REFRESHING SMD

Sudah jauh-jauh hari sebenarnya gw menantikan jadwal agenda yang satu ini. Refreshing SMD. Bukan sekedar refreshing sebenarnya. Tapi pelatihan tentang pembiayaan, evaluasi tahun berjalan dan perencanaan setahun kedepan. Sejak akhir 2013 hingga 2016, berarti sudah empat tahun berturut-turut unit pembiayaan produktif mengadakan semacam kajul (kaji ulang) atau business meeting layaknya para pemimpin cabang (uhuk-uhuk).

Akhir 2013, pertama kali diadakan di Jakarta, tepatnya di Slipi. Saat itu gw masih berstatus sebagai analis. Posisi akhir tahun 2013 juga sudah relatif aman, begitu juga dengan kondisi keuangan pribadi, sangat liquid, Alhamdulillah. Maka acara tersebut gw manfaatkan seoptimal mungkin untuk mengambil Ijazah yang ditahan BNI (Alhamdulillah udah gak ada ikatan dinas lagi), jalan-jalan dan kongkow-kongkow bareng temen-temen seangkatan dan juga karaoke bersama para junior. Hahaha. Bener-bener refreshing dah pokoknya!

Akhir 2014, tepatnya di bulan Oktober. Kembali kami dikumpulkan. Kali ini tempatnya lebih bergengsi. Denpasar, Bali. Posisi akhir tahun 2014 juga diproyeksikan aman. Tapi tidak dengan kondisi keuangan pribadi. Tahun 2014 adalah tahun terberat dalam hidup gw. Dimana gw belajar bahwa kita gak bisa percaya begitu aja sama orang. Hidup gw nyaris hancur berantakan saat itu. Dibalik kesempurnaan performance gw saat itu sebagai analis senior di cabang, tersimpan luka yang teramat dalam dan menyesakkan. Beruntungnya gw, Allah masih berbaik hati memberikan gw kesempatan untuk menjadi seorang ayah. Yah, 23 Juli 2014, putra pertama gw lahir dengan sehat dan selamat. Kehadiran dialah yang menjadi motivasi tersendiri buat gw untuk bertahan menyelesaikan segala permasalahan yang memuncak di tahun 2014. Refreshing tahun itu nano-nano dah rasanya!

Akhir tahun 2015. Surabaya menjadi tuan rumahnya. Nostalgia saat gw sempat OJT beberapa bulan lamanya di kota pahlawan ini. Posisi tahun 2015 saat berlangsungnya refreshing ini sungguh mengkhawatirkan, untuk tidak mengatakan parah banget. Growth pembiayaan negatif. Bukan karena tidak ekspansi teman! Tapi karena run off di unit kami jauh melebihi gross ekspansi yang sudah kami buku. Kurang lebih 100 Milyar ekspansi kami, masih menghasilkan negatif growth 14-15 M di penghujung tahun 2015. Tidak hanya itu, posisi NPF pun meningkat tajam beratus-ratus persen. Baru kali ini dalam sejarah gw berada di unit pembiayaan produktif cabang, NPF unit gw mencapai dua digit alias 10%. Dengan target NPF waktu itu sekitar 1% something, it means, gw menggagalkannya 100 kali lipat. Allahu Akbar! Yah,untungnya saat itu cabang-cabang lain nasibnya kurang lebih sama. Maka jadilah ini refreshing pertama gw berstatus Pjs. SFH dengan kondisi yang cukup mengenaskan. Oiya, untuk kondisi keuangan pribadi saat refreshing sebenarnya juga belum membaik. Tapi gw sudah bisa berdamai dengan luka tahun sebelumnya. Jadi walaupun secara bisnis jatuh dan secara pribadi belum membaik, namun hati gw jauh lebih lapang dan ikhlas untuk menerima semua kenyataan hidup ini. Refreshing tahun 2015, piss, love and gaul dab!

The last, refreshing tahun 2016. Awal November kembali ke Jakarta. Kali ini bertempat di LPN, Kota Tua. Pusat pelatihan BNI. Tempat dimana gw pertama kali mengenal institusi perbankan nasional ini. Jauh lebih nostalgic! Posisi tahun 2016 Insya Allah sempurna, proyeksi akhir tahun juga masih on the track. Tinggal maintenance sampai akhir tahun agar yudisium M itu benar-benar menjadi kenyataan. Bangkit kembali setelah tahun sebelumnya hanya mendapatkan C for CUKUP. Semoga juga ini menjadi tahun terakhir gw ikut refreshing dengan status Pjs. SFH. Tahun depan target gw harus udah definitif! Nah, untuk kondisi keuangan pribadi, sebenarnya juga masih belum stabil-stabil banget sih. Tapi masih ada secercah harapan untuk dapat bertahan hingga bonus nanti cair di awal-awal tahun 2017. Beberapa piutang masih bisa tertagih dan bisnis istri sementara waktu bisa untuk mem-back up kondisi keuangan bilamana sudah sangat terdesak. Refreshing tahun ini, gw Insya Allah siap berangkat dengan positive thingking! Bismillah!!

Itulah sekelumit refreshing ala SMD alias Small & Medium Divition. Berada di unit bisnis wabil khusus unit pembiayaan produktif memang ada plus-minusnya teman. Salah satu plus-nya yah refreshing ini, apalagi dengan kondisi bisnis unit gw yang Alhamdulillah lagi baik. Semoga dengan kita banyak bersyukur, Allah akan memberikan banyak nikmatnya yang lain. Aamiin.

Banjarmasin, 6 November 2016

Next year semoga bisa skalian holiday w/ family ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s