17 Ramadhan says : MERDEKA!

Sudah hari ketujuh belas teman. Lebih dari setengah purnama sudah Ramadhan berlalu. Evaluasi besarnya adalah belum optimal. Belum banyak kebaikan yang gw lakukan. Aih-aih, semoga pasca ini semuanya bisa back to normal. Hmm, kembali seperti dulu masa jaya gw medio 2007-2008 saat masih membersamai KAB hampir empat tahun silam.

Oke. Hari ini sebenarnya ada beberapa agenda besar yang penuh dengan hikmah. Mulai dari upacara bendera, mukhoyam quran, bukber bojes limited edition hingga doorprize dari kaskus radio. Ya Allah, semuanya itu sudah lebih dari cukup seharusnya. More than enough. Fuih, maka nikmat Tuhan manalagi yang hendak engkau dustakan teman.

Maka mari kita awali dari upacara bendera yang terakhir kali gw lakukan di Surabaya, tepat setahun silam, saat masih training di kota pahlawan sana. Hmm, seinget gw selepas dari upacara gw sempet OTS ke tempat calon nasabah. Sayang banget gak berjodoh. Antara lucu dan sedih klo mengingatnya. Hehehe, aya2 wae memang. Dan upacara kali ini pun kembali hadir dengan telat. Secara, jalanan macet banget. Halah. Enggak2, kita telat aja sih berangkatnya. Tapi untungnya kita tetap diperbolehkan mengikuti jalannya upacara meskipun telat parah dan tidak memakai dasi. Hadeh. Jaman SD-SMP-SMA banget nih. Yah, satu katalah untuk 17 Ramadhan aka 17 Agustus kali ini, merdeka!

Kemudian sepulangnya dari upacara, kita lanjutkan dengan conference meeting team korwil MITI-M. Misi besarnya adalah temwil. Dan untuk borneo, gw harus bertanggungjawab penuh akan keberlangsungan acara ini. Bismillah, mudahkanlah Ya Allah. Lalu setelahnya, kita mulai menghafal kembali Al Muzzammil karena bada Dzuhur sampai Ashar sudah harus disetorkan teman. Fuih, kita lihat nanti siang aja deh endingnya.

Dan ketika akhirnya siang datang, gw langsung cekidot ke TKP, Masjid Raya Sabilal Muhtadin. Siang. Panas. Tapi mau bagaimana lagi, siapa tahu ketemu big bos disana. Halah. And when I arrived at there, subhanallah. Udah lama banget gw gak menghadiri acara semacam ini. Seinget gw, terakhir kali yah pas masih di Jogja, Januari 2009, pas ada Daurah Quran. Ya Allah, bertemu dengan orang2 shaleh emang beda nuansanya. Gw ngerasa jauh banget dari yang namanya surga. Gw ngerasa interaksi gw dengan Al Quran selama ini seperti hampa, gak bermakna dan nyaris tanpa hikmah. Ya Allah, gw malu banget dengan kondisi gw saat ini. Padahal sekarang adalah bulannya Quran, tapi entah kenapa gw masih suka banget mengkhianatinya. Baca tapi gak mengamalkan. Tilawah tapi gak paham. Ya Allah, what should I do?

Maka hafalan Al Muzzammil gw pun tidak genap sempurna. Dari 20 ayat hanya hafal 12 ayat. Jauh. Seharusnya gw bisa hafal. Tapi. Tapi. Tapi. Hhh, gak serius banget nih ngapalinnya. Payah. Malu. Fuih, untung masih banyak temennya. Jyah. Dia malah nyari temen. Menarik. Maka sangat menarik saat menyaksikan belasan kader bersusah payah ngapalin tuh surat. Maka sangat menyenangkan jika setiap hari gw bisa meluangkan waktu untuk mentadaburi ayat2-Nya itu. Thx a bunch buat Ust.Hilal yang sudah bersedia mencek murajaah 12 ayat sy, terimakasih juga buat Ust.Tajri yang sudah mencek tajwid bacaan quran sy. Terimakasih kepada pian sabarataan yang telah memberikan ulun kesempatan untuk mengikuti mukhoyam quran kali ini. Yah, sebab klo sy gak sempet ikut mukhoyam yg ini, pasti sy akan diminta untuk mengikuti mukhoyam sapu jagad nanti. Halah.

Oiya, sepulangnya dari Sabilal, bersama dengan Pak Hari (bendahara LU), gw pun ngebesuk Pak Haikal (mas’ul LU) dan Pak Choesnol (bendahara DPW dan ketua yayasan) yang sedang diuji Allah dengan ujian kesehatan di RS Bhayangkara. Fuih. Rumah sakit. Ramadhan. Mengingatkan Ramadhan enam tahun silam di RSI Jakarta. Memori yang akan gak pernah gw lupain. Saat dulu Fajar sakit. Penyakit yang sekarang ini juga sedang ramai dibicarakan kembali ’Jar. I hate to say, GBS, Galliant Bare Syndrome. Ya Allah, hingga akhirnya Allah mungkin lebih mencintai Fajar, saat itulah Fajar terbenam, dan saat itulah Panji tak pernah lagi berkibar.

Hhh, rumah sakit. Maka belajarlah gw perihal nikmat sehat itu. Disinilah gw kembali paham bahwa sakit itu juga nikmatnya bukan. Maka sudah seharusnya gw produktif karena kondisi gw yang sehat wal afiat ini. Untuk Pak Haikal dan Pak Choesnoel, semoga lekas sembuh pak, semoga sakit pian menggugurkan dosa2 pian. Aamiin.

Lalu agenda yang paling menyenangkan saat senja menjelang malam. Buka puasa bersama Bojes limited editon, sponsored by Pak Jose, hehehe. Deja vu! Persis setahun silam saat gw pertama kali nyampe Banjar. Huah!! Pengen banget balik ke masa lalu, saat untuk kali pertama gw fallin in love with Banjarmasin. Fuih, gak kerasa udah setahun aja gw di Banjar. Bener2 gak kerasa. Status gw dengan si Banjarmasin pun masih HTS teman. Entah sampe kapan gw disini? Who knows? Aih2, bukber tahun ini pun tidak lagi di Tambak Yudha, tp kali ini kita ke Kampung Lauk. Dan pesertanya jauh lebih banyak, lebih rame, dan lebih meriah euy!

Alhamdulillah. Dan closing-nya pun sangat menyenangkan. Saat OL, blogging, cek imel dan notifikasi, gw dapet doorprize dari Kaskus Radio atas komen si Jali2 kemaren. Huah!! Seneng banget gw. Maka mari berbaik sangka, berita gembira itu datangnya dicicil. Berita gembira itu gw yakin Allah kabulkan pada saat yang tepat. Mungkin saat gw sudah berada di puncak ruhaniyah. Yah, meski gw gak tahu itu kapan. Maka berusaha dan berdoa sajalah ^_^

Banjarmasin, 18 Ramadhan 1432 H
Juga inget pas wisuda 2009 silam =D

4 thoughts on “17 Ramadhan says : MERDEKA!

  1. Hmm….ayuja…umpat mampir nah ane…
    selamat ya…atas terpilih comen nya di kaskus radio…

    eh, ada mukhoyyam al-qur’an utk ikhwan ya…
    kok akhwat ga ada ya :?
    —————————–
    tau dari istrinya pa Haikal, katanya diagnosa dari dokter, beliau kena batu ginjal..

    ya, kt do’akan sj smg pa Haikal dan pa Choesnoel, disehatkan kembali..

Leave a Reply

