Trimester Pertama

Ternyata memang bener klo waktu itu berlalu dengan sangat cepat. Tidak dapat kembali. Berharap ada yang dapat diperbaiki ketika semuanya telah terjadi. Menyesal kenapa dulu gak begini. Kenapa dulu malah begitu. Tiba-tiba udah tiga bulan aja lewat. Sama hal-nya seperti sekarang ini teman! Gak nyangka banget klo sekarang sudah memasuki akhir bulan Maret di tahun 2016. Trimester pertama gw di tahun 2016.
Seperti hal-nya jaman gw dulu memasuki caturwulan 1 yang ditandai dengan pembagian rapot. Saat ini pun gw kembali mengalami hal yang kurang lebih sama. Sedikit pembeda, kali ini gak ada acara seremonial dimana orang tua yang datang ke sekolah untuk mengetahui sejauh mana perkembangan nilai anaknya di empat bulan pertama. Oiya, satu lagi bedanya, klo caturwulan itu hitungan 4 bulanan, maka trimester ini hitungannya 3 bulanan. Hehehe, info yang gak penting banget yak!


Nah, balik lagi ke trimester pertama gw di dunia perbankan. Syukur Alhamdulillah, performance unit yang gw pegang sudah jauh melebihi target proporsional ekspansi pembiayaan. Kalau bukan karena Allah yang ngijinin, gw gak yakin ini semua bisa tercapai. Asli. Terlihat sangat semu teman, karena apa? Penilaian kami ini hanya ada di trimester kedua dan keempat, atau pada saat akhir bulan Juni dan Desember. Padahal klo penilaiannya dibuat tiga bulanan, unit gw tentu bisa sedikit merasakan manisnya penilaian. Tapi karena gak ada, mari syukuri dulu aja apa yang ada #d’massive mode on.
How to Achieve in 1st Trimester?
Bagaimana kami bisa achieve di 3 bulan pertama. Pertama tentu karena kehendak Allah SWT. Kedua, sebenarnya ini semua karena nasabah inti kami ketika di Januari langsung mengambil pembiayaan dengan jaminan dananya sendiri. Alhamdulillah banget bukan? Yah, Banjarmasin memang terkenal karena CCF alias Cash Collateral Financing yang nilainya sungguh sangat bombastis. Dan karena tidak ada yang sempurna, CCF ini jangka waktunya sangatlah singkat. Nasabahnya selalu mengambil jangka waktu 1 tahun saja. It means, run off atau penurunan outstanding pokok pembiayaan pun besar sekali, kami rata-ratakan di angka 7-8 Milyar sebulan. Jadi jika kami dalam sebulan hanya ekspansi 7-8 Milyar saja, itu sama artinya balik modal. Tidak ada pertumbuhan. Bahkan cenderung negative growth. Parah.
Hal tersebut diatas sudah terjadi di tahun 2015. Gross ekspansi kami yang hampir mencapai angka 100 Milyar bahkan tidak dapat menutupi run off sepanjang tahun 2015. Belum lagi ujian dengan peningkatan NPF di atas 100% jika berbanding periode 2014. Dua hal yang pada akhirnya mengantarkan yudisium unit kami di tahun 2015 hanya bernilai cukup. And you know what, our new CEO says, “Enough is the enemy of great”!
Allahu Akbar! Sungguh pelajaran yang sangat berharga telah kami terima di tahun 2015 silam. Maka pada kesempatan trimester pertama yang berbahagia ini, kami harus dapat belajar dari kesalahan yang telah lalu. Dari berbagai kekurangan yang pernah kami lakukan. Dari kurang seriusnya kami dalam bekerja dan berdoa. Dari ketidaksempurnaan ikhtiar dan tawakal. Yups! Maka kami harus bisa mengambil momentum kebangkitan di trimester pertama. Minimal bisa mempertahankan prestasi yang ada. Sedikitnya di 9 bulan tersisa, mari pikirkan bagaimana caranya menutupi run off yang mencapai puluhan Milyar. Hmm, sekitar 8 Milyar x 9 atau sebesar Rp 72 Milyar lebih tepatnya.
G-L-E-K 3x …
Ternyata gede juga yah klo ngelihat angka 72 M. Pegimane caranya coba bisa nyalurin pembiayaan ampe segede gono. Wkwkwkw. Bisa stress dibuatnya klo itu angka cuma dipikirin doang, siang ampe malam. Pas di kantor ampe di rumah. Saat sedang makan dan berkumpul dengan keluarga. Hahaha, klo kata Operational Manager kami, target itu mah jangan dipikirin, tapi dilewatin. Piye carane? Mari kita diskusikan lebih lanjut di kisah selanjutnya. Insya Allah.
Bunyamin I Pal 6.5, 31 Maret 2016
Fighting for March!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s