LPJ : DARI SABILAL KEMBALI KE SABILAL #1

Prologue

Amanah sebagai ketua itu sepertinya baru saja saya terima, tidak lama, bertempat di pelataran Masjid Raya Sabilal Muhtadin pada hari Ahad, 29 Januari 2012 (klo saya tidak salah mencatat). Wacana itu memang sudah berkembang sebelumnya, di hari Ahad memang akan ada MUSCAB (Musyawarah Cabang) FLP Banjarmasin mengingat satu tahun terakhir, organisasi ini berjalan tanpa adanya ketua (info yang saya dapat, ketuanya mengundurkan diri secara tiba-tiba). Pak Haris, salah seorang pengurus FLP Wilayah Kalsel sudah mewanti-wanti tentang amanah ini. Dan rencana awalnya, saya pun sudah ada niatan untuk tidak menghadiri muscab tersebut untuk mencegah hal yang tidak diinginkan itu terjadi. Tapi ada daya, saat hari H akhirnya saya datang jua. Menjadi kandidat ketua bersama dua senior lain yaitu Mb Tya (nanti jadi bendahara) dan Mb Arikha (nanti jadi kadiv kaderisasi), akhirnya saya yang terpilih. Yah, jadilah maka jadilah, mungkin sudah tertulis di kitab takdir-Nya bahwa saya harus mengemban amanah itu.

Kemudian seminggu setelah saya terpilih, masih di tempat yang sama, Ahad 5 Februari 2012 (berdasarkan catatan saya), saya mencoba mengumpulkan kembali orang-orang yang harus bertanggung jawab atas amanah ini (hehehe). Yah, pertemuan dengan tim formatur FLP Banjarmasin memang dimaksudkan untuk menyusun formasi kepengurusan FLP Banjarmasin satu tahun ke depan. Dan secara sederhana, inilah formasi utamanya :

  • Ketua Umum
  • Sekretaris Umum
  • Bendahara Umum
  • Divisi Kaderisasi
  • Divisi Media & Edukasi

Sederhana memang, sangat sederhana. Harapannya dengan formasi ini maka FLP Banjarmasin selama satu tahun kedepan dapat berjalan lebih baik lagi, berkarya dan berprestasi. Dan masih di bulan yang sama, kita pun mengadakan RAKER (Rapat Kerja) di rumah kontrakan saya, masih di bulan Februari 2012 (saya lupa tanggalnya). Dari sana, akhirnya terpilih kurang lebih 15 orang pengurus FLP Banjarmasin periode 2012/2013. Susunan kepengurusan sebagai berikut :

Ketua Umum : Panji Arohman (Transferan FLP Jogja Angk. VII)

Sekretaris Umum : Pak Didi (Angk. IV), Mb Vina (Angk. V)

Bendahara Umum : Mb Tya (Angk. III), Mb Yuli (Angk. III)

Divisi Kaderisasi : Mb Arikha dan Mb Isna (Angk. IV), Mb Ni’mah (Angk. II), Edwin dan Rizki (Angk. V)

Divisi Media & Edukasi : Arief RH (Angk. V), Fauzil (Angk. V), Mb Wida dan Mb Antung (Angk. IV)

Pada saat RAKER tersebut, masing-masing bidang juga diminta untuk membuat garis besar program kerja selama satu tahun ke depan. Yah, sebuah perencanaan yang baik memang mutlak perlu dilakukan untuk sebuah keberhasilan, karena gagal dalam perencanaan itu sama artinya dengan merencanakan kegagalan.

Nah, untuk program kerja masing-masing bidang sayangnya tidak dapat saya jabarkan panjang lebar disini karena saya tidak memegang dokumentasinya (terselip entah kemana, hahaha). Tapi untuk sebuah awalan, menurut saya pribadi fase perencanaan FLP Banjarmasin masa kepengurusan 2012/2013 sudah cukup baik karena kita berhasil menyelenggarakan RAKER dengan segala plus-minusnya.

Caturwulan Pertama : FLP on Fire

Tidak lama berselang, setelah RAKER terselenggara, teman-teman kaderisasi sudah bergerak menyelenggaran FK (Forum Kepenulisan), sebuah forum kecil yang dijadwalkan dua minggu sekali untuk kita saling share tentang dunia kepenulisan. Disana biasanya kita mengundang pihak yang berkompeten dalam dunia kepenulisan seperti sastrawan Kalsel, wartawan juga pengurus wilayah/cabang untuk menjadi fasilitator. Dan berdasarkan catatan yang ada di buku saya, FK perdana kepengurusan saya ini mengundang Pak Saprudi (sekarang Ketua FLP Wilayah Kalsel) di hari Ahad 11 Maret 2012, masih di tempat yang sama, pelataran Masjid Raya Sabilal Muhtadin.

Kemudian di akhir bulan Maret 2012, tepatnya tanggal 24, ketua FLP Banjarmasin menggenapkan dien di Jakarta. Hehehe, yang ini mah commercial break aja ding J

Masih dari divisi kaderisasi, pada hari Ahad 1 April 2012 diadakanlah rihlah perdana ke Pasar Apung. Yah, jalan-jalan semacam ini memang dimaksudkan untuk mengakrabkan pengurus dan anggota agar FLP Banjarmasin bisa menjadi lebih solid dan kompak. Tapi sayang seribu sayang, saya tidak dapat mengikuti event yang satu ini karena masih honey moon dengan istri (gomenasai).

Oiya, pada awal-awal kepengurusan ini, Mb Arikha (Kadiv Kaderisasi) menjadi pengurus pertama yang mengundurkan diri secara resmi karena harus kembali ke Martapura setelah wisuda. Posisi beliau akhirnya digantikan oleh Mb Wida yang sebelumnya berada di Divisi Media & Edukasi. Sayonara.

Lalu dari Divisi Media & Edukasi, ada proyek Arisan Antalogi dari FLP Pusat. Jadi cabang/wilayah diminta untuk mengumpulkan kumpulan cerpen dari para anggotanya untuk kemudian dibukukan oleh pusat *syarat dan ketentuan berlaku. Sistemnya memang seperti arisan, setiap bulan cabang/wilayah menyetor kurang lebih Rp 100 ribu selama 12 bulan untuk kemudian diundi juga setiap bulan cabang/wilayah mana yang karyanya akan diterbitkan terlebih dahulu. Alhamdulillah, proyek ini sebenarnya berhasil diselesaikan oleh Arief dkk (sudah dikirim ke pusat). Tapi karena satu dan lain hal, antalogi tersebut belum berhasil dicetak hingga sekarang (Update Info : Antalogi tersebut akan dicetak indie melalui Zukzez Ekspress).

Pada bulan berikutnya, Sabtu 12 Mei 2012 di Sabilal kami kembali merapatkan barisan untuk Rapat FLP Banjarmasin, persiapan acara Meet & Greet FLP sekaligus OPREC (Open Recruitment) angkatan VI. Dan atas berkat rahmat Allah SWT, pada hari Ahad 13 Mei 2012 terselenggaralah “Meet & Greet FLP + Pelantikan Pengurus FLP Banjarmasin” di markas besar FLP Banjarmasin, Sabilal Muhtadin.

Caturwulan Kedua : Cooling Down

Jika pada caturwulan pertama kita benar-benar on fire, maka pada caturwulan kedua kita benar-benar cooling down sepertinya. Medio Juni 2012, terselenggara kembali FK bersama Pak Haris (Humas FLP Wilayah kalsel) untuk mengklarifikasi berita mengenai buku-buku karya penulis FLP yang diklaim ada kata-kata kasarnya (benar-benar ulah media ini mah).

Kemudian medio Juli-September 2012 atau di sekitar bulan Ramadhan-Syawal 1433 H, teman-teman kaderisasi kembali menyelenggarakan Buka Puasa Bersama di rumah salah satu anggota yang berada di Gatsu. Setelahnya, diadakan juga Halal bi Halal di Tambak Yudha sekaligus tukar kado (yang kemudian sepertinya menjadi trend di FLP Banjarmasin).

To be continued…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s