Catatan Keajaiban Sebuah Skripsi II

Keajaiban 2 : Pendahuluan itu Bernama Proposal

Teman, ada satu prosedur yang harus saya lalui saat mengerjakan skripsi. Yups, master piece yang satu ini memang memiliki pendahuluan yang teramat panjang. Singkatnya, prolog itu bernama proposal. Namun, jangka waktu proposal satu dengan proposal yang lain tentu berbeda. Ada yang membutuhkan waktu teramat panjang. Satu-dua semester saja terlewati hanya untuk melewati fase ini. Tapi ada juga yang membutuhkan waktu yang teramat singkat teman, paling lambat satu bulan. Nah, untuk kasus saya, alhamdulillah berada pada durasi normal (hehehe).

Ketika akhirnya saya fokus untuk skripsi di awal semester sembilan, Agustus 2009 tepatnya, saya hanya membutuhkan waktu tidak sampai enam bulan. Mulai dari penentuan tema, penyusunan proposal, konsultasi-revisi, semuanya seperti dimudahkan. Alhamdulillah.

Dan ajaib. Keajaiban kedua ini memang tidak pernah saya kira sebelumnya. Dua dosen pembimbing saya padahal termasuk dosen yang sangat ketat dalam menyeleksi mahasiswanya sebelum memulai penelitian. Jangan berharap anda akan diijinkan melakukan penelitian jika proposalnya belum sempurna benar. Bukan bermaksud mempersulit teman. Sungguh bukan maksud mereka juga memperlambat lulusnya seorang mahasiswa. Maksud mereka sungguh baik, sangat baik bahkan. Namun bisa jadi karena mahasiswa sekarang memang suka tergesa-gesa, hanya ingin instant, jadilah hanya bisa menyalahkan, “Ah, dosennya emang resek, ribet dan gak asik.”

Hmm, tapi tidak untuk saya teman. Saya sangat yakin, sangat percaya, bahwa dosen-dosen inilah yang pasti dikirim Allah SWT untuk memudahkan fase pendahuluan bernama proposal itu. Subhanallah. Akhir Januari 2009, saya pun diijinkan untuk berangkat ke lapangan dan melakukan penelitian. Allahu Akbar!

to be continued…

Advertisements

4 thoughts on “Catatan Keajaiban Sebuah Skripsi II

  1. Skripsi, sepele nulisnya, berat juga ngerjainnya :d

    *doain ane yo utk seminar esok senin, dan ujian 2 pekan berikutnya, hehehe… ^___^v

    *Kak niefha sampe mana nih…? ;-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s