentang perihal lainnya teman!

Maka ba’da Maghrib, saya memutuskan untuk segera saja pulang. Menikmati gelapnya malam Jalan Ahmad Yani dengan bersepeda. Memikirkan kembali atas semua yang telah terjadi di hari Senin ini. Dan mempersiapkan semangat baru untuk Selasa yang tentunya akan semakin menantang. Caiyo!!

Banjarmasin, 11 Januari 2011
Kembali kita bercerita…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s