Catatan Keajaiban Sebuah Skripsi IV

Keajaiban 4 : Silaturahim itu memang membawa berkah

Oiya, sebelumnya saya belum menceritakan yah dimana penelitian sosial ini akan berlangsung? Dimana data-data di lapangan akan saya kumpulkan untuk kemudian akan saya olah sedemikian rupa dan sedemikian hingga, sampai akhirnya menjadi sebuah master piece yang akan menggetarkan Grha Sabha Pramana atau kita lebih mengenalnya dengan GSP, gedung utama Universitas Gadjah Mada tempat diwisudanya para mahasiswa-mahasiswinya.

Ah, nampaknya tidak perlu saya bercerita panjang lebar lagi. Penelitian sosial ini mengambil lokasi masih di wilayah DIY, tepatnya di Kabupaten Bantul, lebih tepatnya lagi Pantai Depok. Yah, Pantai Depok. Sebuah pantai di selatan Jogja yang memang sudah terkenal dengan wisata kulinernya. Yupi! Pantai yang satu ini memang terkenal dengan deretan warung di pinggir pantai yang menyediakan berbagai produk laut olahan, mulai dari ikan bakar, cumi, udang, dan aneka seafood lainnya, bisa disajikan dengan cara dibakar, digoreng biasa, bumbu asam-manis-pedas. Yummi! Membayangkannya saja sudah maknyos teman. Nah, kembali ke pokok permasalahan utamanya. Meskipun Pantai Depok hanya berjarak kurang lebih satu jam dari kos-kosan saya, jelas tidak mungkin bagi saya untuk bulak-balik setiap harinya saat pengumpulan data. Akan banyak waktu terbuang. Akan banyak pula energi yang diperlukan. Dan yang pasti, akan terasa kurang jika saya tidak menginap di lokasi penelitian ini. Namanya juga penelitian sosial, maka saya pun harus bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Menjalin silaturahim teman!

Oiya, tentang silaturahim ini pun ternyata telah merangkai keajaibannya sendiri sejak tahun 2007. Sejak pertama kali saya silaturahim ke rumah senior saya yang berjarak tidak jauh dari Pantai Depok. Hmm, silaturahim dalam acara Smart Camp I yang memang mengambil lokasi di rumah senior saya itu. For your information, acara tersebut adalah agenda rekruitmen Klinik Agromina Bahari-Kelompok Studi Fakultas Pertanian UGM. Nah, senior saya itu kebetulan adalah mantan ketuanya juga, hingga akhirnya kita pun dapat mengadakan acara disana. Kemudian ketika akhirnya saya kembali ke Pantai Depok untuk sebuah penelitian pada tahun 2009, saya pun kembali meminta tolong kepada senior saya itu untuk dicarikan tempat bermalam selama saya nanti penelitian disana. Dan alhamdulillah-nya, beliau pun memperkenalkan saya dengan Mas Bin dan keluarga. Subhanallah, maka selama saya melakukan penelitian disana, bermalamlah saya disana. Menjadi bagian dari keluarga Mas Bin, adiknya dan kedua orang tuanya. Hampir satu bulan lamanya. Menjalin silaturahim dengan penuh keberkahan. Keluarga yang baik. Sungguh, merekalah keajaiban keempat yang Allah hadirkan untuk saya dalam catatan ini. Semoga Allah membalas segala kebaikan mereka semua dengan kebaikan-Nya.

to be continued…

Leave a Reply

