SeLiSiH

Bagi para banker, selisih adalah satu hal yang sebisa mungkin dihindari. Tidak peduli apapun alasannya. Human error, kesalahan sistem, disengaja, maupun tidak. Contoh nyata yang biasa dialami adalah selisih di teller. Tidak sinkron antara kas secara fisik dengan catatan pembukuan. Hal ini sudah menjadi rahasia umum. Belum menjadi teller sejati kalau belum pernah selisih, begitu anekdot yang biasa terdengar. Memang gw pribadi belum pernah ada di posisi teller, tapi melihat kenyataan yang ada, gw sangat-sangat bisa memahaminya.


Lain teller, lain lagi yang berada di back office, dalam hal ini dunia per-AO-an alias Account Officer. Lebih familier kita mengenalnya dengan bagian kredit, atau pembiayaan jika kita menggunakan kacamata syariah. Selisih yang sering kami hadapi jauh lebih sering dibanding dengan teman-teman teller. Resiko yang ada jauh lebih besar, mengancam, dan membahayakan jiwa dan raga. Nominalnya pun jauh berlipat-lipat. Memang segala resiko tersebut memiliki jangka waktu. Tidak seperti di bagian teller, yang resikonya langsung terjadi setiap hari. Tapi karena jangka waktunya tidak harian, kita terbiasa untuk santai dan tidak menyadari bahwa ada resiko, ancaman dan bahaya besar yang sedang mengintai. Halah.
Akan semakin menantang ketika tim audit datang. Maka segala selisih yang ada akan menjadi ketakutan tersendiri yang begitu mendebarkan hati. Jantung. Jiwa. Ketika terbongkar, asalkan tidak ada fraud di dalamnya, nikmati sajalan selisih yang ada itu. Jadikan pelajaran di kemudian hari. Jangan pernah mengulangi selisih yang pernah ada. Ah, jikalau gw boleh memilih, tentu gw akan memilih untuk selisih lebih daripada selisih kurang.Entahlah apa sebenarnya selisih lebih itu.
Banjarmasin, 5 Desember 2015
Selisih tulisan yang baru berhasil disempurnakan

2 thoughts on “SeLiSiH

    • akhirnya sy pun tidak mengetahuinya, karena itu milik bank tetangga

      #tapi semoga Allah memudahkan urusan nasabah tersebut dan kita semua, aamiin

      nyampe turki juga yak beritanya, laiyalah, kan ada internet, wkwkwk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s