^__^ “Banjar Life Style” ^__^

Teman, klo dulu saya pernah bercerita ttg aktivitas selama tujuh hari dalam seminggu saat masih training di Jakarta, maka sekarang saatnya untuk saya bercerita ttg aktivitas selama tujuh hari dalam seminggu saat sudah penempatan di Banjarmasin. Tujuh hari yang seharusnya produktif. Efektif & Efisien. Dan tidak lupa, berkah =D

Mari kita awali dari hari yang katanya dibenci banyak orang, Senin. Yah, katanya sih I hate Monday! But, Monday in Banjarmasin is different guyz!! Here is my Monday ^_^

Pagi-pagi sekali. Idealnya sudah mengawali hari sebelum Subuh. Sempatkan diri untuk QL dan bermunajat. Sebenarnya ini adalah resep rahasia yang akan menentukan lancar tidaknya urusan Senin ini, bahkan hingga satu minggu ke depan. Yah, karena Senin adalah saum, maka ada baiknya klo kita juga sahur terlebih dahulu (walau pada kenyataannya lebih sering gak pake sahur). Subuh berjamaah, apalagi klo mushola sebelah sedang ngadain subuh berjamaah. Take a bath, preparation, and tilawah minimal satu halaman sebelum mengayuh sepeda menuju kantor.

Pagi-pagi agak siang. Idealnya berangkat dari rumdin j6.45. Yups, dengan asumsi masih go by bike alias bike to work. Hmm, 15-20 menit waktu yang dibutuhkan untuk menyusuri jalan utama Ahmad Yani, dari km.6 ke km.4,5. Kurang lebih 1,5 km, sampailah di BNIS Banjarmasin (orang-orang lebih paham dengan istilah seberang HBI). Ngabsen. Lalu berlanjut dengan duha di mushola lt.dasar. Membuka pintu rezeki klo kata Om Ipul. Biasanya selalu ada Om Bayu yg tilawah and duha terlebih dahulu sebelum memulai aktivitasnya. Hmm, mungkin inilah resepnya sehingga di kantor beliau adalah orang yang paling tenang and calm. Fuih, kudu harus dicontoh nih ‘Jar.

Oke, lalu j7.30 ada morning briefing. Yah, mirip syuro pagi-pagi pas masih di kampus. Share dari masing-masing unit, arahan dari OM dan BM, lalu disempurnakan dengan doa rabitah (klo pake teks), ato doanya Om Ipul yang udah dikontrak selama setahun untuk memimpin doa. And the last, berteriak lantang penuh energi :

“Apa kabar hari ini? Subhanallah! Luar Biasa!!”

“Semangat! Allahu Akbar!!”

“BJS!!! Gaul!!!!”

Lalu dimulailah aktivitas di pemasaran. Yah idealnya untuk hari Senin adalah No OTS (On The Spot) karena satu dan lain hal. Maka yang dikerjakan biasanya adalah ngadvis! Buat analisa usulan pembiayaan dari nasabah. Mulai dari analisa keuangan, manajemen perusahaan, hingga jaminan. Alhamdulillah sekarang sih udah ngalir bagai air, tapi memang belum begitu deras alias masih belajar untuk lebih cepat lagi dalam ngadvis! Tapi tetap, prudent =D

Kemudian break Dzuhur. Berjamaah di mushola tercinta. Lalu lanjut lagi ngadvis ampe Ashar. Break Ashar. Ke parkiran luar barang sejenak, menghirup udara petang dan menunggu adzan maghrib berkumandang, hehehe. Yups, setelah seharian ngadvis, alternatifnya adalah baca koran ato siap-siap untuk pulang, ato malah siap-siap untuk lembur! Yah, hingga saat ini pulang gak pulang sama aja buat gw. Balik ke rumdin juga langsung istirahat. Maka selepas j5 sore, alternatifnya bisa tango atau Maghrib di kantor and buka puasa sekalian. Idealnya juga abis Maghrib tilawah 15 menit and baca al mat’surat. Lalu ntar bada Isya juga tilawah lagi 15 menit. Pokoknya target satu hari satu juz harus tercapai atau tidak sama sekali. And then, klo gak ngelembur, sebaiknya dan biasanya sebelum j10 malem gw udah istirahat. Prepare for tomorrow yang rutinitasnya tidak jauh berbeda.

Selasa. Nyaris sama dengan Senin. Mungkin bedanya, OTS atau kunjungan ke nasabah (dhi liat usaha n jaminan) akan lebih menyenangkan untuk dilakukan, karena bisa sekalian wisata kuliner. Trus sisanya sampe sore yah sama aja. Serupa tapi tak sama gitu deh. Pulang gak pulang masih sama aja, dll, dst.

Rabu. Hmm, podo wae. Hanya kadang-kadang, OM dan BM ngajakin maen tennis bada maghrib. Yah, olahraga elit tengah pekan. Kadang ikut, kadang enggak. Masih agak janggal aja klo maen tenis (untuk tidak mengatakan gak bisa =)

Oiya, untuk selasa dan rabu, biasanya sih klo kebetulan lagi di kantor, kita lunch di warung sebelah dengan menu andalan Soto Banjar atau Nasi Sayur+Ayam Steak+Ikan Asin dengan minuman, teh es. Atau klo lagi pengen jalan, kita makan prasmanan di belakang kantor, dengan menu campur-campur, dan minuman masih sama, teh es juga. Hahaha. Dan klo gak mau keluar kantor sama sekali, kita nitip Acil Isna deh untuk lunch-nya, bisa Nasi Padang Roda Gila ato Penyetan, or Gado-Gado juga bisa ding!

Yah, itulah duet Selasa-Rabu yang begitu sederhana namun sarat makna klo kita bisa menyikapinya dengan arif dan bijaksana. Halah.

Lanjut!!

Kamis. Duplikatnya Senin. Malah semakin menyenangkan karena sudah mau akhir pekan, hahaha. Biasanya juga film-film baru premiere-nya Kamis, maka klo sudah begitu, insyaallah gw jadwalkan untuk ke-21 yg ada di Duta Mall (the one and only mall in Banjar). Seperti pas dulu nonton Sang Pencerah, Dalam Mihrab Cinta, Rindu Purnama, Rumah Tanpa Jendela, King Speech, “?” dan Batas. Hohoho, ketahuan nih klo sufi aka suka film. Yah, insyaallah gak sembarangan film juga koq. Apalagi katanya Negeri 5 Menara dan Hafalan Shalat Delisa juga mau di-film-in. Kamis menarik deh. Dan semakin nostalgic pas malemnya, sepulang dari DM, makan dulu di gudeg pinggir jalan, ‘Nikmati bersama, suasana Jogja”.

And then Friday. Hari kerja paling menyenangkan sedunia karena besoknya libur, hohoho. Durasinya pun lebih singkat, meski jam kantor dimulai 30 menit lebih cepat. 07.30 WIB. Tapi gak apa-apa, efek besoknya libur membuat jarum jam berputar lebih cepat. Apalagi jam istirahat siang pun lebih lama. Dari j11.45 hingga 13.30, diisi dengan Jumatan di At Taqwa, nyicip2 pentol, dan lunch di Mama Edo, aneka bebakaran seharga Rp. 12.000,- Biasanya sih gw ama si Abdi Jaya Persada dan Andre Kandangan makan disini. Seperti anak kos waktu kuliah dulu euy!

Selanjutnya, selepas jam kantor alias jam 5, pulang gak pulang masih sama aja (pengen ngerasain feels like home lagi nih ‘Jar >_< . Lalu persiapan untuk pengajian pekanan di DPW (biasanya sih disini ‘Jar). Kick off pukul 20.30 WITA, ambil posisi paling pojok kiri, nyalain laptop, sambil OL, kita pun mulai agenda pekanan itu. Alhamdulillah, charger ruhiyah yang subhanallah setelah seminggu penuh disibukkan dengan urusan duniawi (sotoy mode on). Dan apa aja yang dilakukan di majelis ilmu ini, banyak teman, mulai dari tilawah (rencananya minggu depan diganti murajaah), tadabur quran (hehehe, al quran saya sudah ada terjemahan kata per kata), kalimah usrah dari naqib, madah (masih ada sirah 25 rasul dan bedah buku), infaq majelis, ta’limat, dan qodhoya-rawa’i (biasanya tentang DS, laiyalah, namanya juga US =)

Hingga akhirnya menjelang j12 malam, sesaat sebelum teng-teng-teng-teng, forum pun ditutup dengan hamdalah, istigfar dan doa kifaratul majelis ^__^

Nah, mungkin itu dulu kali yah aktivitas Senin ampe Jumat. Untuk dua hari yang teramat special, Sabtu dan Ahad, insyaallah gw bahas di Daily Activity Part II.

Banjarmasin, 22 Mei 2011
Like SO7 sing a song : Hari bersama-Nya n_n

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s