Impian seorang Gusti

impian, cita-cita, semangat dan ambisi =D

impian, cita-cita, semangat dan ambisi =D

Ilmu Kelautan Universitas Padjajaran. Jujur, sekalipun tidak pernah terbesit dalam benak pikiran saya untuk kuliah di jurusan ini. Jujur, meskipun kakak pertama saya lulusan dari Program Studi Manajemen Sumberdaya Perikanan dan Kelautan (MSP), Jurusan Perikanan dan Kelautan UGM (tapi kemudian bekerja di BNI Syariah) dan kakak ketiga saya saat ini masih kuliah semester enam di program studi, jurusan dan universitas yang sama dengan kakak pertama saya, saya sama sekali tidak berkeinginan untuk meneruskan tradisi perkuliahan dalam keluarga besar saya itu.

Yah, alasan utama saya hingga akhirnya memilih jurusan ilmu kelautan di Universitas Padjajaran adalah saya terinspirasi bukan oleh kakak-kakak saya itu, tetapi karena nenek moyang bangsa Indonesia adalah pelaut (halah). Serius, dari lubuk hati yang paling dalam, ini semua adalah karena saya tidak berjodoh dengan akpol dan Gadjah Mada University. Maka dalam perjuangan terakhir saya untuk dapat berkuliah di PTN, saya menjatuhkan pilihan pada ilmu kelautan di Universitas Padjajaran (UNPAD). Secara, selama saya mengikuti bimbel di Nurul Fikri, nilai saya memang mencukupi untuk mendapatkan satu kursi disana. Dan impian untuk dapat berkuliah di PTN seperti kakak-kakak saya sebelumnya akhirnya terwujud, alhamdulillah.

Nasi telah menjadi bubur, so…

Allah SWT tahu yang terbaik untuk saya. Meski terkadang saya merasa kalau ini bukan pilihan saya, tapi saya selalu yakin bahwa Allah SWT selalu memberi yang terbaik untuk saya. Maka ketika akhirnya saya terdampar di jurusan ini, tidak ada pilihan selain survive, do the best and let God do the rest. Yah, karena nasi telah menjadi bubur, maka inilah waktunya untuk saya menjadikan bubur ini menjadi semangkuk bubur special, lengkap dengan irisan sayam, kerupuk, dan sambal.

Dan karena status saya sekarang adalah mahasiswa ilmu kelautan, maka saya bertekad untuk melanjutkan cita-cita kakak pertama saya yang kandas oleh realita. Yah, impian besar kakak pertama saya untuk menjadi seorang ilmuwan di bidang ilmu perikanan dan kelautan dengan amat sangat terpaksa harus dibuang jauh-jauh, karena jodohnya langsung datang dua bulan setelah wisuda, yaitu mengikuti program ODP BNI selama satu tahun. Idealita yang akhirnya harus menyesuaikan dengan realita. Tapi tidaklah mengapa, karena Allah juga tahu yang terbaik untuk kakak pertama saya itu.

My Dream Start From Here!

Semenjak saya menginjakkan kaki di UNPAD, dan semenjak kakak saya hijrah dari dunia perikanan dan kelautan, maka semenjak itulah saya bertekad untuk berkarya di dunia perikanan dan kelautan Indonesia. Tidak peduli apakah akan menjadi ilmuwan, birokrat atau pengusaha, yang pasti, saya harus mengaplikasikan ilmu yang saya dapat di jurusan ilmu kelautan UNPAD. Juga untuk melanjutkan cita-cita kakak pertama yang kandas, maka impian saya berawal dari sini, ilmu kelautan. Menjadi seorang yang expert tentang dunia kelautan Indonesia khususnya.

And the last but not least, tentang alasan saya mengajukan beasiswa. Sungguh sangat sederhana, saya ingin mandiri, saya ingin mencontoh kakak pertama saya yang juga mendapatkan beasiswa lebih dari cukup saat kuliah, saya juga ingin memberi contoh kepada tiga adik kandung saya (bahwa saya juga bisa seperti kakak pertama) dan yang pasti, saya ingin kedua orang tua saya bangga memiliki anak yang cerdas, berbakti dan mandiri.

Bandung, 19 April 2011
Jalasveva Jayamahe!

sumber gambar*

2 thoughts on “Impian seorang Gusti

    • lanjutkan juga perjuangan gw ‘Be..
      aku padamu =D
      *wish u become the ministry of marine & fishery ^_^

Leave a Reply

