audit

Kata ini tidak pernah sefamilier saat ini. Hanya melintas beberapa saat untuk kemudian berlalu,hilang tanpa bekas. Mekanisme evaluasi yang biasa dilakukan oleh institusi perbankan ini memang memiliki positif-negatifnya. Tapi sebagai manusia yang baik, mari kita melihatnya dari kacamata positif. Semua itu pasti ada hikmahnya bukan?

Pun hal-nya dengan cabang saya sekarang. Tiga minggu terakhir ini semua orang disibukkan oleh audit. Mulai dari driver, operasional, hingga pemasaran, hehehe. Mengevaluasi banyak hal teman. Bagi kami di unit pemasaran, audit kali ini ibarat rem atas laju ekspansi yang luar biasa kencang. Yah, rehat sejenak dari aktivitas yang penuh resiko sepertinya tidak salah bukan?

Kemudian dari saya pribadi, semakin banyak ekspansi tentu semakin baik penilaian bukan? TARGET yang tercapai tentu akan mengarah kepada pencapaian bonus yang kita ingingkan bersama. Berapa kali? 10 kali bisa (sambil mengaminkan dengan penuh khusyuk dalam hati). Nah, lalu dari ekspansi yang ada, tentu akan ada nasabah yang batuk2 dalam pembayaran. Telat bayarlah, belum bisa bayarlah, bahkan dalam kondisi ekstrim, gak bisa bayar. Jatuh kolektibilitas, jual jaminan, pelunasan. Tentu itu yang kita harapkan.

Pengennya sih zero NPF, alias semua pembiayaan yang tersalurkan lancar semua. Subhanallah. Indah benar hidup AO klo seperti itu. Jadi kalau memang ada yang gak bisa bayar, bukankah itu sunnatullah dalam dunia bisnis. Selama kita tidak ada main dengan nasabahnya dan tingkat ekspansi kita lebih tinggi, fine-fine aja menurut saya. Dan bisa jadi klo itu adalah ujian yang diberikan Allah agar tidak sombong dengan 100% lancarnya. Khusnudzon saja teman.

Ala kulli hal, dengan adanya audit kita bisa belajar banyak hal. Ekspansi but prudent. Karena uang dari bank yang dipakai untuk pembiayaan adalah amanah dari nasabah dana yang harus dijaga. Say no to fraud. Karena ada Allah yang Maha Melihat. So, tetap semangat teman. Salam ekspansi!

Banjarmasin, 25 Oktober 2013 _barugajian_

6 thoughts on “audit

  1. Wah ada kunjungan dr sekum :)
    Piye kabare bos?

    Alhamdulillah betah2 aja bos, target jd BM :)
    Oiya, adik panjenengan berarti gak salah pilih bos, MSP is the best bgt dah pokoknya, hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s