Turnamen Futsal BNI 2012

Hari itu sabtu. 16 Juni 2012. Empat hari selepas gw milad. Hari yang gak bakal bisa gw lupain. Menyejarah.

Sebelumnya kita memang sudah tahu klo BNI Wilayah -dalam hal ini Kalselteng- akan mengadakan serangkaian perlombaan menyambut miladnya yang ke-66. Salah satunya adalah pertandingan futsal. Dan untuk mempersiapkannya, dua kali sudah kita berlatih tanding untuk menyempurnakan ikhtiar pada 16 Juni nanti. Bahkan jauh-jauh hari, kita sudah berlatih rutin setiap Sabtu pagi, jam 8-10. Latihan rutin yang ternyata memberikan dampak teramat positif bagi team futsal kita ini, Bojes FC.

And finally, pertandingan yang ditunggu2 itu pun tiba. Klo tidak salah ada 10 team (ah, tepatnya saya lupa teman). Tapi sistem turnamen, kalah langsung gugur. BNI Syariah Banjarmasin sendiri langsung by di perempat final. Langsung ditunggu oleh BNI Wilayah 6. Match pertama sepertinya menjadi starting point yang teramat sempurna teman. Pertandingan pertama itu nampaknya berlangsung tidak berimbang, hasil akhir klo tidak salah 12-1, atau 12-0, atau 11-0 (ah, lagi2 saya lupa skor pastinya, tapi yang pasti menang telak). Saya sendiri hanya main di babak pertama dan mencetak 3 gol saja, alhamdulillah.

Lalu pertandingan kedua, semifinal. Sudah ada BNI Cabang Banjarmasin. Pertandingan sangat panas. Sangat ketat. Berlangsung seru. Tapi alhamdulillah, kita pun masih unggul teman. Selisih 2 atau 3 gol. Antara 6 sd 7 gol berbalas 3 sd 4 gol. Fuih, top skor kita pun terpaksa dikartu merah oleh wasit akibat emosi yang tidak terkontrol. Hmm, kali ini saya main full dan buat 2 gol, skali lagi alhamdulillah.

Break final. Pak Edwin dan Pak Heru ngajak kita semua lunch di Bubur Bunda. Yeay, alhamdulillah. Makan dulu sebelum bertanding. Pertanding final tentunya akan membutuhkan banyak energi. Dan di dua pertandingan ini energi kita pun memang terkuras habis teman. Ah, tapi semuanya sangat menyenangkan. Dukungan dari suporter, manajemen dan istri tercinta seperti menjadi tambahan energi yang tiada terkira (cieeee…)

FINAL. Ternyata sudah ada BNI Cabang Kotabaru. Ya Allah, itu jauh mah jauh banget, nyebrang pulau sendiri. Bisa 7-8 jam perjalanan darat dari Banjarmasin. Hmm, rada gak enak juga sama mereka klo kita ngalahin. Masak mereka pulang dengan tangan hampa (halah-sotoy). Tapi klo udah final, gak ada di kamus gw ngalah, apalagi sebagai kapten, gw gak bakal ngebiarin team gw kalah begitu aja. Nah, inilah dia final yang gak kalah seru dibandingkan ama final liga champion 2012, antara Chelsea VS Muenchen.

Babak Pertama. Pertandingan berjalan normal. Penuh pressure. Kotabaru unggul lebih dulu. 1-0 untuk mereka. Baru di pertandingan ini kita kebobolan lebih dulu. Cukup panik. Shock. Bisa gak yah kita menyamakan kedudukan? Dan jawabannya ternyata bisa. Berawal dari tendangan sudut. Tendangan gw alhmadulillah membentur pemain Kotabaru dan masuk ke gawangnya. 1-1. Bojes semakin semangat. Kotabaru pun semakin semangat. Saling menyerang dan bertahan. Alhamdulillah skor akhir babak pertama kita unggul tipis, 3-2.

Babak Kedua. Kotabaru ngamuk. Mereka nyerang habis-habisan. Kita keteteran. Panik. Galau. Maka berbaliklah kedudukan menjadi 5-3 mereka unggul. How could be? Tiga gol tanpa balas teman! Lemes seketika Bojes. Apalagi waktu semakin mepet udah mau abis. Suporter juga udah nyaris putus asa. Hhh, pertanda kalah nih kayaknya.

Lima menit terakhir. Gw pun menguasai bola dari tengah, gocek dikit, dan shoot! Gol dari tengah lapangan teman. Alhamdulillah. Skor 5-4. Kita masih kalah satu gol.

Tiga menit terakhir. Serangan Kotabaru berhasil dipatahkan. Tendangan ke dalam pun gw lakukan. Langsung lob jauh ke gawang lawan. Alhamdulillah kiper lawan galau kelabakan nangkep bola lambung tersebut. Terlepas, kena tiang, nyamperin Om Keti yang tanpa pikir panjang langsung ngantem tuh bola ke gawang. Gol!!!!

Skor pun alhamdulillah jadi sama. Om Keti the wonder boy berhasil menyelamatkan Bojes FC dari kekalahan. Dan sadar waktu sudah habis, gak lama setelah gol itu, wasit pun niup peluit. 5-5. Pertandingan langsung dilanjutkan dengan adu tendangan penalti. Gak pake perpanjangan waktu karena untuk final kali ini udah 2×20 menit. Biasanya kan cuma 2×15 menit. Hhh, bener2 kayak final liga champion teman -_-

Adu Penalti. Hanya diambil 4 penendang. Kita nendang duluan. Om Dani yang emang terkenal kenceng tendangannya jadi yang pertama. Dan alhamdulillah enggak gol. Bola mengarah ke tengah, kena badan kiper yang emang standby di tengah. Peluang menipis. Apalagi penendang lawan berhasil menyarangkan bola ke gawang Om Mahlan. Makin lemes. 0-1 kita tertinggal.

Penendang kedua. Harus gol. Gak gol bisa nganterin kita ke posisi 2 lebih cepat. Kita pun makin stress, apalagi yang nendang gw. Kapten lagi. Masak gak gol. Hhh. Bismillah. Maka gw tendang dengan amat sangat kencang. Ambil kanan. Alhamdulillah gol! Kipernya terpukau di tengah. 1-1. Lalu penendang kedua lawan gw lupa gol apa enggak. Saking tegangnya kali yah. Eh gak gol ding. Skor tetap 1-1. Berimbang.

Penendang ketiga. Gilirannya Om Galih. Semakin panik. Harusnya ini menjadi saat yg tepat untuk membalikkan keadaan. Gw lupa Om Galih nendang ke arah mana. Tapi yg pasti gol. Alhamdulillah. Gantian Bojes yang jadi semangat. Kotabaru panik. Skor 2-1 untuk Bojes. Mereka nendang. Alhamdulillah gak gol. Gw lupa kena tiang, melenceng atau berhasil dihalau Om Mahlan. Intinya gak gol. 2-1 masih untuk Bojes.

Penendang keempat. Gol menang. Gak gol pun kita masih bisa menang, asal mereka gak gol. Kali ini Om Ical yang berkesempatan jadi pahlawan. Now or never. Satu-Dua-Tiga langkah kurang lebih. Suasana menegang. Dan bola pun meluncur deras dari titik putih. GOL!!!!!

3-1. Bojes unggul. Tidak lagi terkejar. BNI Syariah Banjarmasin pun menjadi juara I. Subhanallah. Alhamdulillah. Allahuakbar. Gak pernah nyangka. Gak pernah ngira. Bola ternyata bener2 bunder teman. Unggul-Kalah-Imbang-Kalah-Imbang-Unggul. Sebuah prestasi yang sangat mengejutkan. Buah dari ikhtiar dan doa. Yah, seperti yang Pak Edwin bilang di akhir pertandingan.

“Saya udah firasat klo Allah memang pengen ngebuat kita tertawa di akhir pertandingan”

Banjarmasin, 4 Juli 2012 -for Bojes FC-

2 thoughts on “Turnamen Futsal BNI 2012

  1. Pertama2 kami ucapkan selamat atas sukses BNI USY Bms menjadi juara turnamen futsal bni 2012, kami akui dewi fortuna tdk berpihak kpd kami, selain minimnya waktu istirahat, (kami tiba di Bms pukul 16.30 setelah 8 jam perjalanan laut-darat) dengan hanya waktu tidur +/- 1 jam saja..
    Yg patut kami sayangkan adalah gol ke-4 USY, dimana saat itu sama sekali tdk ada reaksi dari pemain kami karena sebelumnya terdengar pluit (yg ternyata dari lapangan sebelah), kami protes wasit namun gol tetap sah, berkat ‘gol gratis’ itu kami seperti kehilangan momentum
    Semoga tahun depan KTU dan USY Bms ketemu lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s