Catatan Keajaiban Sebuah Skripsi III

Keajaiban 3: Bebas Finansial

skripsi gratis

skripsi gratis

Tahukah teman berapa banyak dana yang dialokasikan pemerintah kita untuk para peneliti bangsa ini mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang nantinya akan digunakan untuk kemajuan bangsa? Saya sendiri tidak tahu pasti berapa jumlah nominalnya. Tapi yang jelas tidak banyak, untuk tidak mengatakan sangat sedikit.

Dan tahukah teman berapa banyak juga peneliti di Indonesia yang kesulitan pendanaan untuk berkreativitas dalam penelitiannya? Saya pikir jumlahnya pun tidaklah sedikit. Maka tidak salah juga jika akhirnya banyak peneliti Indonesia yang akhirnya ‘terpaksa hijrah’ ke luar negeri untuk pengembangan karier keilmuan dan ekonominya. Yah, sebuah dilema memang. Sebuah penelitian memang jelas membutuhkan dana, termasuk juga penelitian sosial saya ini. Fuih…

Nah, beruntungnya saya adalah Allah memberikan keajaiban ketiganya kepada saya terkait masalah dana penelitian. Penelitian sosial saya ini jelas membutuhkan dana yang tidak sedikit teman. Terutama untuk masalah akomodasi dan konsumsi, juga yang tidak kalah pentingnya, dana untuk cetak-cetak si skripsi nanti. Hmm, sungguh pelik memang perihal yang satu ini. Meminta tambahan dana kepada orang tua jelas tidak mungkin saya lakukan. Mengoptimalkan tabungan hasil beasiswa dua tahun terakhir & jualan snack kos ke kos juga nampaknya masih kurang. Ya Allah, bingung saya dibuatnya. Tidak mungkin penelitian ini batal hanya karena masalah dana (lebay mode on : hehehe). Hingga akhirnya keajaiban langit yang ketiga itu akhirnya datang tepat pada waktunya. Alhamdulillah.

Sebut saja institusi yang berbaik hati dengan inisial TF. Yups, akhirnya saya memutuskan untuk mengajukan dana penelitian ini ke TF. Institusi nirlaba yang dua tahun terakhir memberikan beasiswa bulanan dan biaya perkuliahan kepada saya. Prosesnya pun mudah. Saya sudah mengenal dengan baik admin TF sejak penandatangan kontrak beasiswa itu. Maka berkomunikasilah saya dengan admin TF. Menjelaskan ini-itu. Melampirkan rincian perhitungan anggaran. Hingga akhirnya sebelum saya berangkat penelitian, dana itu pun sepenuhnya cair. Huah!!! Senangnya saya saat itu. Janji Allah memang selalu benar. Maka memintalah hanya kepada-Nya. Maka memohonlah hanya kepada-Nya. Maka berdoalah hanya kepada-Nya. Karena apa? Karena Allah akan selalu menjawab keinginan kita dengan jawaban terbaik-Nya. Pasti!

to be continued…

2 thoughts on “Catatan Keajaiban Sebuah Skripsi III

    • Maaf mbak baru bales
      TF itu Tanoto Foundation , punya Pak Tanoto (salah satu pengusaha Indonesia)

      Nah, info lebih lanjut klik aja websitenya di Google (sy lupa soale)

Leave a Reply

