Catatan Keajaiban Sebuah Skripsi V

Keajaiban 5 : Maknyos-nya Wisata Kuliner

skripsi itu maknyos

skripsi= manis+asam+asin+pedas

Sebelumnya saya tidak pernah menyangka. Membayangkannya saja tidak. Bagaimana mungkin penelitian ini akan menjadi sebuah wisata kuliner yang begitu mengesankan, begitu menyenangkan dan seperti Pak Bondan katakan, “Maknyos tenan!”.

Bagaimana bisa ini semua terjadi? Saya sendiri tidak tahu pastinya, tapi anggap saja ini keajaiban kelima skripsi saya teman. Yah, bukankah life is simple. Maka ketika akhirnya saya dihadapkan pada sebuah kewajiban yang teramat berat (dhi. skripsi), saya pun memutuskan untuk mengambil tema penelitian yang tidak akan membebani saya saat menjalaninya nanti. Dan cling-cling-cling! Terbesitlah ide wisata kuliner itu. Terlintaslah kehidupan ibu-ibu tukang masak di Pantai Depok yang sudah terkenal dengan ikan bakar dan hasil olahan laut lainnya. Kemudian terangkumlah itu semua dalam sebuah judul besar master piece 2009 milik saya :

PERAN DAN AKTIVITAS WANITA PENGOLAH HASIL PERIKANAN :

STUDI KASUS DI PANTAI DEPOK KABUPATEN BANTUL

Hehehe, mungkin terkesan memaksa yah? But that’s the fact, atas dasar kecintaan saya pada produk olahan hasil perikanan juga kepedulian saya pada kehidupan sosial stake holder disana, jadilah judul yang tersebut di atas. Dan dari kurang lebih 30 warung yang ada disana, saya berhasil mengambil data kurang lebih 10 warung. Hmm, berarti saya berhasil menikmati sepertiga hidangan laut disana. Berangkat pagi-pagi sekitar jam sembilan, menikmati kuliner disana sembari mengumpulkan data dengan menginterview ibu-ibu juru masaknya, pulang sore-sore sekitar jam lima. Mulai dari Senin sampai dengan Jumat, Sabtu-Minggu kembali kembali ke Kota Jogja. Ah, sungguh sebuah penelitian yang menggembirakan. Yah, inilah penelitian sosial ala saya. Challenging and Fun!

to be continued…

Leave a Reply

