Forum itu bernama, Lingkar Pena…

Dalam tiga minggu terakhir ini selalu saja ada aktivitas di setiap ahad pagi. Sekitar pukul 9 hingga 12 siang di halaman Masjid Raya Sabilal Muhtadin. Yups, aktivitas yang dulu pernah gw jalanin setiap selasa or kamis sore di Gedung Rektorat UGM, semacam forum, dan ternyata, setelah hampir menghilang empat tahun, hanya lokasinya saja yang berpindah, dari Jogja hijrah ke Banjarmasin. Yah, forum itu masih tetap memiliki nama yang sama teman, Forum Lingkar Pena.

Maka akan kuceritakan beberapa hal tentang forum yang satu ini. Sebuah forum yang telah mengetuk pintu hati gw untuk bergabung di dalamnya sejak pertama kali kaki ini menapak tanah Jogja. Dunia kepenulisan ternyata cukup menarik untuk orang2 yang senang bercerita lewat kata seperti saya ini. Dan ketika ada yang namanya Open Recruitment anggota baru FLP Jogja, jelas saya mendaftar, dengan penuh semangat 45, saya nyatakan cinta kepada FLP, bahwa saya siap untuk berjuang melalui dakwah kepenulisan. But the answer is, gw gak lolos seleksi pren! Maka saat itu, FLP hanya obsesi, dan kesibukan saya di kampus serta buku diary, cukuplah bagi saya untuk melupakan forum itu beberapa tahun lamanya.

Menjelang akhir 2007. Terdengar kembali klo forum itu mengadakan Oprec untuk angkatan ke VII. Dan setelah istikharah, saya kembali berazzam untuk dapat bergabung di dalamnya. Apalagi saat itu saya masih dalam keadaan duka, sepeninggal kepergian adik pertama saya. Dan bismillah, Aku, FLP, dan Dakwah Kepenulisan serta satu buah tulisan saya saat naik gunung merbabu, berhasil mengantarkan saya untuk bergabung dengan forum tersebut, alhamdulillah. Namun masih ada lagi satu kendala yang dihadapi. Pada saat itu klo tidak salah saya juga harus mengurus mabit siyasi Partai Bunderan feat. KAMMI, dan pada saat yang bersamaan saya pun harus menghadiri acara PDKT FLP sebagai alur resmi kaderisasi FLP Jogja. And finally, I choose FLP ^_^

Singkat cerita, gw pun mulai terlibat aktif dalam beberapa kegiatan FLP Jogja. Bersama rekan2 angkatan VII yang melegenda, Alit, Prima, Zuki, Budi, Anjar, Haris, Ade, Iim, dan masih banyak lagi, angkatan VII cukup meramaikan jalannya FLP. Namun keterlibatan gw di FLP memang agak cukup terlambat, karena apa, karena ternyata amanah di kampus sudah cukup menyita tujuh hari dalam seminggu yang gw miliki. Tapi untunglah gw masih punya blog yang dapat digunakan untuk mempertanggungjawabkan keanggotaan FLP gw, secara pejuang berpena masak gak nulis sih. Maka jadilah blog tersebut sebagai sarana gw untuk menggapai takwa dengan tinta…

Dan empat tahun berselang. Hmm, sebenarnya gw masih punya satu cerita sedih terkait dengan FLP Jogja. Tapi sayang banget teman, gw gak bakal bisa menceritakan cerita sedih itu. Yah, ada hikmahnya so pasti, dan hikmah itulah yang masih gw cari sampai sekarang. Eh, sebenarnya masih ada lagi satu cerita sedih. Eh, bukan sedih sih sebenarnya, tapi membingungkan aja, karena sampai sekarang hikmahnya juga belum ketemu. Yah, cukup dua ajalah gw pikir “catatan” yang tidak begitu menyenangkan bersama FLP. And now, FLP Banjarmasin is come!

Forum itu masih bernama sama teman. Bahkan istilah transfer kembali saya gunakan. Transfer dari FLP Jogja menuju FLP Banjarmasin. Dan seperti janji gw untuk senantiasa menggapai takwa dengan tinta, gw pun merasa berkewajiban untuk membersamai perjuangan di FLP Banjarmasin ini. Yah, walau gw tahu, sebenarnya ada konsekuensi teramat berat klo gw terlalu terlibat aktif di forum ini. Fuih, balas dendam yang positif sih. Hhh, liat besok aja deh ‘Jar, semoga dalam beberapa hari ke depan, janji itu itu ditepatinya. Bismillah, hanya berharap yang terbaik teman, dengan atau tidak bersamanya, forum itu masih tetap bernama Lingkar Pena.

Banjarmasin, 1 Agustus 2011
My 1st Ramadhan =D

2 thoughts on “Forum itu bernama, Lingkar Pena…

Leave a Reply

