DiaryBanker12 : LEGENDA

taken from google

taken from google

Rabu, hari kedelapan di bulan Maret. Sudah memasuki trimester pertama tahun 2017. Alhamdulillah, sejauh ini SME Banjarmasin sudah on the track. Kalau penilaian akhir tahun dipersingkat dan dimajukan saat ini, akan sangat menarik sepertinya. Tapi yang terjadi sebenarnya adalah, kehadiran legenda yang dipersingkat. Awalnya rencana sehari semalam di Banjarmasin, menjadi hanya sehari saja. Yah, betul-betul legend. Legenda hidup B*I Syariah Banjarmasin kembali hadir ke Banjarmasin untuk kali kesekian, namun dengan kapasitas yang jauh berbeda, istilah kerennya adalah Regional Head, atau lebih simple kita singkat saja menjadi RH.

Jauh sebelum gw mengenal beliau, pada saat memilih dan memutuskan tempat On Job Training di cabang Surabaya, salah satu faktornya adalah beliau. Informasi yang beredar saat itu adalah Surabaya dipimpin oleh Branch Manager (BM) yang legend. Jadi tidak ingin membuang kesempatan itu, gw memutuskan untuk ke Surabaya, apalagi disana Mirzakun, temen seangkatan gw-senasib seperjuangan, punya orang tua dan rumah yang bersedia menampung gw saat itu. Maka bismillah, berangkatlah gw ke Surabaya, kota pahlawan di timur Jawa.

Kesan pertama gw, beliau cool. Bahkan terlampau dingin. Semingguan gw sama Mirzakun gak ada discuss penyambutan atau pengarahan. Bagi kami yang saat itu masih newbie, seperti dicuekin, apalagi kami bener-bener blank tentang perbankan syariah, apalagi pembiayaan. Hingga akhirnya, kami minta tolong sama Mas Iwan, salah seorang senior di cabang Surabaya untuk mohon izin ngobrol santai dengan beliau. Syukur Alhamdulillah, beliau bersedia. Dari sanalah, kami menyimpulkan, bahwa begitulah style beliau. Sambil gonjreng-gonjreng gitar-the one and only BM who play guitar in office, beliau menjelaskan tentang cabang Surabaya yang pembiayaannya nomor satu se-Indonesia Raya. Beliau juga menyampaikan kepada kami agar langsung belajar di lapangan dengan para senior di cabang Surabaya. Mulai dari yang paling simple. Bertahap. Dan jangan lupa belajar tentang people skill.

First moment, first impression

Gak lama gw berinteraksi dengan beliau. KP kemudian menariknya, menjadi GM JAL. Gw pun gak lama di Surabaya. Banjarmasin akhirnya menjadi cabang penempatan gw saat definitif diangkat menjadi pegawai tetap, menjadi analis. Medio 2010-2011, gw belajar realita di Banjarmasin, menjadi analis ternyata sungguh sangat menantang. Tapi saat itu gw masih main aman. Safety player. Ekspansi gw enggak jor-joran, enggak jelek-jelek amet juga. Kalau dikonversi dalam bentuk penilaian, dua kali gw dapat BAIK. Alhamdulillah.

Kemudian di tahun 2012, gw kembali dipertemukan dengan sang legenda hidup di Banjarmasin. Ternyata beliau diamanahkan untuk kembali memegang komando cabang. Cabang pertama beliau saat bergabung di B*I Syariah tahun 2000 silam. Kalau dulu kapasitasnya adalah Operational Manager atau orang nomor duanya cabang, di tahun 2012 beliau menjadi orang nomor satunya. Dan disinilah kehidupan gw sebagai seorang analis menemukan puncaknya. Allahu Akbar!

Banyak hal yang gw pelajari dari beliau. Salah satu contohnya, bagaimana menemukan nasabah yang bagus? Sejak tahun 2010 gw pertama kali bergabung ke Cabang Banjarmasin, gw hanya sekedar tahu bahwa pemilik gedung/ruko yang disewa oleh cabang punya usaha sarang walet. Tahunya darimana? Tahunya dari melihat aktivitas si pemilik ruko-sebut saja Baba– yang sering mondar-mandir, bolak-balik ke lantai paling atas kantor. Ooo, jadi ini toh pemilik (gedung) B*I Syariah Banjarmasin. Hanya sekedar tahu. That’s it!

Lalu kemudian pada suatu kesempatan, gw diminta oleh supervisor untuk proses 1 M buat Baba. What? Bingunglah gw dibuatnya. How come? Diajaklah gw OTS langsung sama sang legenda hidup ke sebagian sarang walet yang dimiliki oleh Baba. Dibawa ke rumah tinggalnya di tengah kota dengan lokasi sangat strategis. Besar, elegan, dan ternyata ada sarang waletnya juga. Dari sana gw baru ngeh, kalau Baba lebih dari sekedar mampu kalau cuma perlu 1 M. Assetnya tak ternilai. Juga tak nampak oleh gw. Penampilan luarnya biasa aja. Tapi tidak dalam dompet dan rekening (bank lain). Kemana aja gw selama ini? Si Baba hari-hari melintas kantor, kenapa gak diprospek? Gak tahu deh gimana cara sang legenda hidup mengetahui potensi bisnisnya Baba. Hanya beliau yang tahu.

Lima tahun berselang, 1 M punya Baba udah lunas. Lancar. Tanpa perlu gw mengingatkan untuk setor angsuran. Istilahnya, abis ngasih bisa ditinggal tidur dengan nyenyak. Itu baru satu cerita yang gw alami langsung. Masih banyak keajaiban lain yang gw saksikan selama tahun 2012 membersamai legenda hidup di Banjarmasin. Gw pikir, tahun itu adalah puncak kejayaan Banjarmasin. Amal shaleh beliau menurut gw adalah kunci suksesnya. Puasa senin-kamisnya, syukuran-pengajian bersama anak yatim sebulan sekali, sedekahnya yang tak terbatas, dan loyalitasnya kepada anak buah, berhasil menghasilkan tim yang solid. Lebih dari sekedar solid bahkan.

Ketika akhirnya Rabu semalam beliau singgah ke kantor, seluruh mantan anak buahnya sangat respek. Berbondong-bondong ingin menemuinya. Kehadirannya dinantikan orang lain. Tidak seperti mantan bos lainnya. Hehehe. Dan kemaren gw kembali menyaksikan niat baik beliau untuk membantu seoptimal mungkin anak buahnya. Dengan kapasitasnya sebagai seorang RH, gw berkesempatan untuk melaporkan tentang penilaian anggota tim SME Banjarmasin yang menurut gw dirugikan. Curhat. Dan dengan sigapnya beliau langsung menelpon salah satu manejernya di wilayah timur. Noted!

Beliau hanya berpesan, jangan lupa traktirannya kalau bandingnya diterima. Hahaha. Menindaklanjuti itu, gw juga langsung japri Mb Ita yang menjadi manajernya RH. Satu guru-satu ilmu, kalau RH udah sebegitu baik, manajernya pun tidak kalah baik ternyata. Beliau sudah mengusulkan M. Maka tinggal doa yang akan menggenapkan ikhtiar. Ah, berbicara tentang legenda yang satu ini memang tidak ada habisnya. Tiada gading yang tak retak memang. Tapi selama 7 tahun gw berkarya di B*I Syariah, the best BM that I ever had memang beliau, the special one.

Labios Land, 9 Maret 2017-Persiapan tuk roadshow kamis

Leave a Reply

