~delay~

Teman, akan kuberi tahu satu hal yang mungkin tidak menyenangkan jika kita berinteraksi dengan penerbangan dan maskapainya. Apakah itu? Sebuah perkara yang menurut saya sungguh tidak adil dan sangat merugikan konsumen. Tentang masalah waktu keberangkatan. Jadi beginilah ceritanya :

Seperti tertulis di tiket pesawat berbagai maskapai, seluruh penumpang wajib check in 45 menit sebelum keberangkatan. Telat sedikit saja, alamat hangus sudah tiketnya. Alasannya sih logis saya pikir, pihak maskapai perlu persiapan panjang dan lain sebagainya. Dan konsekuensi dari keterlambatan ini sudah pernah saya alami. Menyesakkan tapi apalah daya saya sebagai seorang konsumen kelas bawah.

Kemudian, selama belasan penerbangan yang sudah saya lalui, ada satu fenomena yang pastinya akan dialami konsumen. Yah, sebagian besar pasti pernah mengalami tradisi yang saya pikir tidaklah menyenangkan. Apakah itu?

D-E-L-A-Y

Alias pesawatnya telat. Telatnya pun tidak tanggung2 teman. Tidak 5-15 menit. Tapi lebih dari itu. Setengah jam, satu jam, dua jam bahkan saya pernah mengalami sampai lebih dari delapan jam. Dan kita sebagai konsumen, sudah tentu dirugikan. Waktu terbuang dan pihak maskapai kebanyakan hanya bisa meminta maaf saja. Nah, inilah yang ingin saya bandingkan. Jika kita sebagai konsumen telat sedikit saja, hangus sudah tiket kita. Tetapi apabila pihak maskapai telat, kita jarang mendapatkan ganti rugi yang setimpal.

Yah, tapi apalah daya seorang konsumen kelas bawah seperti saya ini. Hmm, hanya ingin sekedar melepas uneg-uneg yang sudah terpendam cukup lama. Siapa tahu ada pihak2 berkepentingan dan berwenang membaca. Sekedar masukan saja yang semoga bermanfaat bagi semua pihak teman ^_^

Akhir kata, untuk semua konsumen jasa penerbangan, mari kita ontime agar tidak hangus tiket kita, hehehe. Dan untuk pihak maskapai, kalau pun akhirnya DELAY, mohon untuk disampaikan dengan arif dan bijaksana, yah minimal dengan senyuman ikhlas para pegawainya (satu hal yang sangat jarang saya temui di lapangan).

Soetta, 26 Agustus 2012
Saat delay 2,5 jam dengan senyum ketus pegawai salah satu maskapainya…

3 thoughts on “~delay~

  1. seharusnya ada ganti yg setimpal ya bang… sekali-kali pengelola maskapai penerbangan memang perlu diberi shock terapi seperti yg pernah dilakukan American Airlines.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s